Inilah Saat-saat di mana Bahagia Itu Sederhana

Penilaian tentang bahagia pada setiap orang pasti berbeda-beda. Banyak yang berpendapat bahwa bahagia itu adalah ketika memiliki rumah mewah, pacar baru, mobil ataupun yang lainnya. Namun pada kenyataannya, ada beberapa momen yang pasti akan membuat orang-orang merasa langsung bahagia. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa sebenarnya bahagia itu sederhana dan tidak selamanya harus selalu mahal atau mewah.

bahagia itu sederhana

Berikut ini beberapa momen yang bisa membuat orang merasa bahwa bahagia itu sederhana. Meskipun terkesan sederhana, namun rasanya sangat luar biasa. Apa saja? Mari simak informasinya berikut ini!

Momen di mana Bahagia Itu Sederhana

Beberapa momen yang bisa menggambarkan bahwa bahagia itu sederhana antara lain sebagai berikut:

1. Dapat gajian

Momen pertama yang menggambarkan bahagia itu sederhana adalah ketika mendapat gaji. Seperti yang kita ketahui bahwa gajian merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Selain itu, mereka juga akan merasa sangat bahagia jika mendapatkan gaji di setiap bulannya. Apalagi jika saat itu mereka memang sedang membutuhkan uang, pasti kebahagiaannya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

2. Merebahkan diri di tempat tidur setelah melakukan aktivitas yang cukup melelahkan

Padatnya aktivitas yang dilakukan di setiap harinya pasti akan membuat banyak orang merasa sangat kelelahan. Salah satu cara yang bisa menghilangkan rasa lelah tersebut adalah dengan tiduran di tempat tidur. Nyaman atau tidaknya tempat tidur Anda pasti tidak akan menjadi masalah, akan tetapi yang paling penting adalah bisa beristirahat serta memanjakan tubuh dengan cara tiduran.

3. Bisa buang air kecil setelah cukup lama ditahan

Setiap orang pasti pernah merasakan menahan untuk buang air kecil. Bisa digambarkan pula bagaimana rasanya ketika sedang menahan untuk buang air kecil, pasti sangat tersiksa dan tidak nyaman. Setelah bisa membuang air kecil tersebut, pasti Anda akan merasakan kebahagiaan yang sangat luar biasa.

4. Ketika tubuh terguyur air hangat setelah merasa lelah melakukan pekerjaan

Momen bahagia itu sederhana yang selanjutnya adalah ketika Anda mandi menggunakan air hangat setelah melakukan pekerjaan yang cukup melelahkan (pulang dari bekerja). Momen ini merupakan momen yang sangat sederhana karena hampir semua orang bisa melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Saat tubuh terguyur air yang hangat, pasti semua rasa lelah serta pikiran-pikiran negatif akan hilang dengan sendirinya. Apalagi jika Anda menambahkan wangi-wangian yang memiliki khasiat sebagai aroma terapi.

5. Bisa berkumpul dengan orang terdekat

Tidak semua orang bisa setiap saat merasakan berkumpul dengan orang-orang terdekat. Ada banyak hal yang menjadi penyebabnya, misalnya saja karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Jika ada salah satu yang memiliki kesibukan, pasti akan membuat waktu berkumpul menjadi sedikit atau bahkan sangat berkurang. Namun, jika sudah bisa berkumpul dengan orang-orang terdekat pasti Anda akan merasa sangat bahagia saat itu juga. Sebab, Anda bisa tertawa lepas tanpa harus memikirkan pekerjaan ataupun masalah-masalah yang sedang dihadapi.

6. Mengucapkan terima kasih secara sungguh-sungguh

Menurut Robert Emmons seorang peneliti mengatakan bahwa orang yang mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang telah membuat perbedaan dalam hidup, mereka akan memiliki rasa bahagia yang lebih tinggi dan akan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Oleh karena itu, jika Anda ingin merasa bahagia perbanyaklah teman yang bisa mendukung ke arah yang lebih baik.

7. Saat berolahraga

Momen yang menggambarkan bahagia itu sederhana adalah ketika Anda sedang berolahraga. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Duke University, olahraga sama efektifnya dengan obat untuk mengobati rasa depresi seseorang tanpa menimbulkan efek samping. Dalam sebuah penelitian lain juga menyebutkan bahwa olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun dengan melakukan olahraga secara teratur akan membangun rasa keberhasilan serta memberikan kesempatan untuk melakukan interaksi sosial.

8. Tersenyum

Meskipun terlihat sederhana, namun tersenyum merupakan salah satu momen kecil yang bisa membuat orang menjadi bahagia. Meskipun Anda sedang mengalami banyak permasalahan, namun cobalah untuk selalu tersenyum kepada siapapun yang Anda temui. Hal ini akan membuat Anda lebih merasa bahagia dan sedikit melupakan semua masalah yang Anda hadapi.

9. Saat membuka buku diary lama karena bisa merasakan kembali masa lalu

Banyak orang yang menuliskan semua peristiwa dalam kehidupannya di dalam buku diary. Tanpa disadari ketika Anda membuka buku diary lama, Anda akan merasa bahagia. Sebab, dengan membuka dan membaca buku diary lama, Anda akan dibawa kembali ke masa-masa bahagia Anda yang dulu. Anda bisa merasakan kembali semua rasa yang dulu pernah Anda rasakan.

10. Berbagi canda dengan sahabat lama

Tidak ada hal yang lebih membuat seseorang merasa bahagia daripada berbagi canda tawa bersama sahabat. Momen tersebut akan membuat Anda merasa berarti karena masih ada orang-orang terdekat yang mau untuk diajak berbagi. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk berkumpul bersama sahabat untuk berbagi walaupun hanya sesaat. Dari momen ini, Anda juga bisa merasakan bahwa sebenarnya bahagia itu sederhana meskipun hanya berkumpul dengan sahabat.

11. Berbagi kepada orang lain yang membutuhkan

Tanpa Anda sadari, berbagi kepada orang yang membutuhkan seperti orang yang sedang terkena musibah ataupun orang yang kurang mampu ternyata juga bisa menandakan bahwa bahagia itu sederhana. Sebab, dengan berbagi Anda akan merasa bahwa masih ada orang yang membutuhkan Anda. Tidak ada hal yang lebih membahagiakan di dunia ini ketika kita merasa bahwa kita cukup berarti dan dibutuhkan oleh orang lain.

12. Ketika menikmati makanan dalam keadaan lapar

Perut yang kosong tentu akan membuat seseorang merasa tidak nyaman bahkan bisa membuatnya sakit. Momen yang paling membahagiakan untuk seseorang yang sedang dalam keadaan lapar pasti ketika ia bisa menyantap makanan. Semua masalah yang sedang dihadapi pasti seketika akan hilang jika ia makan dalam keadaan sangat lapar.

13. Saat membuka mata di tempat tidur di pagi hari dan bersyukur

Bangun dan bisa membuka mata di pagi hari merupakan kesempatan pertama untuk Anda bisa mengucap syukur. Anda masih bisa bernapas dan melakukan aktivitas apapun yang ingin Anda lakukan. Dari momen ini, Anda akan merasa sangat bahagia karena masih bisa diberi kesempatan untuk menikmati kehidupan.

14. Sarapan bersama keluarga

Momen terakhir yang bisa menggambarkan bahwa bahagia itu sederhana adalah jika Anda bisa merasakan sarapan bersama keluarga. Ada banyak orang yang tidak memiliki waktu cukup untuk keluarga meskipun hanya sekedar sarapan pagi bersama. Oleh karena itu, jika Anda juga termasuk salah satunya cobalah sekali-kali untuk menyempatkan sarapan bersama keluarga Anda. Melalui momen ini, Anda akan merasakan rasa bahagia yang tidak pernah Anda rasakan sebelumnya.

Kebahagiaan bukan semata-mata hanya memiliki sesuatu yang mewah dan mahal saja, namun bahagia itu sederhana jika Anda bisa menciptakan kebahagiaan melalui salah satu dari beberapa momen-momen membahagiakan seperti di atas.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kebahagiaan

Leave a Reply