Komik Anak Indonesia Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Komik Anak merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak, dengan membacanya, anak akan berkembang pemikirannya dengan cara membaca dan mengikuti alur ceritanya.

Apabila anak juga suka bercerita selain membaca itu akan lebih baik lagi, imajinasi mereka akan dapat diwujudkan menjadi sebuah komik dan dipasarkan melalui bantuan penerbit.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi si anak ketika mereka dapat menghasilkan karya yang dapat dinikmati oleh umum, termasuk saudara dan teman dekatnya. Bagaimana caranya agar anak bisa menjadi penulis komik dan karyanya dapat dipublikasikan? Baca terus artikel ini sampai selesai.

komik online

Membaca Komik Online

Well jaman online sekarang ini telah merambah di berbagai bidang termasuk dunia per komik-an. Saat ini komik tidak hanya tersedia dalam bentuk buku tetapi juga sudah banyak yang dalam bentuk digital. Bentuk digital ini bisa jadi berupa komik PDF yang asalnya dari komik buku kemudian di scan menjadi bentuk PDF.

Ada juga komik yang langsung dibuat digital artinya komik ini tidak tersedia dalam bentuk buku dan hanya tersedia dalam bentuk aplikasi, contoh komik seperti ini adalah Webtoon.

Webtoon ini diproduksi oleh aplikasi LINE yang berasal dari Korea, meskipun bagian dari LINE komik ini tetap bisa dibaca malalui komputer tidak harus selalu melalui smartphone sehingga mata tidak terlalu lelah untuk membaca komik di layar smartphone yang relatif kecil.

Komik komik di webtoon kebanyakan diperuntukan untuk usia remaja dewasa keatas. Untuk komik berdasarkan kategori umur pilihannya ada Remaja, Usia 20-an, Usia-30-an.

Setelah dilihat-lihat untuk kategori remaja pun komiknya cocok untuk konsumsi remaja yang sudah puber, jadi untuk anak SD komik ini tidak sesuai.
Beberapa situs yang memiliki konten-konten yang hampir sama ialah www.ciayo.com/id dan juga www.reoncomics.com

Membaca komik online ada kelebihan dan kekurangan nya dibandingkan membaca buku komik konvensional. Kamu tidak perlu membawa komik cukup smartphone saja atau komputer.

Kamu bisa memilih komik yang akan di baca jika sudah bosan membaca satu komik. Diamana saja bisa membaca selama kamu bawa smartphone dan ada paket data nya tentu saja.

Kekurangannya mata kamu mungkin cepat lelah karena layar smartphone relatif lebih kecil dari buku komik fisik. Kamu juga tidak akan sebangga memiliki komik fisik yang bisa di tenteng tenteng.

komik lucu

Komik lucu membuat hati anak gembira

Tidak semua komik sifat nya sama, ada yang sedih, mendidik, lucu, Islami, mengerikan dan sebagainya. Salah satu jenis komik yang baik untuk anak anak ialah komik yang bersifat menghibur atau lucu yang bisa membuat suasana hati senang karena bisa tertawa saat membacanya.

Membaca komik ini tidak memerlukan cara berfikir yang serius. Nikmati saja apa yang kita baca dan karenanya kita akan terhibur.

komik anak sd

majalahkartini.co.id

Ada juga komik yang ditujukan untuk anak Sekolah Dasar. Komik SD ini merujuk kepada anak untuk kisaran 7-12 tahun, dan bercerita hal hal yang mendidik, misalnya mengajarkan budi pekerti, sifat jujur, belas kasih, dan pantang menyerah.

6 Cerita Anak yang Menginspirasi & Mengandung Pesan Positif

Pelajaran akan lebih menyenangkan untuk dipelajari ketika berbentuk sebuah cerita atau komik. Komik semacam ini sangat banyak dibutuhkan saat ini mengingat lebih banyak beredar komik untuk orang dewasa dibanding anak anak.

Salah satu kategori komik yang banyak diminati saat ini ialah komik Islami bergambar sehingga anak tidak akan cepat bosan membacanya.

Sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Islam, cerita Islami sangat di nantikan kehadirannya terbukti dengan banyaknya pencarian kata kata yang berhungungan dengan komik Islami.

Salah satu website yang memmiliki koleksi komik islami bergambar ialah http://www.katabaca.com/ pemiliknya (Nurul Ihsan)memang seorang yang sudah berkecimpung lama dalam pembuatan komik Islami. Beliau sudah menghasilkan 500 judul buku dan memiliki perusahaan penerbitan buku.

Contoh komik pendidikan yang baik untuk anak

Salah satu komik yang saya rasa sangat cocok untuk bacaan anak anak ialah https://komik.pendidikan.id/online/ disini komiknya lebih realistis dan banyak mengajarkan moral yang baik, motivasi kepada pembacanya sehingga sangat baik untuk anak anak.

Anak anak usia dini sebaiknya diajarkan nilai-nilai moral yang baik.
Situs ini dikelola oleh para guru sehingga jalan ceritanya bagus untuk bacaan anak anak sekolah dasar.

Komik dalam format PDF

Komik dalam bentuk PDF kebanyakan komik Manga atau komik Jepang maupun komik dari Amerika. Untuk PDF yang legal biasanya merupakan preview ataupun sneak peek. Artinya hanya sebagian saja yang bisa kita baca, jika ingin baca keseluruhan maka kita harus beli komik tersebut atau menjadi anggota website tersebut.

Yang menyediakan komik preview ini adalah penerbitnya langsung.
Jika anda menemukan komik PDF dalam secara keseluruhan dan bukan dari website penerbit aslinya, bisa dipastikan bahwa itu merupakan komik bajakan.

Baca juga: 

Komik Anak Yang Diterbitkan Muffin Graphics Bandung

Muffin graphics berkomitmen kuat dalam mengembangkan komik anak Indonesia ditengah gempuran komik-komik Jepang, Amerika, dan Korea. Komik-komik Indonesia tentu saja lebih mengadaptasi budaya dan  kebiasaan orang-orang  Indonesia di banding komik dari luar negeri. Berikut ini adalah komik hasil karya anak bangsa

1. Komik Next G

komik next g

Komik ini sangat berbeda dari komik-komik yang kita bicarakan diatas. Jika komik yang kita bahas sebelumnya ditulis oleh penulis profesional maka komik ini ceritanya berasal dari anak-anak SD-SMP berumur 8-14 tahun yang dibuatkan ilustrasinya oleh penerbit dan didistribusikan di toko-toko buku besar di Indonesia.

Bagi orang dewasa yang membaca komik Next G ini mungkin terasa aneh ceritanya, tetapi memang inilah yang ada dalam fikiran anak-anak seusia mereka. Karena dibuat oleh anak anak maka komik ini sangat disukai mereka.  Mungkin orang tua juga harus

2. Komik Ghost School Days

ghost school days

Komik Ghost School Days bercerita tentang persahabatan Darko, Toshi, Huang, Tole, Karin, Roro, Maryam dalam mengikuti petualangan di negeri Javania. Persahabatan, kekompakan, petualangan-petualangan tak terduga dan kelucuan-demi kelucuan menjadi hal yang menarik dari seri ini.

3. Komik Meng

meng

Komik Meng menceritakan tentang Mia dan kucing setianya bernama Meng, yang selalu menjaga Mia dari gangguan mosnter-monster jahat. Yang menarik, si Meng ini bukan kucing biasa, tapi punya kekuatan yang tidak dimiliki oleh kucing pada umumnya. Di sela petualangannya, selalu saja ada kelucuan tingkah polah si Meng ini.

4. Komik Princess Academy

princess academy

Menceritakan tentang kisah 6 orang putri yang sedang bersekolah di sekolah khusus Putri mereka terdiri dari Annisa, Ghasani, Ellen, Ajeng, Rossmalina, Odelia dan karakter pendukung lainnya seperti Miss Gabby atau Sarah. Cerita mereka beragam dari mulai cerita keseharian, misteri dan petualangan tak terduga membuat kisah mereka selalu menarik untuk diikuti.

5. Story book My Little Pony Indonesia

my little pony

Hasil kerjasama antara Muffin Graphics dan Hasbro, selaku pemilik hak cipta karakter My Little Pony. Muffin Graphics diberi kebebasan untuk membuat dan menerbitkan cerita karakter My Little Pony dalam bentuk Picture Book berbahasa Indonesia.

Karena buku ini merupakan cerita asli yang dibuat di Indonesia, maka jalan ceritanya menyesuaikan dengan budaya Indonesia.

Terdapat 6 nama nama karakter My Little Pony yaitu: Twilight Sparkle, Rainbow Dash, Rarity, Fluttershy, Apple Jack, Pinkie Pie.

6. Diary Persahabatan

diary persahabatan

Adalah kumpulan cerita pendek yang terdiri dari 4 judul cerita yang ditulis oleh penulis-penulis terbaik dan kisah-kisah yang variatif. Buku ini juga dilengkapi dengan sisipan gambar ilustrasi yang menarik. Mari kita jadikan komik Indonesia tuan rumah di negeri sendiri.

7. Pitta dan Negeri Ajaib

pitta & negeri ajaib

Pitta dan Negeri Ajaib merupakan seri komik lainnya dari Muffin Graphics yang mengisahkan petualangan seru seorang anak perempuan bernama Pitta bersama unicorn, peri, dan ratu di Negeri Ajaib.  Dalam petualangannya itu, Pitta menemui berbagai hal baru dan tantangan yang harus diatasinya.

8. Shopkins

Komik Anak Indonesia Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas 1

Hasil kerja sama Muffin Graphics dengan Moose Enterprise, Muffin Graphics diberikan kepercayaan untuk memproduksi storybook Shopkins versi Bahasa Indonesia. Storybook Shopkins diadaptasi dari Shopkins yang merupakan mainan anak yang terinspirasi dari barang-barang yang ada di swalayan, contohnya bahan makanan atau alat rumah tangga. Mainan Shopkins memiliki bentuk yang sangat lucu dan menggemaskan karena mainan tersebut diberi wajah dan ciri-ciri yang unik dari setiap karakternya.

Demikian ulasan singkat mengenai komik anak yang dapat meningkatkan imajinasi anak, semoga dengan komik bermutu, belajar menjadi lebih menyenangkan.

One Response

  1. syair hk ubertoto

Leave a Reply