Edamame, Camilan Legendaris Jepang! Yuk, Kita Cari Tahu!

Edamame adalah kedelai muda yang masih berwarna hijau dan belum matang. Biji-bijian yang biasa disebut juga dengan kedelai sayur ini, dipetik langsung dari tanaman kemudian bijinya dibiarkan bersama kulitnya.

Kedelai muda ini sangat disukai orang-orang Jepang. Umumnya, edamame akan dinikmati dengan bir dingin, terutama saat musim panas tiba.

Edamame adalah Camilan Legendaris di Jepang

Popularitas edamame yang berasal dari Jepang ini, telah menyebar ke seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Kebiasaan memakan edamame ini telah berlangsung lama, loh! Lebih dari 1.000 tahun masyarakat Jepang telah memakan edamame.

Kedelai telah menjadi sumber makanan penting di Asia Timur sejak zaman prasejarah. Kemungkinan pada masa Yayoi (200 SM – 250 M), kedelai mulai memasuki dan dikenalkan pada masyarakat Jepang.

Istilah edamame sendiri, mulai dikenal secara luas pada zaman Kekaisaran Edo (1603 – 1868). Nama edamame adalah kombinasi dari kata eda yang berarti batang dan mame yang berarti kacang. Nama edamame juga berarti biji kedelai yang dimasak di dalam batangnya.

Berbeda dengan di Tokyo, masyarakat Jepang yang berada di daerah Osaka dan Kyoto menyebut kedelai muda ini dengan nama sayamame atau kacang polong.

Pada tahun 1960-an, penyebaran lemari es yang dapat memuat minuman dan makanan mulai muncul, sehingga masyarakat Jepang pun mulai memakan edamame ditemani dengan bir dingin. Ketika edamame disajikan, biasanya akan ditaburkan garam sebagai penambah rasa. Apabila edamame masih memiliki banyak sisa yang belum termakan, biasanya  akan disimpan kembali ke dalam lemari es agar dapat dimakan kembali.

Terkadang, edamame juga disajikan dengan jenis otsumami lain. Otsumami sendiri memiliki arti camilan yang cocok ditemani dengan bir. Jenis otsumami yang paling disukai oleh masyarakat Jepang adalah karaage dimana teksturnya menyerupai ayam goreng. Walaupun sebenarnya olahan dari karaage sendiri bisa menggunakan daging sapi, ayam atau ikan.

Nutrisi di Dalam Edamame

Kedelai terkenal akan nutrisi yang terkandung di dalamnya, begitu pula dengan edamame. Kedelai muda ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kaya Protein

edamame
Oleh: www.starbbquiuc.com

Edamame adalah sumber protein utuh yang berbeda dengan protein nabati lainnya, edamame menyediakan segala asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Satu wadah kecil edamame (115 gram) dapat mengandung protein sekitar 18,5 gram. Selain protein, edamame juga kaya akan serat, antoksidan dan vitamin K. Inilah alasan masyarakat Jepang menyebutnya sebagai makanan camilan tersehat di Jepang.

2. Menurunkan Kolesterol

edamame
Oleh: www.idntimes.com

Apabila kita memakan 47 gram protein edamame  dalam sehari, dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 9,3 % dan kolesterol buruk (LDL) sebesar  12,9 %.

Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan, protein di dalam edamame dapat mencegah penyakit jantung.

3. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

edamame
Oleh: www.haibunda.com

Kedelai secara umum kaya akan isoflavon, yang merupakan senyawa pada tanaman.  Isoflavon ini menyerupai hormon estrogen dan dapat berikatan dengan reseptor yang terletak pada sel seluruh tubuh. Mengonsumsi isoflavon ternyata dapat melindungi dari kanker payudara.

4. Meredakan Depresi

edamame
Oleh: doktersehat.com

Selain mengandung protein, vitamin K, serat, edamame juga mengandung folat sehingga dapat meredakan depresi. Folat yang terkandung di dalamnya, dapat membantu mencegah terbentuknya homocysteine.

Ketika tubuh mengandung homocysteine terlalu banyak, otak kita akan sulit menerima aliran nutrisi dan darah dengan lancar. Hal ini dapat mengganggu produksi hormon dopamin, serotonin dan neropinefrin. Ketiga hormon ini adalah pengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Cara Memasak Edamame

edamame
Oleh: www.goodnewsfromindonesia.id

Sebelum memasak edamame, kalian harus cermat dalam memilih edamame yang daun dan akarnya terlihat segar serta polong masih tertutup rapat. Edamame merupakan kacang kedelai muda yang mudah rusak apabila ada dalam suhu kamar. Jadi, setelah memetik edamame harus langsung dimasak. Jika ingin dikonsumsi nanti, lepaskan polong dari batangnya, lalu simpan di kulkas selama 12 jam.

Cara memasak edamame adalah sebagai berikut :

1. Pisahkan polong dari batangnya, buang yang kosong atau yang warnanya berubah.

2. Potong setiap ujung polong, masukkan ke dalam mangkuk berisi garam lalu gosokkan edamame tersebut dengan garam.

3. Diamkan edamame yang berada dalam mangkuk berisi garam sambil menunggu air mendidih.

4. Jika air yang direbus sudah mendidih tambahkan sedikit garam, masukkan edamame yang sudah digosok ke dalam rebusan air tersebut.

5. Masak kedelai selama 5 menit sampai terlihat matang namun masih keras.

6. Tiriskan dan dinginkan agar warna hijau cerah kembali terlihat.

Nah, itulah kandungan yang terdapat pada edamame serta cara memasaknya dan membuat edamame menjadi camilan favorit orang Jepang. Apakah kalian tertarik untuk mengkonsumsi edamame di rumah?

Leave a Reply