Ternyata Ada Lho, Negara yang Tidak Pernah Dijajah

Penjajahan pada suatu bangsa memang sering kali terjadi puluhan tahun lalu, negara yang lebih maju akan menjajah negara lain. Begitu pula terjadi di Indonesia yang pernah dijajah Belanda, Inggris, hingga Jepang. Beberapa negara tetanggapun mengalami hal yang sama, misalnya Malaysia yang juga mengalami penjajahan oleh Inggris atau Korea yang pernah dijajah oleh Jepang. Bukan hanya negara-negara Asia saja yang pernah dijajah, bahkan Amerika Serikat pun pernah mengalami penjajahan dari Inggris. Meskipun penjajahan hampir terjadi merata di seluruh dunia, namun ada beberapa negara yang tidak pernah dijajah. Apa saja, ya?

7 Negara yang Tidak Pernah Dijajah

Pada abad ke-19, invasi barat di negara-negara lain memang sedang gencar-gencarnya untuk mencari sumber daya maupun kekuasaan wilayah. Meskipun begitu, ada beberapa negara yang tidak pernah dijajah oleh negara manapun, antara lain:

1. Thailand

negara yang tidak pernah dijajah
Image by Michelle Maria from Pixabay

Thailand menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah mengalami penjajahan dari manapun, termasuk bangsa Eropa. Ada dua hal kuat yang membuat Thailand tidak pernah merasakan penjajahan.

Pertama, sejak abad ke-19 sudah memiliki sistem perubahan ekosistem pemerintah, ekonomi, hingga budaya yang telah mapan, stabil, dan teratur.

Kedua, Thailand memiliki kemampuan dalam hal mengeksploitasi atau menyulut ketegangan antara Kerajaan Inggris dan Kerajaan Prancis. Tak hanya itu, Thailand juga memiliki kedekatan dengan Jepang saat perang sekutu, meskipun setelah perang usai Thailand memilih berpihak pada Amerika.

2. Jepang

negara yang tidak pernah dijajah
Image by Pexels from Pixabay

Dengan sistem kekaisaran yang kuat membuat Jepang menjadi negara yang sulit dimasuki oleh penjajah Eropa. Penjajah yang akan masuk ke Jepang biasanya harus berhadapan dengan barikade samurai yang sulit dilewati. Tak hanya itu, Jepang malah belakangan ikut menjadi penjajah negara-negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Bahkan negara matahari terbit ini mampu menyerang balik kekuatan barat pada Perang Dunia II.

3. Arab Saudi

negara yang tidak pernah dijajah
Image by GLady from Pixabay

Meskipun memiliki kekayaan melimpah, nyatanya negara Arab Saudi menjadi negara yang tidak pernah dijajah. Salah satu faktornya adalah daratan yang gersang dengan udara panas yang ekstrem, sehingga membuat penjajah tidak datang ke negara tersebut. Tak hanya itu, masyarakat Arab yang cepat berdamai ketika berseteru akan menyulitkan penjajah untuk memecah belah warga Arab.

4. Tiongkok

Negara besar Tiongkok (kecuali Macau dan Hongkong) tidak pernah mengalami penjajahan dari negara lain. Alasan Tiongkok tidak pernah mengalami penjajahan adalah karena alasan kerja sama yang mereka jalani dengan negara-negara Eropa. Kala itu, Tiongkok telah memiliki berbagai perjanjian dan hubungan dagang dengan negara-negara kuat di Eropa, bahkan Amerika Serikat, dan Rusia.

5. Denmark

negara yang tidak pernah dijajah
Image by David Mark from Pixabay

Dengan pemerintahan yang monarki konstitusional, Denmark menjadi salah satu negara yang tidak pernah mencicipi rasanya dijajah negara lain. Salah satu alasan mengapa Denmark menjadi negara yang tidak pernah dijajah yaitu karena negara tersebut begitu kecil dan terpencil. Meskipun negara kecil, Denmark nyatanya juga pernah menguasai beberapa wilayah lain, seperti Schleswig-Holstein yang kemudian diserahkan pada Prusia. Setelah penyerahan pada Prusia, Denmark memilih menjadi negara netral di Perang Dunia I.

6. Ethiopia

negara yang tidak pernah dijajah
Image by G. Lerz from Pixabay

Hampir 90 persen wilayah di Afrika dijajah oleh penjajah Eropa, namun Ethopia berhasil menjadi salah satu negara yang tidak dipijaki oleh penjajah kala itu. Ethiopia menjadi negara yang telah merdeka, meskipun Italia sempat berusaha menjajah namun tidak berhasil karena Ethiopia mendapat bantuan dari Inggris.

7. Nepal

negara yang tidak pernah dijajah
Image by Thomas Hartmann from Pixabay

Mendengar kata Nepal, mungkin yang pertama kali terlintas di benak kalian adalah tentang puncak Everest yang terkenal. Namun, selain memiliki Everest yang popular, ternyata Nepal juga termasuk negara yang tidak pernah dijajah karena bantuan perlindungan Kerajaan Inggris. Tak heran jika Nepal sudah merdeka sejak 15 September 1768 dengan bentuk negara kerajaan, namun pada 28 Mei 2008 negara ini berubah menjadi republik.

Itulah uraian mengenai 7 negara yang tidak pernah dijajah oleh negara manapun. Selain 7 negara yang telah disebutkan, ada beberapa negara lagi yang juga belum pernah dijajah, seperti Yunani, Iran, Turki, Liberia, dan lain sebagainya. Melalui perjalanan panjang sejarah, kini setiap negara telah memiliki kedaulatan masing-masing tanpa kekangan negara lain atau penjajah.

Leave a Reply