Suka Buah Beri? Ini Dia Manfaat dari Buah Beri

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? Buah dengan jenis paling beragam ini menjadi incaran sejak diketahui khasiatnya. Buah beri merupakan salah satu sumber vitamin yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Buah ini awalnya hanya diketahui sebagai ladang vitamin C, namun siapa sangka buah yang berwarna khas ini memiliki khasiat lain yang cukup mengejutkan. Bagi kalian penyuka buah beri, hal ini adalah keuntungan tersendiri. Kalian akan merasakan manfaat luar biasa dari buah imut nan menggemaskan ini.

Manfaat Luar Biasa dari Beragam Buah Beri

Di muka bumi ini, ada banyak jenis buah dan semuanya mampu memberikan khasiat yang luar biasa bagi orang yang mengonsumsinya. Tidak terkecuali dengan buah beri. Sejauh ini, ada beberapa buah beri yang cukup populer untuk dikonsumsi. Diantaranya adalah stroberi, mulberry, rasberi, bluberi, blackcurrant, blackberry, bilberry, dan cranberry. Semua jenis beri ini memiliki khasiat dan manfaat tersendiri.

Untuk lebih jelas, mari kita simak 10 manfaat yang bisa kalian dapatkan dari buah mungil ini!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

buah beri
Image by Jenő Szabó from Pixabay

Salah satu buah beri yang cukup efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah redberry. Buah ini mengandung senyawa yang dapat melawan virus penyakit seperti flu dan pilek.

Selain redberry, kalian juga bisa mengonsumsi stroberi ketika dilanda radang. Kandungan vitamin C dari stroberi akan segera membantu memulihkan kondisi tubuh yang terserang penyakit.

Hampir semua buah beri kaya akan vitamin C. Buah beri manapun yang kalian sukai akan menjadi sumber vitamin yang penting bagi ketahanan tubuh ini. Kalian tidak akan mudah terserang penyakit. Kalian juga akan lebih bugar dan segar dengan rutin mengonsumsi buah ini.

2. Penangkal Radikal Bebas

buah beri
Image by Couleur from Pixabay

Seperti yang telah diketahui, buah beri memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, rasa asam dalam buah ini ternyata mengandung anti oksidan yang tinggi. Dalam buah beri, ada senyawa yang bernama anthocyanin. Senyawa ini berperan penting menjaga ketahanan tubuh karena bersifat sebagai anti oksidan.

Anti oksidan merupakan senyawa yang bertugas untuk melawan dan menetralisir radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini akan diserap dan dibuang bersamaan dengan sistem pembuangan tubuh yaitu melalui keringat.

3. Mencegah Obesitas

Buah beri mengandung zat yang bernama polyphenol. Zat ini memiliki kemampuan untuk mempercepat penurunan berat badan. Jika kalian sedang berdiet, tidak perlu takut untuk mengonsumsi buah beri.

Selain bervitamin, buah ini tidak mengandung banyak kalori. Seperti yang kalian ketahui, kalori adalah salah satu zat yang menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan.

4. Menurunkan Kolesterol

buah beri
Image by Free-Photos from Pixabay

Salah satu buah beri yaitu blueberi memiliki senyawa yang bernama pterostilbene. Senyawa ini memiliki kemampuan merangsang protein reseptor yang ada di dalam sel. Protein ini berperan penting untuk proses penurunan kolesterol.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Serupa dengan kemampuan meringankan kerja jantung, buah beri juga akan memberikan efek luar biasa pada penderita tekanan darah tinggi. Kemampuannya dalam melenturkan pembuluh darah adalah keutamaan dalam penyembuhan penyakit yang satu ini. Dengan mengonsumsi buah beri secara teratur, tekanan darah yang tinggi bisa diturunkan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

buah beri
Image by Free-Photos from Pixabay

Buah beri yang memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung adalah bluberi. Buah ini mengandung zat antosianin yang memiliki kemampuan untuk membantu melebarkan dan menjadikan pembuluh darah menjadi elastis.

Dengan demikian, aliran darah dari dan ke seluruh tubuh bisa berjalan dengan lancar. Kerja jantung akan semakin mudah dan mengurangi tingkat stres pada organ penting tubuh ini.

7. Meredakan Ketegangan hingga Nyeri Otot

Jus buah beri adalah minuman yang paling tepat setelah selesai melakukan olah raga. Jus beri akan memberikan kesegaran dan membuat otot yang tegang karena olah raga menjadi agak rileks. Dengan demikian, kalian bisa mencegah terjadinya peradangan otot.

8. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer

buah beri
Image by Couleur from Pixabay

Bluberi merupakan salah satu dari jenis buah beri yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Antioksidan ini mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Hal ini akan menjadi pencegah munculnya penyakit alzheimer. Alzheimer adalah penyakit yang menyerang bagian otak.

Penyakit ini mempengaruhi kemampuan hingga menyebabkan kemunduran daya ingat. Penderita penyakit ini akan mengalami pikun dan tidak bisa mengenal siapa-siapa. Umumnya alzheimer terjadi pada orang tua, namun tidak menutup kemungkinan banyak anak muda yang juga bisa terserang penyakit ini.

9. Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

buah beri
Image by Pexels from Pixabay

Bluberi dan cranberry memang merupakan buah yang cukup banyak memberikan manfaat. Dalam buah ini terdapat banyak kandungan zat aktif yang memiliki kemampuan anti-perekat.

Kandungan ini mampu mencegah bakteri Escherichia coli supaya tidak menempel dan menyebar pada dinding kandung kemih yang berakhir mengakibatkan terjadinya peradangan.

10. Menekan Pertumbuhan Tumor dan Mencegah Kanker

buah beri
Image by Bruno Glätsch from Pixabay

Buah beri dari jenis bluberi memiliki kandungan senyawa yang dinamakan asam elagik. Asam ini mempunyai kemampuan untuk mencegah pertumbuhan tumor yang ada di dalam tubuh. Selain itu, buah beri juga mengandung flavonoid yang berfungsi untuk mencegah tercetusnya sel kanker.

Sel kanker memang ada di dalam tubuh manusia. Sel ini bisa tumbuh karena dicetuskan oleh beberapa hal seperti makanan, pola hidup tidak sehat dan lain sebagainya. Jadi, pastikan kalian mengonsumsi buah beri sebagai perlindungan dari tercetusnya sel kanker dan tumor.

Selain manfaat buah beri diatas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kalian rasakan. Buah beri sangat mudah didapatkan di Indonesia. Beberapa buah bahkan bisa dengan mudah kalian temui di pasar tradisional terdekat.

Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi buah-buahan ajaib ini. Meskipun bentuknya kecil, buah ini mampu memberikan manfaat yang luar biasa besar pada orang yang mengonsumsinya.

Leave a Reply