Kenali Jenis-Jenis Keju yang ada Di Dunia, Yuk!

Keju merupakan salah satu makanan padat yang terbuat dari susu sapi, kambing, domba dan hewan mamalia lainnya. Selain itu, makanan padat ini bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kue dan makanan. 

Pada umumnya ada banyak sekali jenis keju yang perlu Teman-Teman ketahui. Kalau di Indonesia ada beberapa keju terkenal seperti keju edam, keju parmesan dan beragam keju lainnya. Untuk mengetahuinya, Teman-Teman bisa menyimak artikel di bawah ini:

Keju Cotija

keju

Gambar Oleh: Gambar oleh Christoph Schütz dari Pixabay

Cotija merupakan salah satu produk keju yang bergaya hispanic. Nama cotija berasal dari nama kota asalnya yaitu, Cotija. Tepatnya berasal dari negara bagian Michoacan, Meksiko. Keju yang satu ini memiliki tekstur yang keras dan rapuh. Keju cotija ini terbuat dari susu sapi. 

Keju cotija memiliki warna yang putih dan rasa asin. Banyak orang mengatakan kalau keju ini mirip seperti keju feta. Tetapi setelah disimpan dengan lama, teksturnya akan mirip seperti keju parmigiano-reggiano yang bertekstur keras dan rapuh. 

Keju Bocconcini

keju

Gambar Oleh: Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Bocconcini dalam bahasa Italia berarti “little bites” atau bisa diartikan sebagai gigitan kecil. Pada umumnya keju ini memang terlihat lebih kecil dibandingkan keju lainnya. Ukurannya yang kecil membuat keju ini mirip seperti keju mozarella. 

Bocconcini termasuk jenis keju yang menggunakan campuran susu kerbau dan sapi di dalamnya. Keju bocconcini bertekstur semi lembut, berwarna putih, dan kenyal. Karena aromanya yang enak, biasanya keju ini bisa dipakai pada salad. 

Keju Cottage

keju

Gambar Oleh: Gambar oleh Диана Лаврова dari Pixabay

Cottage terkenal sebagai produk keju yang memiliki rasa ringan dan berwarna putih. Pada umumnya keju ini akan dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa asam dan manisnya. Dengan dibuat dari berbagai jenis susu dan kadar yang berbeda, keju ini biasa disebut dengan cottage cheese. 

Keju ini dinamakan cottage karena keju ini terbuat dari susu yang tersisa setelah pembuatan mentega. Bahkan, untuk memakannya mudah dan tidak perlu untuk dicampur dengan buah-buahan karena bisa dimakan secara langsung. 

Keju Halloumi

keju

Gambar Oleh: Gambar oleh BestNerdLife dari Pixabay

Keju halloumi merupakan salah satu jenis Keju yang berasal dari negara Siprus. Halloumi terbilang keju brined yang memiliki warna putih dan bertekstur sedikit kenyal. Keju ini terbuat dari campuran antara susu kambing dan fompa. 

Bertekstur semi lembut membuat halloumi mirip seperti keju mozarella atau keju feta. Biasanya diproduksi di kawasan Timur Tengah dengan yang tajam, gurih hingga asin didalamnya. Bahkan keju ini biasa disajikan saat musim hangat dengan buah semangka. 

Keju Robiola Bosina

keju

Gambar Oleh: Gambar oleh PDPhotos dari Pixabay

Berasal dari Langhe, tepatnya pada daerah perbukitan di wilayah Piedmont – Italia Utara. Robiola bosina termasuk salah satu keju yang bisa dibuat dengan susu sapi dan susu domba.  Perlu Teman-Teman ketahui, robiola bosina merupakan salah satu keju yang diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet. Selain itu, keju ini memiliki kulit elastis yang berguna untuk melindungi tekstur pada bagian dalamnya. 

Keju Mascarpone

keju

Gambar Oleh: Gambar oleh Bernadette Wurzinger dari Pixabay

Mascarpone termasuk salah satu keju yang berasal dari Italia yang diproduksi di wilayah Lombardy. Dibuat dari susu krim kental dengan menggunakan asam sitrat atau asam asetat. Keju ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi mulai dari 60-75% saja. 

Karena kaya akan kandungan lemak, membuat Mascarpone terbatas digunakan di beberapa resep seperti tiramisu hingga cheesecake. Bertekstur halus, lembut hingga agak keras, membuat keju ini mirip seperti mentega. 

Keju Pecorino Romano

keju

Gambar Oleh: Gambar oleh PDPhotos dari Pixabay

Pecorino romano merupakan istilah untuk keju yang dibuat dari susu domba asli. Tetapi banyak pembuat keju di Amerika Serikat membuatnya dengan bahan susu sapi. Keju ini pernah mendapatkan sertifikat Protected Designation Of Origin (PDO) dibawah hukum Uni Eropa. 

Bahkan sesuai undang-undang, keju ini sudah mulai diproduksi di pulau Sardinia, Lazio dan di Tuscan Tuscany. Keju pecorino romano sudah ada sejak zaman Romawi dan  termasuk makanan wajib para tentara kerajaan. 

Nah, sekarang Teman-Teman sudah tahu, kan, beragam jenis keju yang ada di dunia? Selain keju parmesan dan keju mozarella ternyata ada banyak beberapa keju yang sudah populer sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Mempelajari tentang keju di seluruh dunia ternyata seru, ya?

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!