Cari Tahu 5 Negara Terbesar di Dunia, Yuk! Ada Negara Apa Saja, Ya?

Berbicara mengenai negara terbesar di dunia, mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah Indonesia. Namun sayangnya, data dari situs WorldAtlas.com menyatakan bahwa Indonesia tidak termasuk di dalam negara yang paling besar di dunia.

Jumlah daratan di bumi ini mencapai 149 juta km2 dan terbagi menjadi 193 negara. Beberapa diantaranya hanya memiliki sejumlah kecil luas daratan saja, namun ada juga negara yang menguasai belasan juta kilometer persegi. Apa saja negara terbesar itu?

5 Negara Terbesar Berdasarkan Luas Wilayah

Dalam sejarah, batas-batas negara bisa saja mengalami perubahan sesuai dengan peta politik dan kepentingan tertentu. Beberapa tahun mendatang, daftar negara terbesar di dunia ini mungkin saja berubah.

Berikut ini adalah 5 negara paling besar di dunia berdasarkan luas wilayah versi WorldAtlas.com. Diantaranya adalah :

1. Rusia

negara terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Michael Siebert dari Pixabay

Negara terbesar di dunia yang pertama adalah Rusia yaitu dengan luas wilayah mencapai 17.098.242 km2. Negara ini menguasai hampir seperdelapan luas daratan di bumi. Namun, jumlah penduduknya berada di urutan ke 9 terbanyak di dunia.

Wilayah Rusia berada di dua benua yaitu benua Eropa dan Asia. Negara ini berbatasan dengan 14 negara berbeda. Tidak ada iklim tropis sama sekali di Rusia, sebagian besar wilayahnya beriklim tundra dengan musim dingin yang panjang.

 

Baca Juga  Kita Lihat Kecantikan dari Jembatan Siti Nurbaya, Yuk!

2. Kanada 

negara terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Negara terbesar kedua di dunia adalah kanada dengan luas wilayah 9.984.670 km2. Kanada menjadi negara yang paling besar di belahan bumi bagian barat serta menjadi negara dengan garis pantai terpanjang dibandingkan negara lain.

Negara ini terletak di kawasan paling utara dari Amerika Utara. Sebagian besar wilayahnya beriklim tundra beku. Di Kanada, pegunungan Rocky terbentang dari utara ke selatan dan menjadi padang rumput subur yang ditanami biji-bijian.

Negara ini terbagi menjadi 10 provinsi dengan 3 wilayah teritori. Menjadi negara paling besar, tidak membuat pemerintah Kanada kesulitan dalam mengatur warganya. Bahkan, negara ini disebut-sebut sebagai negara maju karena kekayaan alamnya melimpah.

 

Baca Juga  Trakea, Alat Pernapasan Belalang Berbentuk Tabung. Bagaimana Prosesnya, Ya?

3. Amerika Serikat 

negara terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Luas Amerika Serikat adalah 9.833.517 km2 dan ini menjadikan negara ini sebagai negara terbesar di dunia urutan ketiga. Amerika Serikat hanya sedikit lebih kecil dari Kanada. 

Amerika Serikat memiliki bentang alam yang bervariasi. Aneka ragam geografi lengkap dengan satwa liarnya ada di negara ini. Negara ini juga menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan paling subur di dunia.

Cuaca dan iklim Amerika Serikat juga sangat baik dan kondusif. Iklim kontinental lembab di bagian utara, subtropis lembab di selatan, dan iklim semi kering di bagian barat. Selain itu, ada pula iklim kering, gurun dan mediterania di beberapa wilayah. 

 

4. Republik Rakyat China 

negara terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh wei zhu dari Pixabay

Menempati urutan ke empat, China menguasai wilayah bumi dengan luas 9.596.961 km2. Negara ini selain terbesar ke empat secara luas wilayah, juga menjadi negara dengan penduduk terbanyak yaitu mencapai 1,4 miliar jiwa.

Negara ini menjadi negara yang sangat kompleks dengan perekonomian yang besar dan menembus banyak negara lain. Tingkat pertumbuhan ekonominya sangat pesat dan paling cepat di dunia. China adalah kekuatan yang besar di Asia.

 

Baca Juga  Ayo, Baca Komik Pitta dan Negeri Ajaib - Coba-Coba Sampo!

5. Brasil 

negara terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Negara terbesar kelima di dunia adalah Brasil dengan luas wilayah 8.515.767 km2. Selain besar, negara ini juga menjadi negara dengan penduduk yang cukup padat dan banyak. Sensus terakhir di tahun 2017, jumlah penduduk negara ini mencapai 204,5 juta jiwa.

Brasil adalah negara dengan hutan hujan terbesar di dunia. Di negara ini, terbentang sungai Amazon yang melegenda dengan satwa endemiknya. Di hutan hujan ini pula, hidup suku pedalaman yang belum pernah terekspos dunia luar.

Brasil berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Pegunungan Andes. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan. Iklimnya tropis karena berdekatan dengan garis khatulistiwa.

Dengan iklim yang kondusif, Brasil menjadi negara yang subur. Negara ini bahkan menghasilkan kopi dengan produksi terbanyak dan terbesar selama hampir 150 tahun terakhir.

 

Itulah 5 negara terbesar di dunia yang wajib kita ketahui. 5 negara ini sudah seringkali kita dengar namanya baik melalui kiprah mereka di dunia internasional atau pencapaian lainnya.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!