Apa Saja Dampak Pemanasan Global yang Saat Ini Kita Rasakan?

Semakin kesini ternyata dampak pemanasan global bertambah parah. Tentu Teman-Teman juga sudah sering melihat beberapa dampak dari kondisi pemanasan global ini, kan? Salah satunya adalah seringnya terjadi bencana alam dan perubahan suhu yang cukup ekstrim. Nah, agar Teman-Teman semakin paham dengan fenomena pemanasan global ini, kali ini kita akan membahas beberapa dampak dari kondisi pemanasan global ini. Berikut adalah ulasan selengkapnya yang bisa kalian baca!

Bagian Kutub Akan Mengalami Kondisi Mencair

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Salah satu dampak pemanasan global yang tampak nyata adalah kondisi daerah kutub akan semakin mencair. Keadaan ini memang bisa terjadi ketika suhu bumi meningkat. Dihitung mulai dari 30 tahun terakhir, ternyata es yang ada di kutub sudah mencair hingga 28 triliun ton, lho! Keadaan ini bisa menyebabkan beberapa dampak negatif terhadap ekosistem alam. Mulai dari naiknya permukaan air laut hingga hilangnya nyawa hewan-hewan di area kutub.

Volume Permukaan Air Laut Meningkat

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Ketika kondisi kutub sudah mulai mencair, secara otomatis volume air laut akan meningkat. Banyaknya es yang mencair di kutub bisa menjadi salah satu faktor tingginya volume air laut. Bahkan kondisi ini menyebabkan beberapa daerah terkena bencana seperti banjir hingga menjadi ancaman bagi pulau-pulau kecil. Pasalnya pulau-pulau kecil tersebut akan terancam hilang karena tenggelam akibat tingginya air laut. 

Baca Juga  Unboxing Komik Next G Selebgram

Kondisi Krisis Air Bersih

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Perlu diketahui jika adanya pemanasan global juga menyebabkan kondisi air tanah menjadi menguap. Akibat dari menguapnya air tanah ini adalah berkurangnya ketersediaan air bersih. Bahkan memungkinkan terjadinya krisis akan air bersih. Jika hal ini tetap terjadi, kesehatan manusia juga akan semakin terancam. Maka dari itu, kita memiliki tugas penting untuk mengurangi pemanasan global. Kalau tak dimulai dari diri sendiri mau siapa lagi yang memulainya?

Adanya Kebakaran Hutan

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Salah satu pemicu terjadinya kondisi kebakaran hutan adalah adanya peningkatan suhu. Tentunya Teman-Teman juga tahu jika hutan adalah paru-paru dunia. Jika hutan sudah terbakar, maka ketersediaan udara bersih juga semakin menurun dan udara menjadi tercemar karena asap dari hutan yang terbakar. Contoh kebakaran hutan yang diakibatkan oleh naiknya suhu dari dampak pemanasan global adalah bencana kebakaran hutan di California, Amerika Serikat. 

Tingginya Kabut Asap

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Adanya kebakaran hutan baik itu skala kecil atau besar tetap saja akan merugikan umat manusia. Salah satu dampak dari kebakaran hutan adalah adanya tingginya kemungkinan terjadinya kabut asap. Kondisi kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan akan menyebabkan mengganggu kesehatan manusia. Tak bisa dipungkiri dampak nyata dari kondisi pemanasan global memang sangat tak baik bagi kesehatan manusia. 

Baca Juga  Unboxing Komik Next G For My Best Friend

Banyaknya Wabah Penyakit

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Perlu diketahui jika pemanasan global juga bisa menurunkan kondisi imunitas manusia lho! Secara sederhananya, kondisi imun atau kekebalan tubuh yang mudah menurun akan membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit. Jika kondisi ini sudah banyak terjadi pada manusia maka, penyakit yang dianggap biasa akan berubah status menjadi sebuah wabah.

Adanya Krisis Pangan

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Mungkin Teman-Teman berfikir jika pemanasan global tak akan mengganggu kondisi ketersediaan pangan. Padahal sebenarnya kondisi ini bisa menyebabkan pasokan pangan lebih menurun drastik, lho! Meningkatnya suhu laut adalah dampak nyata dari adanya pemanasan global. Dari peningkatan suhu laut inilah nantinya dapat menyebabkan kondisi biota laut akan lebih mudah menurun. Jika saja keberadaan biota laut menurun secara berkelanjutan, besar kemungkinan krisis pangan akan terjadi. Tentunya Teman-Teman juga tahu jika tubuh sehat, tentu harus mendapatkan mengkonsumsi makanan sehat, termasuk dari hasil laut.

Meningkatnya Peristiwa Alam

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Sadar atau tidak beberapa waktu belakangan ini memang sudah sering terjadi bencana alam ekstrim. Mulai dari badai, tsunami, banjir bandang, dan beberapa peristiwa lainnya. Kondisi ini bisa saja terjadi karena adanya pemanasan global. Kejadian alam ini tidak hanya terjadi sekali atau dua kali, namun terjadi peningkatan frekuensi terjadinya bencana alam ini. Dampak dari bencana alam ini tentu merugikan manusia. 

Baca Juga  Baca Sinopsis Komik Next G Berkah Membaca Buku, Yuk!

Kepunahan Hewan

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, populasi hewan bisa lebih mudah terancam punah jika pemanasan global semakin tinggi. Tak hanya karena bencana alam saja, namun perubahan iklim yang cukup ekstrim yang membuat hewan tidak dapat bertahan hidup dan akan mempermudah turunnya populasi hewan. Meski ada kemungkinan untuk bermigrasi karena kehilangan habitat lama, namun apakah bukan hal yang mudah bagi kelompok hewan ini untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Apabila hewan tidak mampu untuk beradaptasi, kelompok hewan ini terancam kematian.

Gagal Panen

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Tak bisa menutup kemungkinan jika kondisi pemanasan global akan berdampak terhadap kegagalan panen pertanian. Sebab keberhasilan panen juga dipengaruhi oleh cuaca. Jika saja cuaca berubah menjadi lebih ekstrim, maka kegagalan panen mungkin terjadi. Dari gagalnya panen tersebut bisa menyebabkan kelangkaan sumber pangan.

Adanya Gelombang Panas

pemanasan global

Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Sadar atau tidak, pemanasan global juga mengakibatkan adanya gelombang panas. Bahkan mungkin Teman-Teman belakangan ini merasakan jika kondisi cuaca akan semakin panas. Dibandingkan 60 tahun sebelumnya, kondisi panas saat ini ternyata memang lebih ekstrim. Bahkan sudah ada banyak kematian yang bisa disebabkan oleh kondisi panas yang cukup ekstrim ini. Beberapa waktu lalu, India juga mengalami kondisi panas yang cukup luar biasa. Bahkan kondisi ini juga pernah masuk ke berita internasional.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!