header-artikelku

Gizi Seimbang dengan 4 Sehat 5 Sempurna

Salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah membutuhkan makan. Itu artinya, teman-teman harus makan untuk bertahan hidup. Makanan yang dikonsumsi pun harus memenuhi kebutuhan gizi agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. Kali ini Kak Muffin akan membagikan informasi tentang cara mendapatkan gizi seimbang dengan konsep 4 sehat 5 sempurna. Jadi, disimak baik-baik ya!

Apa itu 4 Sehat 5 Sempurna?

4 sehat 5 sempurna adalah istilah yang diberikan untuk konsep dalam mendapatkan gizi seimbang. Kalian pasti akan mendapatkan pengetahuan mengenai konsep ini mulai dari sekolah dasar. Makanan yang termasuk dalam konsep ini dipastikan memiliki kandungan gizi yang lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

makanan 4 sehat 5 sempurna
Gambar Oleh: Master1305 – Freepik.com

Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari:

  1. Makanan pokok
  2. Lauk pauk
  3. Sayur
  4. Buah, dan
  5. Susu

Keempat makanan yang disebutkan sebelumnya mengandung gizi bagi tubuh agar lebih sehat, tapi makanan kelima justru akan menyempurnakan asupan gizi yang diperoleh setiap individu. Oleh karena itu dikatakan bahwa 4 sehat karena berfungsi untuk menyehatkan dan 5 sempurna karena menyempurnakan seluruh asupan gizi yang harus diterima tubuh setiap harinya.

Pada awalnya, konsep 4 sehat 5 sempurna merupakan sebuah kampanye yang dikhususkan bagi rakyat Indonesia oleh pemerintah. Namun akhirnya konsep tersebut telah menjadi gaya hidup bagi masyarakat sehingga menghasilkan pola hidup yang lebih sehat, apalagi kalau dibarengi dengan olahraga rutin dan istirahat yang cukup.

Takaran dari 4 Sehat 5 Sempurna

Meskipun memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, makanan 4 sehat 5 sempurna harus dikonsumsi dengan takaran yang tepat, teman-teman. Kalian bisa menggunakan takaran sebagai berikut agar takaran kandungan gizi yang diperoleh tubuh tidak berlebihan. Teman-teman pasti tahu bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik, bukan?

  1. Makanan Pokok

makanan 4 sehat 5 sempurna
Gambar Oleh: Xb100 – Freepik.com

Setiap negara memiliki makanan pokok yang berbeda, bahkan di Indonesia terdapat daerah yang makanan pokoknya berbeda dengan daerah lainnya. Jika dilihat secara umum, makanan pokok Indonesia adalah nasi meskipun ada beberapa daerah yang memiliki makanan pokok seperti sagu dan jagung. Intinya makanan pokok harus mengandung karbohidrat.

  Makanan Fermentasi itu Apa, Ya? Cari Tahu, Yuk!

Nasi sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia disarankan dengan takaran minimal sebagai berikut:

  1. Usia 1 tahun, takaran nasi sebanyak 4 sendok makan.
  2. Usia 2-3 tahun, takaran nasi sebanyak 6 sendok makan.
  3. Usia 4-8 tahun, takaran nasi sebanyak 8 sendok makan.
  4. Usia 9-13 tahun, takaran nasi sebanyak 10 sendok makan.

Takaran di atas merupakan takaran minimal yang artinya apabila masih merasa lapar maka bisa ditambah asalkan tidak terlalu berlebihan.

  1. Lauk Pauk

makanan 4 sehat 5 sempurna
Gambar Oleh: Ikarahma – Freepik.com

Daftar makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah lauk pauk. Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna yang satu ini antara lain:

a. Daging Ayam, Bebek, Kambing, Sapi dan Ikan

makanan 4 sehat 5 sempurna
Gambar Oleh: Racool_Studio – Freepik.com

Masyarakat Indonesia biasanya lebih sering mengonsumsi lauk pauk berupa daging ikan. Tahukah kalian? Daging ikan memiliki kandungan protein dan omega 3 yang baik bagi perkembangan otak. Jenis ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah salmon dan tuna.

Selain ikan, ada pula daging ayam yang merupakan lauk pauk paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kandungan protein hewani dan lemak hewan yang ada pada ayam sangat baik bagi keseimbangan gizi.

Namun daging ayam tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena bagian hati dan usus mengandung banyak lemak. Teman-teman pasti tahu bahwa lemak yang berlebihan dapat menurunkan kesehatan tubuh.

  Jenis-jenis Jeruk yang Populer di Indonesia

b. Telur

makanan 4 sehat 5 sempurna
Gambar Oleh: Edgunn – Freepik.com

Kandungan protein yang terdapat dalam kuning telur dapat menyeimbangkan gizi untuk kesehatan tubuh. Takaran konsumsi telur hanya satu butir per hari agar kandungan protein terpenuhi dengan baik dan aman. Manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna yang satu ini adalah untuk memperkuat jaringan otot dengan kandungan magnesium. Kandungan magnesium tersebut akan mengatur keasaman pH dalam tubuh .

c. Tahu dan Tempe

makanan 4 sehat 5 sempurna (8)
Gambar Oleh: Purnamapurmoon – Freepik.com

Selain daging dan telur, sumber protein makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya adalah tahu dan tempe. Kedua lauk ini lebih terjangkau harganya dibandingkan daging. Jadi, siapa saja dapat mengonsumsi tahu dan tempe setiap hari agar gizi seimbang.

  1. Sayur

makanan 4 sehat 5 sempurna
Gambar Oleh: Krishnatedjo – Freepik.com

Sayuran yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan gizi seimbang bisa dalam bentuk segar atau mentahan, rebus atau jus. Teman-teman disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau, merah, orange dan kacang-kacangan. Sebagian besar dari sayuran mengandung vitamin yang sesuai dengan warnanya.

Penjelasan 4 sehat 5 sempurna tentang kandungan sayuran antara lain. Sayuran hijau mengandung klorofil serta vitamin A dan B. Sementara sayuran merah dan kuning mengandung karoten dan vitamin A. Sayuran kuning dengan rasa asam mengandung vitamin C. Sayuran dengan aroma yang tajam mengandung sulfur seperti lobak, kol, bawang, pete dan jengkol.

  1. Buah

makanan 4 sehat 5 sempurna (9)
Gambar Oleh: Tyasindayanti – Freepik.com

Buah termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Kandungan dari buah 4 sehat 5 sempurna dapat memenuhi kebutuhan gizi agar seimbang. Buah mengandung serat dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan. Itu karena kulit buah mengandung pigmen warna klorofil seperti jambu dan kiwi.

Semakin gelap warna buah maka semakin tinggi kandungan antioksidannya bagi tubuh. Kalau teman-teman lebih suka buah yang telah dijadikan jus, akan lebih baik jika tanpa tambahan gula. Kalian bisa mengonsumsi jus buah 1 hingga 1,5 cup per hari. Jika tidak suka jus maka bisa mengonsumsi satu buah apel, pisang atau pir utuh dengan ukuran sedang.

  1. Susu

makanan 4 sehat 5 sempurna (10)
Gambar Oleh: Freepik – Freepik.com

Apakah teman-teman suka minum susu? Ternyata susu masuk dalam kategori makanan sehat. Kalian dapat mengonsumsinya dua hingga tiga kali dalam sehari. Susu yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang antara lain:

  Yuk Pelajari Sejarah di Indonesia : Penjajahan Belanda dan Jepang yang Pernah Membuat Indonesia Menderita

a. Susu Kedelai

makanan 4 sehat 5 sempurna susu kedelai
Gambar Oleh: Jcomp – Freepik.com

Susu ini berasal dari kacang kedelai. Teman-teman dapat meminta Ibu di rumah untuk membuatkan susu kedelai sendiri agar lebih higienis. Kandungan lemak jenuhnya sangat rendah sehingga baik diberikan kepada anak usia satu tahun ke atas. Takarannya cukup 1 hingga 2 gelas per hari atau setara dengan 250 ml hingga 500 ml per hari.

b. Susu Almond

makanan 4 sehat 5 sempurna susu almond
Gambar Oleh: 8Photo – Freepik.com

Susu yang berasal dari kacang almond ini bagus dikonsumsi oleh penderita alergi laktosa. Kalian bisa mengonsumsinya dengan takaran 16 ons hingga 24 ons per hari. Itu artinya, kalian juga dapat membuat sendiri susu almond di rumah bersama Ibu.

c. Susu Sapi

makanan 4 sehat 5 sempurna susu sapi
Gambar Oleh: Bublikhaus – Freepik.com

Susu yang berasal dari sapi ini memang lebih banyak dikonsumsi oleh manusia seperti kita, ya. Kandungan kalorinya cukup banyak yakni antara 80 hingga 150 kalori. Takarannya, 400 hingga 600 cc untuk usia 2 sampai 5 tahun. Catatan pentingnya adalah akan lebih baik jika susu segar langsung dari sapinya. Seperti di kawasan Jawa Barat yang setiap pagi ada penjual susu sapi segar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai 4 sehat 5 sempurna. Siapa tahu nanti teman-teman diminta untuk sebutkan makanan 4 sehat 5 sempurna. Semoga teman-teman dapat menjawab dengan baik, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Isi artikel ini dilindungi !!