Daun Semanggi Bisa Dijadikan Sebagai Obat, Cek Faktanya Yuk!

Daun semanggi termasuk kelompok paku air (Salviniales) yang berasal dari marga Marsilea crenata. Tumbuhan ini cukup dikenal masyarakat Indonesia, khususnya daerah Surabaya, Jawa Timur. Daun ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama kuliner Surabaya, yaitu pecel semanggi. 

Pada umumnya, semanggi hidup di daerah pematang sawah atau tepian saluran irigasi, hingga sungai. Selain mudah ditemukan, semanggi juga memiliki bentuk yang khas menyerupai sebuah payung dan terdiri dari tiga atau empat anak daun, serta berhadapan satu sama lain. 

Tumbuhan ini sering dikaitkan dengan sebuah mitos atau kepercayaan, di mana setiap helai daun memiliki makna kepercayaan, harapan, cinta, dan keberuntungan. Mitos lainnya adalah bila berhasil menemukan daun ini dengan jumlah empat kelopak, maka orang tersebut akan diberikan keberhasilan dan keberuntungan. Benar atau tidaknya tergantung dari pendapat Teman-Teman sendiri, ya!

Apa Manfaat dari Daun Ini ?

daun semanggi

Gambar Oleh: Gambar oleh pisauikan dari Pixabay

Selain digunakan sebagai bahan utama dalam masakan. Tumbuhan semanggi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun ini mengandung air, protein, lemak, serat, zat samak, hingga minyak atsiri. Beberapa kandungan lainnya juga mampu menyembuhkan penyakit kronis. Tak heran, bila semanggi bisa digunakan sebagai pengobatan herbal. 

1. Mengobati Penyakit Pengecilan Hati

daun semanggi

Gambar Oleh: Gambar oleh Martin Büdenbender dari Pixabay

Manfaat daun semanggi yang pertama adalah untuk penyembuhan sakit pengecilan hati. Mengingat, hati atau liver merupakan bagian penting dalam tubuh yang bertugas melakukan detoksifikasi. Dengan ramuan daun semanggi, Teman-Teman bisa meminumnya secara rutin selama beberapa minggu. 

2. Mengobati Infeksi Saluran Kencing

daun semanggi

Gambar Oleh: Gambar oleh bzndenis dari Pixabay

Berikutnya, daun semanggi juga mampu mengatasi penyakit saluran kencing. Saluran yang terinfeksi menjadi tempat tumbuhnya kuman dan bakteri. Untuk itu, daun ini bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan. Teman-Teman bisa membuat olahan berupa minuman. Namun, air semanggi harus dicuci bersih dan langsung dihabiskan atau sekali minum saja.

3. Mengobati Terlambat Menstruasi

daun semanggi

Gambar Oleh: Gambar oleh Andreas Lischka dari Pixabay

Selain mengobati penyakit berat, ternyata daun smeanggi juga dapat digunakan untuk mengatasi datang bulan yang tidak lancar pada wanita. Mengingat, menstruasi yang tidak lancar bisa menjadi indikasi adanya penyakit. Daun ini mampu menyeimbangkan hormon dan meredakan stress menjelang datang bulan, sehingga haid pun menjadi lancar.

4. Mengobati Demam dan Panas Dalam

daun semanggi

Gambar Oleh: Gambar oleh Victoria_Borodinova dari Pixabay

Khasiat daun semanggi lainnya adalah mengobati panas dalam atau amandel. Teman-Teman bisa mengonsumsinya dengan mencuci bersih daun terlebih dahulu, lalu ditumbuk. Setelah itu, beri sedikit air panas dan peras. Ambil airnya dan minum selagi hangat. Selain itu, daun semanggi juga digunakan untuk menurunkan panas. Daun ini mengandung senyawa yang dapat menetralkan panas suhu tubuh. 

5. Mengatasi Sesak Napas

daun semanggi

Gambar Oleh: Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Tumbuhan ini juga banyak digunakan untuk mengatasi penyakit sesak napas dan batuk. Cara pengolahannya, yaitu merebus air dengan daun secara bersamaan. Teman-Teman bisa menumbuk atau memeras daun yang diberi air hangat. Minum air yang sudah didinginkan. Pastikan, mengonsumsinya hanya satu kali dalam sehari. 

6. Mencegah Osteoporosis

daun semanggi

Gambar Oleh: Gambar oleh wal_172619 dari Pixabay

Tumbuhan semanggi mengandung zat fitoestrogen yang berkhasiat mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini dapat menyebabkan tulang mudah keropos dan patah. Penderita osteoporosis, mudah mengalami patah tulang. Cara mengolah daun semanggi bisa langsung direbus bersama daunnya atau diperas dan diambil airnya. Tumbuhan semanggi disebut juga tumbuhan bioremediasi karena mampu menyerap logam berat. 

7. Mencegah Lesu

daun semanggi

Gambar Oleh Gambar oleh Shlomaster dari Pixabay

Daun semanggi bisa digunakan sebagai jamu untuk menghilangkan lelah maupun lesu. Apabila rutin dikonsumsi, mampu meningkatkan stamina pada tubuh. 

Terdapat Efek Samping, Apa Saja Itu ?

daun semanggi

Gambar Oleh: Gambar oleh Kathleen Bergmann dari Pixabay

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat dalam kesehatan. Ternyata, mengonsumsi daun semanggi yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Terlebih, bila konsumsinya tidak sesuai dengan aturan. Mengonsumsi tumbuhan semanggi yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan leukopenia atau menurunnya sel darah putih. Akibatnya, tubuh menjadi rentan terkena infeksi.

Efek samping dapat disembuhkan dengan mengikuti aturan pakai saat mengonsumsi daun semanggi. Sebelum mengolah daun semanggi, Teman-Teman bisa melakukan konsultasi kepada dokter yang ahli dibidangnya. Dengan demikian, khasiat yang diperoleh lebih maksimal.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!