Cari Tahu, Yuk Fakta Menarik Tentang Negara Mongolia!

Sebagai salah satu negara yang pernah besar dan memimpin di puncak dunia, dahulu Negara Mongolia tidak bisa dipandang sebelah mata. Negara yang terletak di daratan Asia Timur ini, kini semakin hari semakin meredup dan jarang terdengar di kancah internasional. Negara yang kini berbentuk negara kesatuan republik semi-presidensial ini dipimpin oleh seorang presiden, bukan lagi kaisar. Banyak perubahan yang telah terjadi semenjak kejayaannya di jaman dahulu. Yuk kita simak bersama semua informasi tentang Negara Mongolia di bawah ini.

Info Menarik tentang Negara Mongolia yang Pernah Berjaya

Siapa yang tidak pernah mengenal Negara Mongolia? Negara dengan seorang pemimpin yang terkenal paling hebat pada jaman dahulu di seluruh dunia ini kini tidak lagi terdengar kebesarannya. Mongolia tenggelam layaknya kapal kertas yang rapuh. Namun, tidak ada salahnya kita sedikit belajar negara yang berbatasan dengan Rusia ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang negara ini. Diantaranya adalah :

1.Pernah Berjaya di Masa Lampau

negara mongolia
Gambar oleh Enkhtamir Enkhdavaa dari Pixabay

Tidak dipungkiri, Negara Mongolia memang pernah menjadi negara besar yang cukup disegani. Awalnya, Mongolia terdiri dari beberapa kelompok suku yang hidup di tempat berbeda-beda. Hingga akhirnya muncul satu pencetus yakni Jenghis Khan yang menyatukan berbagai macam suku dalam satu kesatuan.

Kejayaan ini merupakan hal yang paling dibanggakan bagi warna Negara Mongolia. Pasalnya, Jenghis Khan disebut-sebut sebagai tokoh yang paling berpengaruh dan bisa dibilang melebihi kehebatan bangsa Romawi. Dalam kurun waktu yang cukup singkat, tokoh ini mampu mempersatukan suku-suku berbeda di dataran Mongolia. Dalam persatuan itu, mereka mampu meraih kejayaan dan memperluas wilayahnya.

2. Masih Mengagungkan Jenghis Khan

negara mongolia
https://www.getyourguide.com

Kejayaan Jenghis Khan terjadi pada sekitar abad 13. Hingga saat ini, nasionalisme dalam jiwa warga Negara Mongolia tertanam begitu dalam. Mereka bahkan membangun patung Jenghis Khan di sekitar wilayah Ulaanbaatar. Patung setinggi 40 meter ini dibuat untuk mengenang kejayaan dan kehebatan tokoh Jenghis Khan di masa lalu.

3. Negara Berpenduduk Paling Sedikit

negara mongolia
Gambar oleh 이룬 봉 dari Pixabay

Ada sebuah ungkapan yang cukup sarkastik untuk penduduk Negara Mongolia yaitu bahwa jumlah hewan ternaknya jauh lebih banyak dibanding penduduknya sendiri. Hal ini memang benar terjadi. Jumlah penduduk Mongolia pada tahun 2016 adalah sekitar 3 juta jiwa. Dengan luas wilayah yang sangat besar, bisa dikatakan bahwa hanya ada 2-3 orang yang hidup dalam setiap kmKalian mungkin tidak akan mengira jika hewan ternaknya berjumlah 35 kali dan kuda 13 kali lebih banyak dibandingkan jumlah penduduknya sendiri. Itulah mengapa Negara Mongolia disebut sebagai negara paling sepi di dunia.

4. Mempertahankan Tradisi Hidup Berpindah-pindah

negara mongolia
Gambar oleh jacqueline macou dari Pixabay

Hingga saat ini, penduduk Mongolia masih mempertahankan pola hidup berpindah-pindah. Mereka mencari tempat tinggal yang lingkungan alam dan kondisi sekitarnya masih cukup kondusif. Memang tidak semua penduduk yang menjalankan pola hidup nomaden seperti ini. Ada sekitar 30 hingga 40 % penduduk yang masih tinggal berpindah-pindah. Mereka membawa serta peralatan rumah tangga, hewan ternak dan bahkan rumah itu sendiri.

5. Negara yang Memiliki Langit Paling Biru dan Ibukota Paling Dingin

negara mongolia
Gambar oleh かねのり 三浦 dari Pixabay

Negara Mongolia merupakan negara paling jernih langitnya. Kalian akan selalu bisa melihat langit biru sebiru-birunya disini. Hanya beberapa gumpalan atau guratan awan putih yang menghiasi langit Mongolia. Selebihnya, kalian akan disuguhi langit cerah hampir sepanjang tahun.

Ibukota Mongolia adalah Ulaanbaatar. Kota ini mendapat sebutan kota yang paling dingin. Suhu terdinginnya bahkan pernah mencapai -30 derajat celcius. Suhu seekstrim ini tidak menjadikan penduduk berdiam diri di rumah. Mereka tetap bekerja dan beradaptasi dengan suhu seperti ini.

6. Negara dengan Banyak Festival

negara mongolia
https://www.eternal-landscapes.co.uk

Meskipun tidak lagi terkenal akan kehebatan pemimpinnya, Negara Mongolia kini menjadi salah satu negara yang sangat mempertahankan budaya dan adatnya. Negara yang satu ini memang masih memegang teguh budaya dan adat istiadat warisan nenek moyang. Ada banyak festival menarik yang bisa kalian temui di negara ini sepanjang tahun. Mongolian Lunar New Year, Khovsgol Ice Festival, Gobi Camel Festival dan masih banyak lagi festival lain yang bisa dinikmati.

Negara Mongolia merupakan salah satu contoh negara yang masih mempertahankan budaya, menghormati pahlawan, dan masih banyak keunikan lainnya. Negara ini memang berpenduduk sedikit namun aspek pendidikannya tidak kalah dengan bangsa lain. Itulah beberapa fakta menarik tentang Mongolia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply