Currently set to Index
Currently set to Follow

Lihat Keindahan Pagoda Berastagi, Yuk!

Berastagi merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki bangunan yang indah nan unik, yaitu Pagoda Berastagi. Pagoda ini akan mengingatkan kalian pada sebuah Pagoda yang ada di Negara Myanmar, yaitu Pagoda Shwedagon. Tidak dipungkiri bahwa Pagoda Berastagi terinspirasi dari Pagoda Myanmar. Pagoda Berastagi adalah pagoda yang paling tinggi, paling megah dan paling besar di Indonesia serta meraih rekor MURI dengan kategori pagoda paling tinggi se-Indonesia. Jika kalian berkesempatan untuk berwisata ke Berastagi, pastikan untuk mampir ke tempat ibadah umat Budha ini.

Menengok Keunikan Pagoda Emas Berastagi

Kalian mungkin penasaran, mengapa pagoda ini bisa mencatatkan rekor MURI. Pagoda yang terletak di Taman Alam Lumbini, Brastagi, Dolat Rayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini memang sangat menakjubkan. Baik ukuran, desain, kemegahan dan semua hal tentang pagoda ini memang cukup menarik.

Berikut ini deskipsi kemegahan dan keindahan Pagoda Berastagi. Diantaranya adalah :

1. Ukuran

pagoda berastagi
Oleh: https://ragamwisatasumaterautara.wordpress.com/

Pagoda Berastagi atau yang juga dikenal dengan nama Pagoda Lumbini memiliki panjang bangunan sepanjang 68 meter, lebar 68 meter dan tinggi 46,8 meter. Pagoda ini berdiri di dalam Taman Alam Lumbini yang memiliki luas sekitar 3 hektar. Bangunan megah ini terdiri dari 2958 Rupang Budha, 30 Rupang Arahat dan 108 Relik Suci. Semua benda ini didatangkan langsung dari Myanmar.

2. Desain

pagoda berastagi
Oleh: https://travelingyuk.com/

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pagoda Berastagi ini merupakan replika dari pagoda yang ada di Myanmar. Jadi, bisa dibilang bentuknya sama persis dengan yang ada di Myanmar. Pagoda ini berwarna kuning keemasan. Jika kalian melihatnya dari kejauhan, pagoda ini akan nampak bersinar. Jika didatangi dari dekat, kalian akan semakin melihat kemegahannya.

Saat kalian masuk ke kawasan pagoda, kalian akan disambut dengan pintu berdesain sangat unik yang mencerminkan etnik kesukuan. Pintu ini dibuat oleh seniman yang berasal dari Myanmar. Di dalam pagoda ini, kalian juga akan menemukan puluhan lonceng yang akan berbunyi ketika diterpa angin. Bunyi loncengnya cukup unik dan merdu.

Kalian akan menemukan empat ruangan berukuran medium di bagian sisi pagoda yang dipergunakan sebagai ruangan Budha. Di bagian tengah, ruangannya dipergunakan untuk sembahyang oleh umat Budha dan para pengunjung. Di sini, kalian juga akan menemui banyak relief-relief dan patung Budha yang menghiasi setiap sudut Pagoda.

Kalian juga akan melihat empat patung Budha berukuran besar yang terbuat dari bebatuan marmer yang dipoles indah. Pada bagian kiri Pagoda, kalian akan menemukan sebuah bangunan menara yang puncaknya berbentuk berkisar. Ada satu hal unik lagi yang ada di sini, ketika memasuki area Pagoda, kalian akan disambut oleh jembatan gantung yang mempunyai panjang sekitar 20 meter.

3. Penghuni

pagoda berastagi
Oleh: https://www.antarafoto.com/

Pagoda ini bukanlah bangunan kosong atau yang hanya dipergunakan untuk destinasi wisata. Pagoda Berastagi benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan dan ritual ibadah umat Budha di sekitarnya. Banyak juga umat Budha dari penjuru tanah air yang khusus datang ke lokasi ini untuk beribadah. Saat acara peresmian, Pagoda Lumbini dihadiri oleh sekitar 1300 biarawan. Selain itu, ada juga sekitar 200 orang dari berbagai belahan dunia yang merupakan umat awam.

4. Kegiatan Ibadah

pagoda berastagi
Oleh: https://travel.kompas.com/

Di dalam pagoda Berastagi, kalian akan menemui sebuah pohon besar yang bernama Pohon Harapan atau Permohonan. Kalian bisa membuat sebuah permohonan untuk kemudian digantungkan pada dahan atau ranting pohon.

Jika kalian berkunjung ke tempat ini, kalian harus mengikuti peraturan yang berlaku. Pastikan kalian melepas sandal atau sepatu di tempat ibadah ini sebagai bentuk penghormatan. Kalian tidak diijinkan untuk merekam apapun terkait segala hal yang ada di dalam pagoda.

Jika hendak mengambil foto, ada titik-titik tertentu yang diperkenankan untuk diambil gambarnya. Pastikan untuk tidak ramai, gaduh atau berisik ketika berada di dalam ruangan pagoda. Pada dasarnya, tempat ini adalah rumah ibadah.

Pagoda Berastagi memiliki nama lain yaitu Pagoda Emas. Menjadi salah satu keunikan yang ada di Indonesia, Pagoda Berastagi wajib kalian kunjungi. Kalian akan merasakan suasana yang berbeda di tempat ini. Tanpa suara gaduh dan riuh, kalian pasti akan betah dan merasa nyaman berada di dalamnya.

Leave a Reply