Apa Saja Negara Terdingin di Dunia? Cari Tahu, Yuk!

Udara dingin yang terjadi di setiap negara pasti berbeda-beda. Biasanya hal ini dikarena suhu yang terdapat pada setiap negara juga berbeda. Selain Indonesia yang merupakan negara tropis, di belahan bumi lainnya terpadat negara yang mayoritas memiliki 4 musim. Salah satunya adalah musim dingin dengan salju yang juga membuat udara menjadi sangat dingin. Ada beberapa alasan mengapa sebuah negara menjadi sangat dingin, selain lokasi, iklim dan juga datarannya. Kali ini kita akan membahas negara-negara di dunia yang memiliki suhu paling dingin. Disimak, ya! 

 

1. Norwegia

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Negara yang terletak di bagian utara Benua Eropa ini termasuk salah satu negara terdingin di antara banyak negara dingin di dunia. Norwegia dengan bentang alam yang mayoritas adalah pegunungan menyebabkan datarannya lebih tinggi dari permukaan laut pastinya. Pada bagian utara Norwegia terdapat daerah yang disebut sebagai tanah matahari tengah malam. 

Kondisi di negara ini cukup unik, karena matahari tidak tenggelam di musim panas dan juga tidak terbit pada saat musim dingin. Rata-rata suhu setiap tahunnya adalah 1,50 derajat celcius. Sedangkan iklim umumnya adalah iklim temperatur.

 

2. Rusia

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Rusia memiliki area paling luas di dunia, dimana wilayahnya sebagian besar adalah kutub. Oleh karena itu, negara ini mendapatkan julukan negara terluas. Selain itu, Rusia juga menjadi salah satu negara terdingin di dunia yang pernah diketahui yang ada di posisi kedua terdingin.

Luas Rusia dimulai dari bagian timur Benua Eropa hingga bagian utara Benua Asia. Beberapa daerah di Rusia memiliki dua macam iklim yang berbeda, yaitu pada bagian selatan Rusia memiliki iklim yang lebih panas dibandingkan dengan bagian utara yang lebih dingin.

 

Baca Juga  Sudah Tahu Tentang Walisongo? Ayo, Kita Cari Tahu!

3. Mongolia

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Selanjutnya adalah Negara Mongolia, yaitu negara terdingin ketiga dimana letak negara ini berada di benua Asia. Mongolia berbatasan dengan Rusia di bagian utara dan berbatasan dengan China pada bagian selatan. Bahkan, di bagian selatan Mongolia memiliki iklim yang lebih hangat karena dekat dengan gurun Gobi. Tapi untuk musim dingin di Mongolia bisa mencapai -30 derajat celcius. Suhu pertahun di Mongolia adalah -0,70 derajat celcius.

 

4. Kanada

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Negara Kanada juga masuk hitungan negara terdingin karena lokasinya berada di bagian utara Benua Amerika. Selain dekat dengan bagian utara Amerika, yang mempengaruhi suhu dingin di Kanada adalah letak Kanada yang berada sangat dekat Kutub Utara bumi. Perbatasan antara Kanada dengan Alaska terletak di bagian utara, lalu untuk bagian selatan berbatasan dengan Amerika Serikat. 

 

5. Finlandia

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Baca Juga  Cerita Dongeng Anak Terpopuler Sepanjang Massa

Negara terdingin berikutnya adalah Negara Finlandia yang berada di daerah Eropa utara. Negara Finlandia memiliki banyak julukan, diantaranya adalah negara dengan sistem pendidikan terbaik dan negara paling utara di dunia. Suhu yang dimiliki Finlandia per tahunnya yaitu 1,70 derajat celcius, karena itu dikatakan sebagai negara terdingin di dunia urutan ke lima.

 

6. Islandia

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Masih ada lagi negara terdingin di dunia berikutnya, yaitu Islandia. Dimana negara ini merupakan negara kepulauan dan terletak di bagian utara Atlantik, serta memiliki iklim subarktik. Negara lain yang memiliki posisi lintang yang sama dengan Islandia, memiliki suhu yang lebih hangat. Islandia memiliki suhu yang dingin dikarenakan adanya arus Atlantik. Itulah alasannya mengapa negara ini masuk dalam urutan negara terdingin secara keseluruhan dunia.

 

7. Swedia

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Negara Swedia adalah Negara yang berlokasi di bagian utara Benua Eropa. Negara yang dikenal sebagai negara asal dari pemain bola dunia Zlatan Ibrahimovic ini, sebagian besar lahannya didominasi oleh hutan. Meskipun negara ini dikatakan sebagai salah satu negara terdingin di dunia dan terletak di bagian utara bumi, tapi iklim di Swedia lebih hangat dengan rata-rata suhu per tahunnya 2,1 derajat celcius. 

 

8. Estonia

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Ada juga Negara Estonia yang merupakan negara yang terletak di bagian utara Benua Eropa. Negara ini memiliki iklim kontinental. Di Estonia pun memiliki 4 musim yang sama dengan negara lainnya. Negara Estonia merupakan negara terdingin di dunia peringkat ke-8. Walaupun termasuk negara terdingin, Estonia masih memiliki suhu yang hangat dibandingkan dengan negara sebelumnya.

 

Baca Juga  Makna di Balik Sekapur Sirih

9. Kirgistan

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Kirgistan adalah salah satu negara yang terdapat di  Asia Tengah, dan negara ini menjadi yang paling dingin untuk bagian Benua Asia. Diketahui negara ini hanya dikelilingi oleh daratan dan pegunungan, sehingga Kirgistan tidak memiliki garis pantai. Dua bagian dari negara ini cukup berbeda. Pada bagian selatan memiliki iklim subtropis dan di bagian utara menjadi lebih dingin. Selain itu, pada saat musim dingin tiba beberapa daerah gurun di negara ini sering terjadi hujan salju yang terjadi cukup konstan. 

 

10. Tajikistan

negara terdingin di dunia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

 

Mungkin Teman-Teman juga baru mengetahui, bahwa Negara Tajikistan termasuk ke dalam negara terdingin kedua di Asia. Negara ini terletak di kawasan Asia Tengah. Beberapa Negara yang mengelilingi negara ini antara lain adalah Uzbekistan, Afghanistan, China, dan Kirgistan. Negara ini pun memiliki mayoritas daratan untuk semua wilayahnya. Suhu rata-rata per tahunnya adalah 2 derajat celcius.

Tadi adalah beberapa nama negara yang masuk dalam urutan negara terdingin di dunia. Suhu dingin di negara-negara tersebut bisa dikarenakan posisi atau letak wilayah negaranya yang memang berada pada iklim yang sangat dingin. Oleh karena itu, persiapkan banyak mantel atau jaket jika Teman-Teman memiliki rencana untuk mengunjungi negara-negara tersebut, ya!

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!