Pernah Lihat Tanaman Pacar Air? Ayo, Kita Kenalan!

Pacar air merupakan salah satu tanaman yang sering kali dijadikan penghias. Tanaman ini memiliki bunga dengan warna dan bentuk yang cukup cantik. Tidak mengherankan jika pacar air sering ditemukan di taman-taman rumah atau taman umum.

Hanya saja, bunganya sangat mudah rontok sehingga sering kali harus berulang kali dibersihkan jika ingin terlihat lebih indah dan rapi. Akan tetapi, hal ini tidak menghalangi para pecinta bunga untuk tetap memelihara dan mengoleksinya. Apakah kalian pernah melihat bagaimana penampakan bunga pacar air?

Ciri dan Manfaat Tanaman Pacar Air

Pacar air adalah tanaman yang awalnya berasal dari daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman ini mulai masuk ke kancah dunia terutama Amerika pada abad ke 19. Memiliki nama latin Impatiens balsamina L, pacar air tergolong sebagai tanaman hias. Berikut ini akan diuraikan lebih rinci mengenai ciri, karakter, dan manfaat tanaman pacar air, diantaranya adalah :

1. Ciri fisik tanaman pacar air

tanaman pacar air
www.pertanianku.com

Tanaman pacar air hidup di daerah tropis, namun tanaman ini tidak bisa hidup jika tidak ada air. Artinya, area yang ditumbuhi tanaman ini harus selalu basah dan tidak boleh kering.

Pacar air bisa hidup di daerah dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1200 mdpl. Itulah mengapa, tanaman pacar air sangat cocok untuk ditanam di kebun yang dengan rutin selalu disiram.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai sekitar 80 hingga 90 cm. Tanaman ini memiliki jenis akar serabut untuk menunjang tumbuh tingginya. Batang tanaman ini merupakan jenis batang basah seperti batang tanaman bayam.

Batangnya bulat, lunak, mudah koyak dan berwarna hijau agak kekuningan. Sebenarnya, tanaman ini bisa hidup tanpa akar. Hal ini karena batangnya memiliki kemampuan menyerap air. Hanya saja, kalian harus meletakkannya dalam wadah berisi air.

Pacar air memiliki jenis daun yang bergerigi pada tepinya. Pada bagian ujung daun,  ia meruncing seperti membentuk ujung tombak. Daunnya berwarna hijau pucat atau hijau muda. Bunga pacar air beraneka ragam warnanya.

Bentuknya seperti bunga anggrek. Bunga pacar air tumbuh pada bagian ketiak batang. Bunga ini memiliki beragam warna yang sangat menarik seperti merah, pink, orange, putih hingga ungu. Bagian bunga dari tanaman ini adalah daya tarik tersendiri bunga pacar air.

Pacar air memiliki buah yang menghasilkan biji untuk proses berkembang biak. Bentuk buahnya adalah lonjong dan berwarna kuning pucat. Buah ini tidak bisa dikonsumsi ya, teman-teman!

Buah pacar air hanya mengandung biji yang akan digunakan untuk proses pembiakan selanjutnya. Namun jika kalian nekat memakannya, buah pacar air akan terasa pahit, pedas dan ternyata beracun.

2. Cara perkembangbiakan tanaman pacar air

tanaman pacar air
steemit.com

Tanaman pacar air menghasilkan buah yang nantinya akan banyak menghasilkan biji di dalamnya. Bijinya berasal dari buah yang ketika disentuh akan ‘meletus’. Bijinya tersembunyi di dalam kelopak buah.

Biji ini akan terbang atau terjatuh tertimpa angin dan akan tumbuh menjadi tanaman pacar air yang baru. Beberapa orang mungkin akan dengan sengaja mengambilnya untuk ditanam di tempat lain.

Tanaman ini selain sangat disukai manusia, ternyata juga disukai oleh lebah dan serangga lain. Bunganya yang berwarna-warni memancing kehadiran hewan-hewan ini. Pacar air menjadi sumber makanan bagi para lebah dan serangga ini.

3. Manfaat tanaman pacar air

tanaman pacar air
bibitbunga.com

Meskipun bukan termasuk tanaman obat, pacar air dipercaya bisa dijadikan salah satu tanaman alternatif untuk mendapatkan pengobatan tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan meminum air rebusan daun dan bunga pacar air, diantaranya adalah :

  • Bisul
  • Keputihan
  • Kanker saluran pencernaan
  • Sebagai anti inflamasi
  • Mempermudah persalinan
  • Mencegah kanker
  • Mengatasi nyeri haid
  • Mengatasi radang usus buntu
  • Mengatasi rematik sendi

Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa wanita hamil sangat tidak dianjurkan untuk meminum rebusan dari daun, bunga, ataupun biji tanaman ini. Hal ini dikarenakan ada kandungan tertentu dalam pacar air yang menyebabkan atau memicu kontraksi uterus yang bisa membahayakan janin.

Itulah beberapa informasi mengenai tanaman pacar air. Tanaman ini secara fisik memang merupakan tanaman yang cukup cantik untuk dijadikan penghias ruangan atau taman. Warnanya indah serta bentuk daunnya yang unik menjadi ciri khas tersendiri.

Leave a Reply