7 Penulis Cerita Anak yang Karyanya Menjadi Fenomenal

buku jk.rowlingDunia anak-anak adalah dunia yang penuh dengan imajinasi. Anda bisa memberikan cerita anak yang mendidik dan memiliki pesan moral positif sebagai bekal anak untuk masa remaja dan masa dewasanya. Di dunia ini, banyak sekali penulis cerita anak-anak. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang karyanya diangkat ke layar lebar.

Dari mulai suatu kisah yang menghibur, kisah yang dekat dengan keseharian anak-anak, bahkan kisah dengan karakter anak yang menggemaskan diciptakan oleh penulis cerita dengan sebaik mungkin. Dibumbui dengan sedikit fantasi, ini akan membuat ceritanya menjadi semakin sempurna. Siapa sajakah penulis cerita anak yang karyanya menjadi fenomenal dan dibaca oleh ribuan orang di dunia?

7 Penulis Cerita Anak yang Karyanya Fenomenal di Dunia

Nah, siapa kira-kira penulis favorit Anda? Apakah mereka masuk dalam jajaran penulis cerita anak paling fenomenal di dunia?Simak penjelasan berikut ini ya.

  1. JK Rowling

Apakah Anda sudah pernah membaca novel Harry Potter? Novel yang menceritakan kisah anak-anak di sekolah sihir rupanya tidak hanya disukai oleh anak-anak saja. Banyak orang dewasa yang suka dengan ceritanya yang tidak disangka-sangka. Novel Harry Potter pun juga berhasil difilmkan dengan penotonnya yang sangat luar biasa.

JK Rowling berhasil mencuri perhatian dari berbagai macam kalangan mulai dari kisah pertamanya yaitu Harry Potter and the Philosopher’s Stone yang ia luncurkan pada tahun 1997 hingga Harry Potter and the Deathly Hallows yang diluncurkan pada tahun 2007.

Kisah Harry Potter dari kecil hingga dewasa terus dikembangkan oleh JK Rowling dan membuat pembacanya semakin penasaran tentang apa yang ia tuliskan. Kisah harry Potter yang tumbuh dengan sangat menantang membuat semua orang menunggunya.

Bahkan, kisah ini telah difilmkan dengan tokoh yang sangat menginspiratif. Menariknya lagi, para tokoh yang memerankan dari film yang pertama hingga terakhir adalah tokoh yang sama. Jadi, Anda bisa menyaksikan tumbuh kembang mereka dari kecil hingga dewasa dalam film tersebut. Apakah masih ada yang menunggu lanjutan dari Harry Potter?

  1. R.R Tolkien

Jika Anda sudah pernah membaca cerita anak The Lord of the Rings dan The Hobbit,  jangan mengatakan jika tidak kenal dengan penulis yang sangat inspiratif ini.

Banyak penulis cerita untuk anak yang mengusung cerita fantasi dan kemudian dijadikan genre sendiri.

Dalam berbagai kisah yang telah ditulisnya, akhirnya diketahui bahwa penulis ini memiliki 4 orang anak yang kerap kali mengirimkan kartu ucapan natal ketika mereka masih kecil. Berbagai tokoh pun kerap menjadi karakter yang menarik seperti Snow Man, North Polar Bear, dan masih banyak lagi .

Hingga sekarang, karya-karya yang dituliskan oleh Tolkien ini pun telah dibaca oleh ribuan orang di seluruh dunia.Bahkan, The Hobbit serta The Lord of the Rings pun berhasil difilmkan dengan animasi yang sangat mempesona.

  1. Lewis Carroll

Apakah Anda kenal dengan karakter Allice? Yaps, Allice Adventures in the Wonderland adalah salah satu cerita anak terbaik yang pernah dituliskan oleh Carroll. Penulis klasik yang satu ini berhasil menarik perhatian dunia dari cerita Allice ini. Berbagai anak-anak dari penjuru negeri sangat tertarik untuk membaca cerita Allice yang sangat menantang.

Rupanya, cerita Allice Adventures in Wonderland  ini juga telah ditayangkan dalam sebuah film bergenre fantasi dengan ragam animasi yang sangat mempesona berpadu di dalamnya.

Carroll yang memiliki karakter dan pribadi yang sangat unik ini berhasil membawakan kisah anak yang mendidik dan dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Allice Adventures in Wonderland adalah salah satu karya terbaiknya yang ditulis pada  tahun 1865 dan terbukti masih populer dan fenomenal hingga tetap dibaca oleh anak-anak zaman sekarang ini.

  1. C.S Lewis

Apakah Anda adalah salah satu yang setia mengikuti film Narnia? Jangan salah, kisah Narnia merupakan salah satu kisah yang diadaptasi dari sebuah novel yang dikarang oleh C.S Lewis. The Chronicles of Narnia adalah salah satu tulisan terbaiknya yang berhasil terjual hingga lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia.

Saking menariknya novel Narnia ini kemudian diadaptasi dalam 47 bahasa sehingga anak-anak dari seluruh penjuru dunia bisa menikmatinya dengan lebih leluasa. Dunia yang penuh dengan keajaiban memang diceritakan dalam kisah Narnia yang sangat menantang tersebut

Dunia yang penuh keajaiban dan fantasi tersebut lah yang menjadi salah satu daya tarik yang membuat anak-anak ingin terus menikmati novel Narnia. Tidak sampai itu saja lho, pembaca yang masih anak-anak pun bisa dibuat menangis dengan akhir cerita yang ditampilkan di novel Narnia.

Hingga sekarang ini, Novel Narnia karangan C.S Lewis ini telah diadaptasi dalam sebuah film fantasi yang mendapat sambutan yang sangat positif dari orang-orang di seluruh dunia. Banyak sekali anak-anak yang menonton film ini secara berulang-ulang karena kisahnya yang sangat seru.

  1. Philip Pullman

Jika penulis lain dikenal dengan cerita yang penuh dengan fantasi, maka Philip Pullman lebih dikenal dengan trilogy yang dituliskannya. Penulis cerita anak yang berasal dari Inggris ini menjadi fenomenal dengan salah satu karya triloginya berjudul His Dark Materials yang ditulis pada tahun 1946.

Karya pertamanya dengan bagian Norhtern Lights kemudian berhasil diadaptasi dalam sebuah film yang snagat menarik berjudul Golden Compass. Namun bagi mereka yang suka cerita yang ringan mungkin tidak akan terlalu cocok dengan karya Golden Compass karena beberapa bagian di dalamnya dinilai terlalu gelap.

  1. David Walliams

Penulis cerita anak ini dikenal dengan buku-bukunya yang berjudul The boy in Dress, Mr Stink, Awful Auntie dan masih banyak lagi buku-buku yang kini membuatnya menjadi seorang miliarder di dunia.

Meskipun beberapa karyanya tidak sefenomenal Harry Potter yang ditulis oleh JK Rowling, namun tingkat penjualan buku dari karya yang ditulis David Wallliams ini nyatanya lebih besar dibandingkan dengan buku yang ditulis oleh JK Rowling.

Tokoh  penulis cerita anak yang sangat bertalenta ini mampu mencetak 295 miliar dari penjualan bukunya pada tahun 2017 lalu. Angka yang benar-benar fantastis dari penjualan sebuah buku, bukan?

  1. Jeff Kiney

Penulis cerita anak yang satu ini juga berhasil membuat sebuah cerita yang menarik untuk anak-anak. Salah satu bukunya pun berhasil diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan judul Diara si Bocah Tengil. Penjualan dari terjemahan cerita anak karya Jeff Kiney ini berhasil terjual 180 juta eksemplar di Indonesia. Bagaimana dengan di negara lainnya, ya? Pasti juga sangat banyak.

Demikianlah deretan penulis cerita anak yang sukses berkat karya-karya tulisan yang luar biasa, dan berhasil menginspirasi anak-anak di dunia. Semoga akan ada penulis-penulis berbakat lainnya, untuk menciptakan kreativitas yang baru untuk generasi di masa yang akan datang.

Leave a Reply