Bunga Bakung, Bunga dengan Banyak Rahasia Tersembunyi!

Bunga bakung lebih dikenal dengan nama bunga lili di kalangan masyarakat luas. Bunga ini biasanya dipakai untuk membuat rangkaian bunga dalam acara perjamuan atau hadiah karena memiliki bentuk, warna, dan corak yang cantik nan menawan. Beberapa orang menganggap bunga ini sebagai lambang kesucian, kesederhanaan, kemurnian, dan kebahagiaan.

Dengan kepopulerannya, ternyata bunga bakung memiliki beberapa fakta tersembunyi yang tidak diketahui oleh banyak orang, lho! Kira-kira apa saja rahasianya, ya? Penasaran? Yuk, kita bongkar semua rahasia bunga bakung bersama-sama!

Tujuh Fakta Menarik Bunga Bakung

Bunga bakung merupakan salah satu bunga paling dicari oleh para pencinta dan penikmat keindahan bunga. Para kolektornya pun berlomba-lomba untuk mengumpulkan variasi dari bunga ini. Kita simak berbagai fakta menarik yang dimiliki bunga ini, yuk! Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Salah Satu Bunga dengan Spesies Terbanyak

bunga bakung

Gambar oleh Luidmila Kot dari Pixabay

Siapa sangka, ternyata bunga bakung merupakan salah satu bunga yang memiliki spesies terbanyak di dunia, lho Teman-Teman! Setidaknya terdapat 108 jenis bunga yang dimiliki oleh bunga ini.

Setiap jenis bunga bakung memiliki keunikan tersendiri, tentu menjadi pembeda antarjenis bunga tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu faktor banyaknya kolektor yang mengumpulkan berbagai jenis bunga bakung untuk dijadikan sebagai bunga hias di kantor atau rumah.

2. Bunga Bakung dapat Dikonsumsi

bunga bakung

Gambar oleh Chesna dari Pixabay

Ingat tidak semua bunga bakung dapat dikonsumsi oleh kita, ya Teman-Teman! Hanya beberapa dari ratusan spesies bunga bakung yang dapat dimakan oleh manusia. Salah satunya adalah daylily, bunga yang memiliki aroma melon ini sering kali dipakai untuk menghias piring dan dijadikan campuran salad.

Apabila kalian memakannya, rasanya akan seperti asparagus dan zucchini, lho Teman-Teman! Kandungan gizinya pun banyak, seperti flavonoid, protein, pati, lemak, dan karotenoid.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan

bunga bakung

Gambar oleh GLady dari Pixabay

Selain dapat dikonsumsi, bunga bakung juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Seperti, mencegah kanker, mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, mempercepat regenerasi sel kulit, dan mengobati penyakit lambung, batuk, serta amandel.

Berbagai kandungan dalam setiap bagian bunga bakung memiliki khasiat tersendiri. Kandungan saponin dalam bunganya berfungsi mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh, biasanya kandungan ini terdapat dalam kosmetik agar mencegah kanker kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Kelopak bunganya pun mengandung antioksidan tinggi. Mengonsumsi seduhan kelopak bunganya dapat membantu regenerasi dan melembutkan kulit kalian. Selain kelopaknya, umbi dari bunga ini memiliki khasiatnya tersendiri. Efek farmakologisnya dapat menyembuhkan batuk dan amandel yang diderita oleh seseorang. Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan mengeringkan umbi bunga bakung terlebih dahulu, rebuslah umbi tersebut, dan minum air rebusannya. Kandungan enzim dalam umbi bunga tersebut juga dapat mengobati penyakit lambung, lho!

 4. Aroma Parfum

bunga bakung

Gambar oleh Stephen Marc dari Pixabay

Jenis bunga bakung yang biasa dipakai untuk mendapatkan aroma parfum adalah bunga bakung putih (lili putih) dan bunga bakung macan (lili macan). Biasanya, kedua jenis bunga tersebut memiliki aroma manis yang dapat dijadikan sebagai dasar wewangian dalam pembuatan produk parfum atau produk yang membutuh aromanya, seperti hand cream. hand and body, dan sabun.

5. Tumbuh di Segala Daerah

bunga bakung

Gambar oleh Marina Pershina dari Pixabay

Bunga bakung terkenal dengan kemampuannya yang dapat tumbuh dengan baik di segala daerah. Entah daerah itu dataran tinggi, rendah, bersuhu dingin, dan panas. Bahkan, bunga ini tumbuh di berbagai belahan dunia, seperti benua Asia, Eropa, Amerika, dan Australia.

6. Usia yang Panjang

bunga bakung

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Biasanya bunga lain memiliki waktu bertahan dalam vas hanya 3-4 hari saja ketika terlepas dari induknya. Bunga bakung dapat bertahan 7-14 hari dan tetap segar. Namun, kalian tetap harus membersihkan serbuk sari yang jatuh pada kelopak bunganya. Serbuk sari tersebut dapat menyebabkan proses layunya bunga dengan lebih cepat.

7. Beracun bagi Kucing

bunga bakung

Gambar oleh DanaTentis dari Pixabay

Berbeda dengan manusia, bagi kucing bunga bakung merupakan tanaman yang sangat berbahaya bagi keselamatannya. Jika kalian senang memelihara kucing, diharapkan untuk tidak menyimpan atau menanam bunga bakung di pekarangan rumah, karena bunga tersebut dapat menjadi racun bagi kucing.

Apabila kucing tidak sengaja memakannya, nyawanya dapat tak terselamatkan. Bahkan, serbuk sarinya yang beterbangan pun dapat membahayakannya. Biasanya, gejala awal yang dialami oleh kucing setelah memakan bunga ini adalah kurang nafsu makan, depresi, dan muntah.

Berikut jenis bunga bakung yang harus dihindari oleh kucing, yaitu easter lily, japanese show lily, tiger lily, rubrum lily, stargazer lily, asiatic lilyes, dan daylily. Bawalah segera ke dokter jika kucing tersebut tidak sengaja menelan salah satu dari jenis bunga tersebut, ya!

Wah, banyak sekali rahasia yang dimiliki oleh bunga bakung, ya Teman-Teman! Berbagai fakta menarik yang dimilikinya pun telah terungkap. Oleh karena itu, kita harus menjaga berbagai tumbuhan cantik yang ada di dunia ini, jangan sampai kita merusaknya! Peliharalah dengan baik setiap makhluk hidup yang ada di berbagai belahan dunia ini. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Ingat! Jangan menyimpan atau menanam bunga bakung kalau di rumah kalian ada kucing, ya Teman-Teman!

Leave a Reply