header-artikelku

alpukat

Siapa, sih yang tak tahu buah alpukat? Ya, buah ini memang mudah kita temui. Bukan hanya memiliki rasa yang begitu lezat. Namun buah alpukat juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, lho jika dikonsumsi secara teratur!

Namun karena mungkin banyak yang belum tahu apa saja manfaat dari buah alpukat, tak heran jika beberapa orang tidak terlalu menyukai buah ini. Agar Teman-Teman juga semakin tahu apa saja manfaat dari buah Alpukat, berikut adalah ulasan tentang alpukat yang bisa kalian baca secara lebih lengkap.

Menjaga Kesehatan Jantung

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos

Teman-Teman wajib tahu jika buah alpukat memberikan manfaat yang begitu baik untuk menjaga kesehatan jantung lho! Pasalnya, kandungan lemak tak jenuh yang begitu tinggi pada buah alpukat akan lebih mempermudah membantu mengontrol kadar kolesterol pada tubuh manusia.

Bahkan bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas bisa menambahkan buah alpukat ke dalam menu makanannya. Karena buah alpukat mampu mengontrol kadar kolesterol LDL pada tubuh orang yang mengalami kondisi obesitas. Ketika kadar kolesterol seseorang terjaga dengan baik. Maka orang tersebut akan terhindar dari kemungkinan terserangnya penyakit jantung.

Mengurangi Gangguan Metabolik

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos

Sebuah studi menunjukkan jika buah alpukat terbukti mampu mengurangi kadar resiko terserangnya sindrom metabolik. Jika dilihat dari artinya kondisi sindrom metabolik adalah suatu keadaan yang bisa meningkatkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut antara lain seperti stroke, penyakit arteri, diabetes, dan beberapa penyakit lainnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika buah alpukat memiliki kandungan kadar lemak tak jenuh yang begitu tinggi. Nah, dari kadar lemak tak jenuh yang tinggi ini berpotensi mengontrol kadar gula darah sekaligus menghentikan resistensi insulin. Tentunya agar tubuh Teman-Teman semakin sehat, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah alpukat sebagai tambahan menu makanan.

  Mengenal Lambang Negara Indonesia, Yuk!

Mampu Mencegah Cacat Sejak Lahir Bagi Bayi

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos

Bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Sebab adanya kandungan asam folat di dalamnya dipercaya baik untuk kondisi janin. Pasalnya kandungan folat pada buah alpukat bisa membantu terbentuknya jaringan baru dan pembentukan sel. Menariknya lagi kandungan folat pada buah alpukat bisa membantu mengurangi resiko terjadinya bayi cacat sejak lahir. Beberapa kondisi cacat pada bayi yang bisa diantisipasi dengan bantuan buah alpukat adalah Spina Bifida dan juga cacat tabung saraf. Maka dari itu para peneliti memberikan anjuran jika alpukat adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi baik untuk para ibu hamil. 

Sistem pencernaan yang semakin lancar

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Bagi Teman-Teman yang memiliki kondisi pencernaan kurang lancar, bisa mengkonsumsi buah alpukat agar kondisi pencernaan kembali normal. Adanya bantuan buah alpukat dipercaya mampu membantu Teman-Teman untuk mendapatkan kondisi buang air besar secara lebih teratur. Sebuah artikel menyebutkan jika kandungan serat dan nutrisi dalam buah alpukat bisa berguna untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Menariknya buah alpukat adalah salah satu makanan yang rendah akan fruktosa. Jadi, Teman-Teman tak perlu khawatir akan kondisi lambung ketika mengkonsumsi buah alpukat sebab aman dan tidak akan menimbulkan penumpukan gas.

  Seperti Apa Cerita Komik Next G Gudang Bawah Tanah? Baca Sinopsisnya, Yuk!

Kesehatan kulit jadi lebih terjaga

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Salah satu kandungan yang terdapat dalam buah alpukat adalah vitamin C dan E. Dimana  adanya kandungan vitamin ini dipercaya baik bagi kesehatan kulit. Lebih spesifiknya lagi, adanya dukungan buah alpukat terhadap tubuh bisa membuat kondisi kelembapan kulit menjadi lebih terjaga.

Adanya kandungan vitamin C dan E juga terbukti bisa membantu menyembuhkan kerusakan kulit akibat terpapar oleh sinar matahari maupun faktor lingkungan. Bahkan sebuah penelitian juga menyebutkan akan hal sama, jika mengonsumsi alpukat bisa membantu mengurangi resiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Jadi, Teman-Teman bisa, nih memasukkan buah alpukat sebagai salah satu metode untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi buah alpukat begitu murah dan mudah ditemukan.

Menjaga kesehatan mata

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Tak hanya buah wortel saja, ternyata buah alpukat juga bisa membantu menjaga kesehatan mata lho! Bahkan mengkonsumsi buah alpukat secara teratur bisa membantu mengurangi resiko terjadinya gangguan penglihatan ketika memasuki usia tua. Dalam buah alpukat terdapat beberapa kandungan penting seperti lutein dan zeaxanthin. Dimana senyawa tersebut memang begitu penting untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan sebuah penelitian menunjukan kedua senyawa tersebut begitu penting untuk menjaga kesehatan mata seperti berkurangnya resiko penyakit katarak dan degenerasi makula.

Mencegah resiko terjadinya kanker

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos/

Teman-Teman wajib tahu ini, buah alpukat terbukti mampu menjaga tubuh agar terhindar dari serangan penyakit kanker. Hal ini karena buah alpukat memiliki kandungan berupa fitokimia. Kandungan tersebut tak hanya berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker. Bagi mereka yang sudah terkena kanker sekalipun bisa diobati dengan bantuan buah alpukat. Jadi, untuk menghindari tubuh dari kanker dan tentunya menjaga kesehatan, buah alpukat adalah salah satu pilihan. 

  Bermain Tanah Baik untuk Pertumbuhan Anak? Cari Tahu, Yuk!

Mencegah terjadinya gejala arthritis

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos

Kondisi gejala arthritis biasanya terjadi hanya pada masyarakat negara maju. Namun bukan berarti gejala ini tak bisa ditemukan di negara berkembang. Kebanyakan dari mereka yang mengalami gejala arthritis adalah yang sudah memasuki usia tua. Menariknya sudah banyak penelitian yang menyebutkan jika extrak buah alpukat bisa membantu mengurangi resiko osteoarthritis. Maka tak heran jika sampai saat ini banyak lansia yang kerap direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah alpukat.

Membantu proses penyerapan nutrisi

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos

Tak hanya bisa membantu proses pencernaan saja,  buah alpukat juga bisa membantu proses penyerapan nutrisi lh! Hal ini karena buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh dalam jumlah yang cukup tinggi.

Membuat badan lebih bugar

alpukat
Gambar Oleh: https://pixabay.com/id/photos

Sebuah studi menunjukkan jika orang yang mengkonsumsi alpukat akan lebih sehat dan bugar dibandingkan orang yang tak mengkonsumsi buah ini. Alasannya adanya alpukat bisa membantu kebutuhan asupan nutrisi menjadi lebih terjaga.

Menariknya lagi mereka yang memutuskan untuk mengkonsumsi buah alpukat memiliki berat badan yang lebih ideal. Tak heran bagi mereka yang melakukan program diet, akan memasukkan buah alpukat sebagai menu makanannya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah alpukat yang bisa kalian baca lebih lengkap. Memang betul jika buah tersebut bisa membuat kondisi tubuh jadi lebih sehat dan tetap terjaga.

error: Isi artikel ini dilindungi !!