manfaat boardbook islami
|

Manfaat Board Book Islami untuk Balita

Beli Buku Komik Next G Yuk!

Hay Moms, seperti yang sudah banyak diketahui bahwa memperhatikan tumbuh kembang anak sangatlah penting. Dengan begitu, Si Kecil kelak bisa menjadi anak yang pintar dan saleh/salehah. Salah satu cara parenting yang bisa dilakukan untuk membantu si kecil berkembang dan mengetahui ajaran islam ialah membaca board book yang berisi beragam cerita islami. Board book memiliki banyak manfaat. Untuk mengetahuinya, Kak Muffin akan paparkan manfaat board book islami untuk balita di bawah ini.

 

Apa itu Board Book?

Board book merupakan buku yang memiliki sampul dan halaman terbuat dari kertas berbahan keras, kaku, dan lebih tebal dibandingkan dengan halaman kertas pada umumnya. Kelebihan dari board book tentu tidak mudah sobek.

Pada usia dini, biasanya anak-anak sedang aktif bermain. Mereka akan mencoba banyak hal baru, seperti menyobek-nyobek kertas buku. Board book yang tidak mudah disobek, tentu akan membuatnya lebih awet dan bisa dibaca berulang-ulang. Selain itu, buku jenis ini juga dapat tahan air, sehingga tidak mudah rusak.

Umumnya, board book cocok untuk anak usia nol hingga tiga tahun, yang mana anak-anak bisa mulai memiliki buku bergambar sederhana. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai pilihan board book islami yang tersedia di toko buku atau online shop.

 

Manfaat Board Book Islami untuk Balita

Membaca buku untuk balita memiliki beberapa manfaat penting, di antaranya:

  1. Mengenal kosakata dan konsep

Membacakan buku atau cerita untuk anak dapat menambah kosakata. Sebuah studi mengungkapkan bahwa anak yang rutin mendengar cerita selama lima tahun pertama, akan mampu menerima sekitar 1,4 juta kosakata yang lebih banyak dari anak yang tidak dibacakan buku.

Selain itu, dengan dibacakannya buku anak juga juga mampu mengenal konsep angka, huruf, cerita, warna, dan bentuk, serta menambah informasi mengenai hal di sekitar mereka.

  1. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

Jika anak dibacakan buku secara rutin dapat meningkatkan imajinasi serta merangsang kreativitas. Kreativitas berperan dalam mengembangkan ide dan minat dalam diri anak dan membantunya untuk mengelola emosi saat nanti dewasa.

  1. Menambah Pengetahuan Tentang Ajaran Islam

Manfaat membaca buku sangat berperan penting untuk pengetahuan anak saat masa mendatang. Dengan dibacakannya buku islami anak menggunakan board book, belajar agama pun akan terasa tidak membosankan, justru lebih mengasyikan.

  1. Menanamkan Ajaran Islam yang Lebih Menyenangkan

Setiap orang tua yang baik, tentunya ingin anaknya mengetahui pendidikan Islam sejak dini. Supaya anak lebih mudah memahami dengan cara yang lebih menyenangkan, bisa dibacakan board book dongeng islami sebagai pengantar tidur. Berbagai ilmu, seperti tentang shalat dan berpuasa tentu akan lebih mudah disampaikan dengan cara yang lebih sederhana dengan gambar penuh warna.

  1. Memberikan Teladan yang Baik

Usia anak sangat rentan untuk meniru berbagai hal. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memberikan ilmu teladan yang baik kepadanya dengan melalui bacaan cerita islami. Dengan begitu, anak dapat menerima teladan baik yang bisa untuk ditiru dari karakter di dalam cerita, seperti board book Kisah Nabi Muhammad.

  1. Merangsang fungsi otak

Semakin seringnya membacakan buku untuk anak, tentu akan semakin aktif juga fungsi otaknya. Sebuah studi mengungkapkan bahwa membacakan cerita dapat membantunya untuk merangsang bagian otak yang terhubung dengan kemampuan berbahasa serta pemahaman.

Selain itu, jika dibacakan buku sejak dini, anak tentu akan terbiasa dan  lebih mudah belajar membaca.

  1. Mengembangkan Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif meliputi ingatan, perhatian, pemecahan masalah, penggunaan kata-kata, dan kemampuan berpikir logis. Kemampuan ini tentu sangat penting untuk membantu Si Kecil dalam bersosialisasi. Anda dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dengan membacakan buku secara rutin.

  1. Menstimulasi Perkembangan Sosial-Emosional

Membaca buku untuk anak dapat membantunya belajar memahami perasaan yang dirasakan oleh tokoh di dalam cerita. Hal ini, tentu akan menstimulasi perkembangan sosial dan emosional anak. Mereka pun juga dapat belajar mengatasi masalahnya sendiri dari berkaca melalui kisah-kisah yang pernah Dibacanya.

  1. Menjalin Bonding antara Orang Tua dan Anak

Bonding atau hubungan yang erat antara Anda dan anak akan terbentuk dengan membacakan buku untuknya. Membaca buku untuk anak sebagai cara tepat dalam menjalin interaksi dengan anak dalam menghabiskan waktu bersama.

Dengan begitu, akan membantu anak untuk tumbuh kembangnya serta menumbuhkankan rasa empati dan kecerdasan emosional.

  1. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi

Pada dasarnya, kegiatan membaca buku dilakukan tidak hanya satu arah, melainkan Anda membacakannya dan anak mendengarkan. Maka dari itu, setiap membacakan buku untuk anak, pastikan terjadinya komunikasi dua arah. Anda bisa mengajukan pertanyaan sepele, seperti “ada berapa ya, kambingnya?” hingga pada pertanyaan yang kompleks, seperti “Apa yang kamu rasakan setelah membaca cerita ini?”

  1. Menumbuhkan Minat Literasi Sejak Dini

Surah Al-qur’an pertama kali turun ialah surah Al-Alaq, yang mana kata pertama dari surah tersebut “Bacalah” sebagai perintah yang diturunkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, membaca merupakan hal yang sangat penting. Anda dapat menumbuhkan minat baca anak sejak dini dengan membacakannya buku. Dengan begitu, anak akan terbiasa.

 

Cara Memilih Board Book Islami Anak

Apakah Anda masih bingung dalam memilih buku islami anak? Sebenarnya, cukup sederhana. Berikut beberapa tips untuk memilihnya::

  1. Memilih Cerita yang Mudah Dipahami Anak

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah memilih buku cerita yang jalan ceritanya mudah untuk dipahami oleh anak-anak. Sebab, jalan cerita yang sulit, justru hanya akan membuat Si Kecil bingung dan tidak dapat menyerap ilmu di dalamnya. Supaya memudahkan, Anda bisa memilih cerita yang dekat dengan kehidupan.

  1. Menyesuaikan Buku dengan Usia Anak

Umumnya, setiap buku anak sudah diberikan keterangan usia anak yang disarankan. Tentu, isi dari buku tersebut disesuaikan dengan jenjang usia anak yang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Dengan begitu, buku yang dikhususkan untuk balita akan lebih mudah untuk Anda temukan.

Sebagai contoh, board book anak usia 2 tahun umumnya berisi cerita yang lebih singkat dan terkadang juga dilengkapi dengan pop up gambar, suara binatang, atau  boneka kecil. Sedangkan, board book anak yang usianya lebih, akan berisi cerita yang lebih panjang serta kompleks.

  1. Memperhatikan Detail dan Spesifikasi Board Book

Jika buku aktivitas anak yang Anda temukan tidak terdapat keterangan usia, maka hal yang tidak boleh Anda lewatkan ialah memperhatikan spesifikasi buku, baik itu dari segi ukuran buku, jumlah halaman, dan formatnya. Bagi usia balita, board book yang cocok untuknya ialah yang memiliki sedikit jumlah halaman, ukuran yang tidak terlalu besar, dan format tulisannya yang lebih besar.

 

Itulah, manfaat board book islami untuk balita dan tips memilih buku islami. Semoga informasi dan tips di atas dapat memberikan pengetahuan dan membantu anak Anda untuk mendapatkan tumbuh kembang yang lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *