buku bacaan islami untuk anak

Buku Bacaan Islami untuk Anak

Beli Buku Komik Next G Yuk!

Hay Moms, kali ini Kak Muffin akan sedikit membahas tentang arti penting literasi dan buku. Literasi menjadi salah satu simpul untuk meningkatkan kualitas kepribadian dan pengetahuan seseorang. Membacakan buku cerita anak bisa menjadi langkah awal untuk mengenalkan budaya literasi pada anak sejak usia dini, bahkan ketika mereka masih belum bisa membaca.

Isi atau konten sebuah buku dapat memberikan referensi dan pengetahuan tentang banyak hal. Hal inilah yang membuat buku bacaan menjadi salah satu kebutuhan dalam mendidik anak. Tidak salah jika kemudian buku sering disebut sebagai jendela dunia karena dapat memberikan pandangan dan cara pandang baru bagi pembacanya.

 

Aneka Ragam Buku Bacaan Islami untuk Anak 

Anak – anak yang sedang menjalani fase awal masa tumbuh kembang juga membutuhkan asupan pengetahuan. Buku bisa menjadi salah satu sumber pengetahuan tersebut dan orang tua diharapkan menjadi fasilitator bagi anak untuk mengakses pengetahuan tersebut.

Mengajak dan mengajarkan budaya membaca memang sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Langkah ini bisa dimulai dari mengenalkan anak pada buku cerita bergambar dan membacakan isi ceritanya. Buku cerita yang dilengkapi dengan gambar merupakan pilihan ideal untuk mengenalkan bacaan pada anak. Ada cukup banyak buku cerita Islami bergambar yang dapat dikoleksi seperti buku kisah nabi – nabi atau kisah – kisah hewan dalam Al Qur’an.

Selain buku cerita bergambar islami, masih ada beberapa jenis buku bacaan islami lain yang bisa menjadi alternatif bacaan untuk anak. Buku lain yang menarik untuk dipilih adalah buku bacaan dwi-bahasa yang bisa digunakan untuk mengenalkan anak pada bahasa Arab dan huruf hijaiyah.

Jika buku dengan banyak gambar menjadi pilihan ideal untuk mengajak anak mengenal aktivitas membaca buku, buku – buku dengan lebih banyak konten tulisan juga tidak kalah penting bagi tumbuh kembang anak. Buku – buku seperti buku kisah nabi muhammad untuk anak dapat menjadi pilihan untuk mengenalkan sejarah dakwah Islam pada anak dengan cara dibacakan oleh orang tua.

Aktivitas membacakan buku untuk anak ini tidak hanya sekedar aktivitas transfer ilmu pengetahuan, akan  tetapi juga membangun interaksi dan kedekatan emosional antara anak dengan orang tua.

 

Manfaat Buku Bacaan Islami Bagi Anak

Ada banyak manfaat buku bacaan secara umum yang bisa diperoleh anak, baik ketika dibaca sendiri oleh anak ataupun dibacakan oleh orang tua mereka. Manfaat serupa juga bisa diperoleh dari buku cerita islami yang sarat akan muatan nilai moral, akidah dan sejarah agama Islam.

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari aktivitas membaca buku bagi anak adalah merangsang dan meningkatkan perkembangan otak. Masa emas perkembangan otak anak terjadi antara usia 0 hingga 5 tahun, pada rentang waktu tersebut terjadi perkembangan otak yang akan berdampak langsung pada kemampuan sosial – emosional anak.

Pada masa tersebut anak juga akan mempelajari berbagai ketrampilan, mulai dari berbahasa hingga mengenali beragam hal dalam kehidupan dan memperkaya kosakata. Karena alasan inilah ketrampilan berbahasa seringkali lebih mudah diajarkan pada usia sebelum 5 tahun karena otak anak juga masih dalam tahap perkembangan yang pesat. Salah satunya dengan memanfaatkan media buku cerita bergambar islami.

Manfaat kedua dari aktivitas membaca buku dengan didampingi oleh orang tua adalah mempererat ikatan antara orang tua dan anak. Kesibukan orang tua dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak, terutama dari sisi emosional akibat kurangnya perhatian orang tua pada anak.

Aktivitas anak membaca buku bersama orang tua dapat menjadi waktu berkualitas yang mempererat komunikasi dan menunjukkan besarnya perhatian orang tua pada anak. Pada aktivitas ini juga dapat terjadi transfer pengetahuan tentang beragam hal, mulai dari informasi hingga aspek kehidupan yang bisa dilakukan langsung oleh orang tua kepada anak.

Manfaat ketiga yang bisa diperoleh anak dari aktivitas membaca buku adalah menemukan visi atau cita – cita untuk masa depan. Aktivitas membaca buku Islami bagi anak dapat memudahkan anak menemukan visi untuk melaksanakan perintah – perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya dengan tujuan mendapatkan kemuliaan kelak di akhirat. Membaca buku kisah nabi muhammad untuk anak dapat menjadi pilihan untuk tujuan tersebut.

Kekayaan referensi yang didapat dari membaca juga bisa membantu anak untuk mempelajari norma dan tanggung jawab dalam hidup. Hal ini nantinya akan membuat anak mampu menimbang risiko dan tanggung jawab dari keputusan – keputusan yang diambilnya.

Pemahaman sejak awal akan tujuan hidup ini bisa memudahkan anak untuk memetakan langkah – langkah yang harus dilakukan seiring pertumbuhannya menjadi manusia dewasa. Banyak orang gagal menemukan panggilan dan tujuan hidup karena tidak pernah mendapat cukup referensi dan bimbingan ketika masih dalam usia anak – anak.

Manfaat keempat dari aktivitas membaca buku adalah mengasah kemampuan konsentrasi dan mengingat. Hal ini penting karena ketrampilan tersebut akan memudahkan anak dalam belajar banyak hal, mulai dari aktivitas belajar di sekolah hingga aktivitas menghafalkan kitab suci Al Qur’an.

 

Tips Mengajak Anak Membaca Buku dan Memilih Buku Bacaan Islami

Kebiasaan anak untuk membaca buku merupakan salah satu hal yang harus diajarkan dan dibiasakan oleh orang tua. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak membaca buku sebagai bagian dari aktivitas belajarnya.

Pada saat anak masih belum bisa membaca sendiri, orang tua wajib aktif mengajak dan mendampingi anak untuk membaca buku. Ketika anak mulai mengajukan permintaan membaca buku, orang tua harus aktif menanggapi ajakan tersebut. Bacakan buku cerita anak yang diminta, bahkan ketika buku tersebut sudah pernah dibacakan sebelumnya.

Bacakan buku secara perlahan agar anak mendengar dan belajar memahami makna atau isi bacaan yang dibacakan. Orang tua bisa membaca dengan ekspresi yang menarik dan melakukan interaksi dengan anak melalui pertanyaan yang diajukan atau meminta anak menanggapi cerita yang dibacakan.

Sedangkan tips memilih buku bacaan Islami bagi anak bisa dimulai dengan memilihkan buku sesuai dengan usia anak. Anak – anak di usia dini umumnya menyukai buku cerita bergambar yang menarik secara visual dan menggunakan kalimat – kalimat pendek.

Pilih buku yang memiliki konten mendidik. Ada banyak buku Islami yang memiliki kualitas konten yang mendidik iman serta budi pekerti bagi anak, mulai dari kisah nabi dan rasul hingga kisah – kisah binatang yang diceritakan dalam kitab suci Al Qur’an.

Orang tua sebaiknya membaca buku baru sebelum memutuskan untuk membacakan untuk anak atau menyerahkan buku tersebut pada anak. Proses ini memungkinkan orang tua untuk memahami isi buku sekaligus melakukan proses sensor mengenai konten sekiranya ada bagian yang kurang sesuai dengan usia atau pemahaman anak.

Ada baiknya bagi orang tua untuk memulai aktivitas membacakan atau membaca buku dengan Basmallah sebagai wujud niat baik dan permohonan berkah ilmu pengetahuan dari Allah SWT. Kemudian mengakhirinya dengan Hamdallah sebagai wujud syukur atas waktu dan ilmu yang diperoleh dari aktivitas membaca.

Ok Moms, itulah beberapa hal mengenai aktivitas membaca buku dan memilih buku cerita islami yang Kak Muffin dapat bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan mampu membangkitkan semangat para orang tua untuk menanamkan kebiasaan rajin membaca pada anak – anak sejak usia dini.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *