Apa Saja Keunikan dari Jerapah?

Siapa yang tak kenal jerapah? Hewan jenis ini memang terkenal dengan lehernya yang panjang dan tinggi. Selain memiliki leher panjang, ada banyak sekali berbagai keunikan tentang hewan ini yang harus Teman-Teman ketahui.  Salah satunya, hewan ini memiliki waktu tidur yang singkat berbeda dengan manusia yang memiliki waktu tidur hingga berjam-jam. Tak heran hal ini bisa termasuk salah satu keunikan yang dimiliki oleh hewan bertubuh tinggi ini. Yuk, kita cek keunikan lainnya yang dimiliki jerapah!

Memiliki Postur Yang Tinggi

jerapah

Gambar Oleh: Gambar oleh HowardWilks dari Pixabay

Salah satu keunikan yang ada di hewan ini adalah memiliki postur yang tinggi. Bahkan tinggi  jerapah bisa mencapai tinggi hingga 5,7 meter. Hal ini dikarenakan jerapah memiliki leher yang berbeda dibandingkan dengan hewan lainnya. 

Selain itu, Teman-Teman harus tahu kalau ruas tulang leher pada jerapah sama dengan jenis mamalia lain seperti manusia. Hewan ini memiliki 7 ruas tulang yang ada pada bagian lehernya. Bagaimana, Teman-Teman sudah tahu, belum tentang keunikan yang satu ini?

Memiliki Motif Tutul Berbeda

jerapah

Gambar Oleh: Gambar oleh ramalholore dari Pixabay

Keunikan pada jerapah lainnya, ada di motif tutulnya. Kalau manusia memiliki sidik jari yang berbeda-beda, jerapah memiliki motif yang berbeda tiap ekornya. Apabila kita membandingkan jerapah satu dengan jerapah lainnya pasti mereka memiliki motif tutul jerapah yang berbeda-beda. 

Hal ini bisa Teman-Teman temui, jika sedang berkunjung ke kebun binatang. Dan Teman-Teman bisa memperhatikan secara langsung untuk membuktikan keunikan yang ada pada jerapah tersebut. 

Memiliki Waktu Tidur Singkat

jerapah

Gambar Oleh: Gambar oleh Antony Trivet dari Pixabay

Berbeda dengan manusia yang memiliki waktu tidur hingga berjam-jam, jerapah memiliki waktu tidur yang singkat. Biasanya waktu tidurnya hanya 3-5 menit saja. Sedangkan untuk malam hari hanya tidur sekitar 20 menit. 

Karena leher jerapah yang panjang,  membuat jerapah kesulitan untuk tidur. Biasanya para jerapah akan tidur dengan menyandarkan kepalanya ke pohon. Tetapi jika mereka tidur dengan membaringkan tubuhnya, tentu akan membuang banyak waktu serta tenaganya. 

Memiliki Tanduk

jerapah

Gambar Oleh: Gambar oleh Andreas Göllner dari Pixabay

Jangan salah, hewan ini juga memiliki tanduk di atas kepalanya. Biasanya tanduknya ini terdiri dari tulang rawan. Memang tanduknya ini tidak terlalu besar dan jarang kelihatan karena tertutup kulit dan bulunya yang tebal. 

Cara membedakan antara jerapah betina dan jerapah jantan juga gampang hanya melihat dari tanduk yang ada di atas kepalanya itu. Biasanya jerapah betina memiliki jumbai bulu yang berada di atas tanduknya sedangkan sang jantan tidak memiliki jumbai bulu. 

Memiliki Jantung Yang Besar

jerapah

Gambar Oleh: Gambar oleh Wolfgang_Hasselmann dari Pixabay

Perlu Teman-Teman ketahui, kalau jerapah memang memiliki jantung yang besar. Biasanya jantung jerapah harus bisa memompa darah melalui lehernya yang panjang lalu menuju ke kepalanya. Beratnya sendiri sekitar 10 kg.

Bahkan dalam satu menit saja jantung jerapah sudah mampu memompa darah hingga 600 liter. Selain itu, jerapah juga terkenal dengan hewan yang bisa hidup tanpa air. Wah, hebat juga ya jerapah bisa hidup tanpa air? 

Jika dibandingkan dengan unta, jerapah bisa tahan hidup lebih lama dibandingkan dengan hewan lainnya. Tak heran, hal ini membuat jerapah lebih bisa bertahan hidup walaupun di berbagai kondisi alam yang berbeda-beda. 

Memiliki Lidah Panjang

jerapah

Gambar Oleh: Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Selain memiliki leher panjang, jerapah juga memiliki lidah yang panjang. Bahkan panjang lidahnya saja bisa mencapai 45 cm. Karena lidahnya yang panjang ini, jerapah menggunakan lidahnya untuk mengambil hingga melumat makanannya. 

Selain itu, jerapah juga suka menjilat telinganya dengan lidah untuk membersihkan telinga dari berbagai kotoran yang menempel. Dengan tubuhnya yang tinggi, jerapah mampu meminum air kurang lebih 12 galon per air. Barulah jerapah bisa bertahan hidup tanpa meminum air sama sekali. Biasanya sumber airnya berasal dari daun pohon akasia. 

Kaki Depan Yang Panjang

jerapah

Gambar Oleh: Gambar oleh Chris Stenger dari Pixabay

Dibandingkan dengan kaki belakang, kaki depan jerapah terlihat lebih panjang. Fungsinya untuk menahan otot-otot di bagian pangkal lehernya. Sedangkan untuk kaki depan bisa digunakan jerapah untuk mendaki lereng yang terjal. 

Sekarang Teman-Teman sudah tahu, kan? Kalau jerapah memang memiliki beragam keunikan. Tak heran hal ini membuat jerapah masih dikenal sebagai hewan yang paling tinggi di dunia. Semoga artikel ini menambah pengetahuan Teman-Teman, ya!

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!