Pisang, Buah Favorit Kaya Manfaat bagi Tubuh

Buah berwarna kuning dengan rasa manis ini merupakan salah satu buah favorit setiap keluarga. Terlebih, manfaat kandungan pisang yang sangat banyak bagi tubuh membuatnya tidak pernah ketinggalan untuk disajikan pada berbagai hidangan. Selain itu, rasanya yang enak dan dapat dikonsumsi oleh segala usia, menjadi nilai tambah buah tersebut. Apakah kalian juga sering mengonsumsi buah pisang? Jika iya, sudah tahu belum berbagai kandungan pisang yang ada di dalamnya? Kalau belum, kita cari tahu bersama, yuk!

Kandungan Pisang

kandungan pisang

Gambar oleh Alexas_Fotos dari Pixabay

Bagi kalian yang sangat menyukai buah pisang, ada baiknya jika memahami kandungan nutrisi dari buah ini secara lengkap. Dengan begitu, kalian dapat mengonsumsi buah tersebut sesuai kebutuhan tubuh kita. Berikut kandungan pisang dalam takaran 100 gram menurut Authority Nutrition:

  • Energi 89 kkal
  • Karbohidrat 22,8 g
  • Fosfor 22 mg
  • Kalsium 5 mg
  • Protein 1,1 gr
  • Serat 2,6 gr
  • Lemak 0,3 gr
  • Zat Besi 0,26 mg
  • Potasium 358 mg
  • Magnesium 27 mg
  • Tembaga 0,08 mg
  • Mangan 0,27 mg
  • Vitamin A 3 µg
  • Vitamin B1 0,03 mg
  • Vitamin B6 0,37 mg
  • Vitamin C 8,7 mg

Banyak sekali, bukan kandungan pisang dalam 100 gram saja? Oleh karena itu, pisang adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi saat tubuh kekurangan nutrisi. Selain itu, kalian dapat memanfaatkan buah pisang ini sebagai penambah kalori untuk menambah energi bagi tubuh.

Manfaat Kandungan Pisang

Seperti yang telah kita ketahui, kandungan nutrisi dari pisang sangat banyak. Pada saat kita mengonsumsinya secara rutin, tentu memberi dampak positif bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kandungan pisang bagi tubuh kita, di antaranya adalah:

1. Sumber Serat, Vitamin, dan Mineral

kandungan pisang

Gambar oleh Andy M. dari Pixabay

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Buah ini pun mudah dicerna oleh tubuh kita, lho Teman-Teman. Jika kita mengonsumsinya, residu dari buah pisang hampir tak bersisa karena telah terserap secara sempurna oleh sistem pencernaan dalam tubuh kita. Mineral yang terkandung di dalamnya pun sangat lengkap sehingga sangat cocok disajikan kepada anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan.

2. Mengembalikan Energi dengan Cepat

kandungan pisang

Gambar oleh Manfred Richter dari Pixabay

Jika kalian senang berolahraga atau sering beraktivitas yang membutuhkan banyak tenaga, pisang dapat menjadi pilihan yang tepat untuk  dikonsumsi. Jumlah kalori sebesar 89 kkal yang dikandungnya, dapat mengembalikan energi dalam tubuh seseorang dengan cepat. Kandungan energinya dua kali lipat lebih besar dibandingkan energi yang dihasilkan bila kalian mengonsumsi buah apel. Jadi, selalu sediakan pisang saat kalian akan berolahraga, pergi ke sekolah, atau beraktivitas lainnya.

3. Membantu Menstabilkan Berat Badan

kandungan pisang

Gambar oleh kalhh dari Pixabay

Pisang mengandung karbohidrat yang di dalamnya terdapat pati resistan (resistant starch). Pati tersebut mampu menjaga diri kita merasa kenyang lebih lama sehingga kita tidak akan sering mengonsumsi makanan lain. Oleh karena itu, kita dapat mengatur dan menjaga berat badan tubuh agar tetap stabil.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Serotonin merupakan salah satu kandungan protein yang membantu kinerja neurotransmiter atau jaringan antarsel otak agar dapat bekerja dengan baik. Kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi pada buah pisang, membuat pembentukan metabolisme protein tersebut bekerja secara optimal sehingga membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat dalam kehidupan sehari-hari.

5. Antioksidan Tinggi

kandungan pisang

Gambar oleh _Alicja_ dari Pixabay

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung oksidan tinggi. Di dalamnya, terdapat jenis antioksidan alami yang bernama katekin dan dopamin. Kedua zat tersebut sangat penting dalam melawan radikal bebas serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Menyehatkan Pencernaan

kandungan pisang

Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay

Kandungan serat merupakan salah satu zat penting dalam proses pencernaan. Kandungannya dapat menormalkan kerja usus dan memaksimalkan penyerapan kandungan nutrisi lainnya. Selain itu, kandungan pati resistan (resistant starch) di dalamnya dapat dijadikan makanan bagi bakteri baik pada usus.

7. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

kandungan pisang

Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

Kandungan pektin dan pati resistan (resistant starch) dalam buah pisang dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah kita. Bahkan, buah tersebut berada pada level terendah dalam indeks glikemik. Indeks glikemik sendiri, adalah daftar tabel angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang terkandung dalam makanan.

8. Menyehatkan Jantung

Potasium yang terkandung dalam pisang merupakan salah satu mineral paling dibutuhkan dalam membantu kinerja jantung. Semakin banyak potasium yang kita konsumsi akan membuat kerja jantung semakin baik. Selain potasium, jantung kita juga membutuhkan mineral magnesium yang dapat mengatur aliran darah dan menghindari penumpukan lemak.

Semua mineral tersebut terdapat dalam satu buah pisang yang kita konsumsi. Oleh karena itu, sediakan selalu buah pisang dalam tas kalian agar semua mineral yang dibutuhkan jantung tercukupi dengan baik dan membuat jantung kita bekerja secara optimal.

9. Menyehatkan Ginjal

kandungan pisang

Gambar oleh pasja1000 dari Pixabay

Selain menyehatkan jantung, mineral potasium juga membantu ginjal saat sedang membersihkan atau menyaring darah dari berbagai racun yang ada dalam tubuh kita. Dengan begitu, ginjal dapat bekerja dengan baik dan dapat berfungsi normal.

Wah, manfaat yang terkandung dalam satu buah pisang sangat banyak, ya! Di tengah pandemi yang belum juga berlalu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Berolahraga, makan teratur, dan pola hidup yang bersih dapat membuat kita terhindar dari berbagai penyakit. Terlebih, jika kita mengonsumsi buah yang kaya manfaat ini secara rutin, tentu daya tahan tubuh kita akan lebih baik lagi. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini, ya! Sehat selalu, Teman-Teman!

Leave a Reply