Kenalan dengan 10 Kota Tertua di Dunia, Yuk!

Pernahkah kamu berpikir mengenai berapa lama kota yang kita tempati itu berdiri? Ya, beberapa kota memang sudah berdiri sejak ribuan tahun yang lalu dan saat ini masih digunakan. Di bawah ini ada beberapa daftar kota tertua di dunia yang akan kita bahas selengkapnya:

1. Damaskus, Suriah

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Iyad Al Ghafari dari Pixabay

Damaskus adalah kota tertua di dunia yang merupakan ibukota Suriah. Kota ini diperkirakan sudah berdiri sejak tahun 10.000 sebelum Masehi. Hal ini diketahui dari penemuan manusia yang pertama kali tinggal di Suriah pada tahun 10.000 hingga 8.000 sebelum Masehi. Kota yang satu ini diketahui merupakan tempat yang sangat penting bagi peradaban dunia.

2. Yerusalem, Israel

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Ri Butov dari Pixabay

Yerusalem yang merupakan ibu kota negara Israel ini juga merupakan kota tertua di dunia. Yerusalem sendiri merupakan kota yang dianggap suci bagi beberapa agama di dunia yaitu Yahudi, Islam, dan Kristen. Kota ini diketahui telah hidup sejak 5.000 tahun sebelum Masehi. Perlu diketahui bahwa dulunya kota ini pernah beberapa kali ingin dihancurkan. Di kota ini, masih ada beberapa bangunan bersejarah.

3. Luxor, Mesir

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Squirrel_photos dari Pixabay

Selanjutnya kota tertua yang dikatakan telah dihuni sejak 2160 tahun sebelum Masehi yaitu, Luxor di Mesir. Kota Luxor ini sejak dahulu sudah dikenal sebagai tempat yang sering dikunjungi oleh turis baik di zaman Yunani maupun Romawi. Kota yang satu ini cukup populer di kalangan orang Mesir apalagi dengan adanya monumen Luxor, Karnak, dan lainnya. Tempat ini disebut sebagai museum udara terbesar di dunia.

4. Sidon, Lebanon

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Mesut Toker dari Pixabay

Kota tertua di dunia yang selanjutnya adalah Sidon yang ada di Lebanon. Kota yang satu ini diperkirakan telah dihuni oleh manusia sejak 4000 tahun sebelum Masehi. Sidon sudah berpenghuni sejak perang saudara Lebanon. Letak kota ini berada di bagian selatan Beirut yang juga dikatakan sebagai kota terbesar ketiga di negara Lebanon. Di sini masih banyak bangunan dengan arsitektur zaman dahulu yang masih berdiri.

5. Athena, Yunani

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Gonbiana dari Pixabay

Selanjutnya adalah Athena yang merupakan ibu kota dari negara Yunani. Athena juga merupakan kota terbesar yang ada di Yunani serta menjadi kota lahirnya peradaban dan juga demokrasi barat. Athena diperkirakan telah dihuni oleh manusia sejak 7.000 tahun yang lalu. Athena juga merupakan tempat yang dikenal sebagai tempat lahirnya orang-orang cerdas seperti Aristoteles, Hippocrates, dan lainnya.

6. Istanbul, Turki

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh xxoktayxx dari Pixabay

Ibu Kota negara Turki, Istanbul juga termasuk kota tertua yang telah dihuni oleh manusia. Kota yang satu ini dikatakan telah dihuni sejak 3000 tahun sebelum Masehi. Oleh karena itu, tak heran jika saat ini kota Istanbul menjadi yang terpadat di Turki. Istanbul yang saat ini menjadi ibu kota Turki tersebut sebelumnya adalah ibu kota beberapa kerajaan seperti Romawi, Latin, Ottoman, dan Bizantium.

7. Zurich, Swiss

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Thomas Steiner dari Pixabay

Di benua Eropa, kota Zurich yang ada di negara Swiss juga bisa dikatakan sebagai kota tertua yang ada di dunia. Kota tertua di Eropa yang satu ini selalu menjadi perhatian banyak orang karena disebut-sebut sebagai kota yang kaya. Kota yang satu ini dulunya didirikan oleh kerajaan Romawi dengan nama yang berbeda yaitu, Turicum.

8. Cadiz, Spanyol

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Pablo Valerio dari Pixabay

Berikutnya adalah Cadiz yang merupakan kota yang ada di negara Spanyol. Kota yang satu ini telah dihuni oleh manusia sejak 600 tahun sebelum Masehi. Tempat ini dijadikan sebagai tempat permulaan ekspedisi Christoper Columbus ke benua Amerika. Walaupun dikenal sebagai kota tertua akan tetapi jika Teman-Teman berkesempatan ke sana pasti akan takjub karena disana ada banyak tempat-tempat yang sangat indah sehingga memanjakan mata pengunjungnya.

9. Luoyang, China

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh Jeremy Zhu dari Pixabay

Luoyang di China bisa masuk dalam daftar kota tertua di Asia sekaligus di dunia. Luoyang merupakan kota yang sudah ditempati oleh manusia sejak 4.000 tahun sebelum Masehi. Kota ini dinamakan Lioyang karena bertempat di persimpangan dua sungai yaitu Luo dan Yi. Kota ini diketahui menjadi pusat perdagangan di China pada masa kekaisaran yang berjalan selama ratusan tahun. Kota yang satu ini juga memiliki jumlah masyarakat yang sangat padat sehingga cukup terkenal.

10. Jericho, Palestina

kota tertua di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh UmmePhotos dari Pixabay

Kota terakhir yang akan kita bahas kali ini adalah Jericho di Palestina. Ya, negara ini memiliki kota yang telah dihuni sejak 3650 tahun sebelum Masehi. Kota ini terletak di sekitar sungai Yordan yang memiliki populasi yang cukup padat. Kota ini juga masih dipenuhi berbagai bangunan zaman dahulu yang sangat kuno.

Itu dia daftar kota tertua di dunia yang harus kita ketahui keberadaannya. Semoga saja kita diberikan kesempatan untuk berkunjung ke kota-kota tua tersebut untuk berlibur sekaligus belajar sejarah di dalamnya. Semoga informasi di atas dapat memberikan wawasan yang lebih luas ya.

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!