5 Komik Persahabatan dari Seri Komik Next G Ini Bikin Kamu Tahu Arti Pentingnya Sahabat

Komik merupakan salah satu bacaan favorit masyarakat dari segala kalangan usia. Komik sendiri adalah sebuah media penyampaian kisah ataupun cerita yang divisualisasikan dengan sebuah ilustrasi gambar. Biasanya komik ini dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks-teks berupa narasi maupun dialog. Komik bisa diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip yang dimuat di koran, dimuat dalam majalah, atau berbentuk sebuah buku.

Dengan kata lain, komik adalah cerita bergambar, dimana gambar tersebut menpunyai fungsi dalam mendeskripsikan jalan cerita, sehingga para pembacanya pun mengerti dan paham apa yang disampaikan oleh pengarangnya. Komik ini biasanya banyak disukai oleh orang-orang yang memiliki kecenderungan belajar secara visual. Mengapa? Karena dari komik ini cerita yang disampaikan tersebut didominasi oleh gambar-gambar yang menonjol. Kebanyakan komik yang diciptakan sifatnya menghibur, sehingga para penggemar mayoritasnya adalah anak-anak dan remaja.

Indonesia sendiri sebenarnya telah mengalami perkembangan pesat dalam hal penciptaan berbagai genre komik dengan cerita yang tak kalah menarik. Komik ini bisa dinikmati anak-anak hingga para remaja. Dari berbagai macam genre komik tersebut, cerita tentang persahabatan juga menjadi kesukaan anak-anak Indonesia. Berikut ada beberapa komik persahabatan dari serial Komik Next G.

Mengenal Komik Next G

Indonesia ternyata juga bisa menghasilkan karya berupa komik-komik yang berkualitas dan mendidik. Apalagi komik tersebut memang dibuat langsung dari tangan anak bangsa. Dengan begini, komik-komik tersebut dapat dijadikan sebagai bahan kreativitas anak-anak karena terdapat gambar-gambar yang menjelaskan nilai tentang sebuah cerita. Komik ini dapat dijadikan pula sebagai bahan pembelajaran.

Salah satu genre komik yang baik untuk anak-anak hingga remaja adalah komik persahabatan. Komik ini di dalamnya memuat cerita yang berisi tentang hubungan persahabatan dan sangat cocok dibaca oleh anak-anak dan remaja. Karena di umur mereka itu adalah masa-masa mencari teman dan mereka harus bisa memilih sahabat yang baik dalam kehidupan bersosialisasi.

Nah, demi memenuhi kebutuhan akan bacaan yang berkualitas tersebut, maka terciptalah komik-komik yang berkualitas terbitan dari Muffin Graphics. Penerbit menyediakan berbagai jenis bacaan komik, diantaranya Komik Next G yang memiliki variasi cerita dengan tema yang berbeda-beda. Lalu apa itu Komik Next G?

Seri Komik Next G ini merupakan komik series yang memiliki tema berbeda-beda untuk setiap volumenya. Secara umum, komik Next G menceritakan kisah-kisah menarik dari kehidupan anak-anak yang bisa diambil manfaatnya dalam setiap cerita. Contoh tema dari Komik Next G adalah tentang keluarga, kisah lucu, persahabatan, dan masih banyak lagi. Uniknya, penerbit Muffin Graphic bisa mengangkat cerita tersebut dari karangan anak-anak Indonesia. Mereka bisa mengirimkan ide cerita kepada penerbit untuk diterbitkan menjadi Komik Next G.

Manfaat Membaca Komik Tentang Persahabatan

Membaca komik itu merupakan kegiatan yang seru. Terutama bagi anak-anak. Mereka akan belajar tentang bagaimana sebuah ide cerita bisa dikemas dengan apik melalui media gambar yang bisa menajamkan kreativitasnya. Sebenarnya apa sih manfaat membaca komik untuk anak, terutama komik yang bertemakan persahabatan?

  1. Membaca Komik Bisa Meningkatkan Kinerja Otak

Ketika kita menikmati jalannya sebuah cerita yang ada di komik, maka terdapat sebuah aktivitas yang disebut neuron dalam otak saat masih membaca, bahkan dalam beberapa hari setelahnya otak akan mengalami perubahan yang baik dalam memproses informasi. Manfaat ini tentunya akan sangat berguna bagi anak-anak dalam mengimplementasikan kehidupan nyatanya saat mencari seorang sahabat.

  1. Mampu Menganalisa Masalah dengan Baik

Banyak orang yang berpikir bahwa komik hanyalah media hiburan saja. Memang benar komik bisa menjadi hiburan, tapi dibalik itu ternyata komik dikemas dari berbagai tema dan topik yang di dalamnya juga terdapat masalah atau konflik dan bagaimana cara penyelesaiannya. Semua jalinan cerita tersebut digambarkan sehingga memberikan efek positif bagi para pembacanya tentang bagaimana cara mengatasi suatu masalah.

  1. Mampu Membuat Berpikir Lebih Kreatif Lagi

Membaca komik itu artinya kita mampu melihat kombinasi dari semua elemen baik itu teks, narasi, dan juga ilustrasinya. Berbagai elemen tersebut membuat otak semakin tajam karena mampu berpikir dengan kombinasi yang berbeda dan dampaknya akan membuat pembacanya semakin kreatif. Mungkin sebagian orang masih tabu dengan komik karena menurutnya komik tidak bisa mempengaruhi kecerdasan anak. Padahal faktanya membaca komik bisa meningkatkan fungsi otak anak menjadi lebih cerdas dan kreatif.

5 Daftar Seri Komik Next G Tentang Persahabatan

Setelah mengetahui apa itu Komik Next G dan manfaat membaca komik bagi anak-anak, sudah saatnya mengetahui daftar Komik Next G yang bercerita tentang persahabatan. Mau tahu apa saja? Ini dia daftarnya:

1. Komik Next G – Ingin Punya Sahabat

ingin punya sahabat

Seri komik persahabatan yang pertama adalah Ingin Punya Sahabat. Komik ini merupakan karangan dari Nafila Jaida Adila R. Halamannya sendiri berjumlah 104 dan telah diterbitkan sejak Maret 2018 lalu. Komik ini bercerita tentang seorang putri kerajaan yang bernama Elinna. Putri Elinna tidak diperbolehkan bermain keluar istana oleh raja, karena raja merasa takut jika ada bahaya yang mengancam putrinya tersebut.Karena larangannya itulah, Putri Elinna tidak memiliki teman. Padahal ia sangat menginginkannya. Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah keinginan Putri Elinna bisa terwujud? Belilah komik ini supaya Anda bisa tahu akhir dari cerita tersebut.

2. Komik Next G – Musuh Jadi Sahabat

musuh jadi sahabat

Seri komik yang kedua adalah Musuh Jadi Sahabat. Komik dengan judul ini ditulis oleh Nayla Syafa Annisa. Komik ini memiliki inti cerita tentang dua orang teman sekelas bernama Meggy dan Gissele. Mereka berdua adalah anak-anak yang tak mau kalah, terutama dalam hal yang berhubungan dengan pelajaran.Akibat memiliki sifat yang keras kepala, mereka selalu terlibat dengan pertengkaran. Ibu guru mereka pun sampai bosan menghukum mereka. Pada akhirnya pun mereka disatukan dalam sebuah kerja kelompok.

3. Komik Next G – Pelangi Persahabatan

pelangi persahabatan

Komik dengan seri Pelangi Persahabatan ini ditulis oleh Cleovie Maritza Patriciana, Ridha, dan kawan-kawan. Komik ini mengisahkan tentang dua orang sahabat bernama Cleo dan Della yang bertemu dengan dua orang teman baru. Pada awal pertemuan mereka berempat, justru terdapat banyak konflik karena mereka memiliki sifat yang berbeda-beda.Akankah akhirnya persahabatan mereka bisa membaik dan saling melengkapi seperti warna-warna pelangi?

4. Komik Next G – Gaun Persahabatan

gaun persahabatan

Seri selanjutnya berupa Gaun Persahabatan ini ditulis oleh Keyla Rafida Luthfi, Hija Aqiela Az Zahra, Inas Mas’ud, Veringa Ashley Danielle Pratiwi, dan Assyifa S. Arum. Seri ini bercerita tentang seorang anak yang menjadi murid baru, bernama Tasya. Ia langsung akrab dengan Fira. Tasya juga suka mengajari Fira untuk membuat bekal makanan yang lucu. Kemudian Fira ingin sekali memberikan sesuatu pada Tasya sebagai ucapan terima kasih. Kebetulan sebentar lagi Tasya juga ulang tahun. Lalu apa hadiah yang akan diberikan Fira kepada Tasya?

5. Komik Next G – Sahabat Pertama

sahabat pertama

Kemudian yang terakhir adalah komik dengan judul Sahabat Pertama. Komik ini memiliki cerita tentang hari pertama masuk di sekolah baru oleh anak yang bernama Sera. Ia merasa takut jika tidak bisa akrab dan berbaur dengan teman-temannya di sana. Namun ternyata teman-temannya itu sangat ramah. Sera pun jadi merasa nyaman. Tapi, ada satu murid yang tidak mau berteman dengannya. Kira-kira bisakah Sera akrab dengannya?

Itulah 5 daftar komik persahabatan dari Seri Komik Next G. Komik ini sangat dianjurkan untuk anak-anak dan remaja, karena selain menghibur, Komik Next G juga sangat efektif dijadikan sebagai media dalam menyampaikan pesan moral kepada anak-anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply