Teman-Teman Ingin Pelihara Kucing? Yuk, Kenali Dulu Jenis-Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara!

Kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara. Ada banyak sekali dampak baik saat seseorang di rumahnya terdapat kucing. Berdasarkan hasil penelitian di Australia, orang yang memelihara kucing kesehatan jiwanya lebih baik daripada yang tidak memelihara. Mereka mengaku tidur lebih nyenyak, fokus, bahagia, dan percaya diri. Nah, bagi kamu yang ingin memeliharanya bisa memilih salah satu jenis kucing yang akan dipaparkan di bawah ini.

10 Jenis Kucing yang Mudah untuk Dipelihara

Ada banyak sekali jenis kucing di dunia ini dengan masing-masing keunikannya. Namun, tidak semua mudah untuk dipelihara. Berikut beberapa jenis kucing yang bisa kamu pelihara, diantaranya:

1. Kucing Turkish Anggora

jenis kucing
Oleh: https://kucing.co.id/

Sampai saat ini turkish anggora masih menjadi pilihan banyak pecinta kucing. Sebagian besar alasannya karena memiliki bulu panjang, lebat, dan halus. Raut muka kucing anggora juga sangat imut, sehingga membuat setiap orang yang melihat ingin sekali menggendong.

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika memelihara kucing anggora adalah makanan dan kebersihannya. Kamu harus memberinya makanan khusus yang kaya gizi. Sebab anggora mudah terkena penyakit, terutama diare jika salah makan. Kamu bisa mendapatkan makanan anggora di supermarket dan petshop. Sedangkan fungsi menjaga kebersihan dengan mandi adalah menjaga agar bulunya tetap sehat, tidak mudah rontok atau terkena kutu.

Baca Juga  Yuk, Lihat Keindahan Sungai Terpanjang di Indonesia!

2. Kucing Dosmestik atau Kampung Indonesia

jenis kucing
Oleh: https://www.dictio.id/

Kamu tentu tak asing dengan kucing asli Indonesia ini. Keberadaannya mudah sekali ditemukan di berbagai tempat, mulai dari pedesaan hingga perkotaan. Apabila kamu bisa merawatnya dengan baik, maka tampilannya pun tak kalah dengan kucing jenis rumahan. Sebagian besar orang memeliharanya sebagai pengusir tikus, meski ada juga yang memang menyukai kucing jenis ini.

Karakter kucing kampung pada umumnya adalah mandiri, ingatan tajam, dan fisik kuat. Kamu tak perlu menyiapkan makanan khusus berharga mahal. Bahkan terkadang kucing kampung mencari makanan sendiri di luar rumah. Kendati mandiri dalam makanan, kucing ini juga suka jika kamu mengelus-elus perut atau lehernya. Selain itu, ingatannya yang tajam membuat kucing kampung dapat mengingat rumah pemiliknya, meski telah bermain jauh.

3. Kucing Siamise

jenis kucing
Image by Andreas Lischka from Pixabay

Jenis kucing yang bisa dipelihara selanjutnya adalah Siamise. Kucing asal Thailand ini memiliki bentuk tubuh ramping, ekor panjang, dan bermata biru. Berdasarkan pola warna tubuhnya, kucing siamise terdiri dari 4 macam, yakni applehead siamese, old-style siamese, classic siamese dan modern siamese. Bentuk fisiknya yang cantik dan unik ini dapat membantumu menghilangkan kepenatan.

Sebagaimana memelihara kucing rumahan lainnya, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan dan makanannya. Cara menjaga kebersihan bisa kamu lakukan dengan menyisir bulunya untuk memisahkan bulu yang telah mati atau rontok. Selain itu, kamu perlu memberikan shampoo khusus kucing agar terhindar dari kutu. Lalu, berikan air putih setiap pagi dan sore.

Baca Juga  Inilah Saat-saat di mana Bahagia Itu Sederhana

4. Kucing Persia

jenis kucing
Image by pidepu from Pixabay

Sebagaimana namanya, kucing ini berasal dari Persia atau Iran. Namun saat ini sudah banyak pecinta kucing di Indonesia yang memeliharanya. Kucing persia memiliki bentuk tubuh sangat menggemaskan, yakni hidung pesek, muka bulat, tubuh dan kaki pendek, serta bulu yang panjang dan halus. Sementara karakteristiknya adalah pendiam atau tidak terlalu aktif. Agar tetap sehat dan cantik, kamu bisa memberi makanan berupa keju, daging, ikan, atau makanan kering dan basah yang banyak tersedia di toko hewan.

5. Kucing Sphynx

jenis kucing
Photo by Linnea Sandbakk on Unsplash

Bagi kamu yang suka jenis kucing anti-mainstream bisa memutuskan untuk memelihara  sphynx. Di Indonesia masih jarang orang memelihara kucing ini. Letak keunikan kucing persia adalah tidak memiliki bulu. Kucing asal Kanada ini memiliki ciri fisiknya bertubuh sedang, tegak, tetapi bulat di bagian perutnya. Bentuk kepalanya segitiga dan cukup panjang, lehernya panjang, berotot dan juga bulat.

Sementara karakteristik kucing sphynx ini adalah aktif, setia pada pemiliknya, cerdas, dan tipe kucing yang penyayang. Meski bentuk tubuhnya unik, sphynx bisa diberi jenis makanan kering maupun basah.

6. Kucing American Shortair

jenis kucing
Image by Kari Dickinson from Pixabay

Kamu tidak suka ribet mengurusi bulu kucing? Tenang saja, American Shortair adalah jenis kucing yang tak memerlukan perawatan bulu. Kucing ini memiliki usia harapan hidup sampai 20 tahun. Untuk makanannya kamu dapat memberinya jenis kering maupun basah yang tersedia di toko hewan.

7. Kucing Bengal

jenis kucing
Image by skeeze from Pixabay

Bengal termasuk dalam kucing yang sangat aktif. Meski tergolong kucing hutan, tetapi ras bengal termasuk hewan yang bisa dengan mudah dipelihara. Dia suka berlari-larian dalam rumah. Pola warna tubuhnya hampir mirip dengan macam tutul. Hal yang perlu ingat bahwa kucing Bengal perlu perawatan khusus pada bulunya. Kamu harus rutin menggosok secara lembut bulunya menggunakan sikat halus.

Baca Juga  Komik Anak Indonesia Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

8. Kucing Abyssinian

jenis kucing
Image by tsapenkodg from Pixabay

Kamu ingin memelihara kucing yang bisa menemani anak kecil? Pilihan terbaiknya adalah kucing Abyssian. Kucing ini sangat aman dan ramah dengan siapapun. Dia akan berinteraksi dengan aktif, jika kamu mengelus atau memberinya mainan. Perawatan dan makanannya pun cukup mudah. Kendati demikian, kamu perlu menjaga kebersihan area mulutnya. Sebab Abyssinian diketahui mudah terkena penyakit mulut.

9. Kucing Ragdoll

jenis kucing
Oleh: http://www.vetstreet.com/

Ragdoll merupakan kucing dengan perawakan elegan. Bulunya tidak terlalu panjang, mirip seperti kelinci. Sedangkan tubuhnya akan begitu lemas dan manja saat kamu mengelus-elusnya. Kucing ini sangat mudah dipelihara, karena tidak terlalu suka bermain ke luar rumah, melainkan bermanja-manja dengan pemiliknya. Untuk perawatan kamu cukup memandikannya minimal 2 hari sekali secara rutin.  

10. Kucing Maine Coon

jenis kucing
Image by Ian Lindsay from Pixabay

Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari Maine, New England. Maine Coon adalah kucing unik dan sangat bersahabat dengan manusia. Bagi kamu yang suka bermain-main dengan kucing, Maine adalah pilihan terbaik. Sebab kucing yang memiliki bulu panjang dan lebat ini sangat sigap saat kamu melempar bola ke arahnya. Selain itu, dia juga suka memanjat. Wah, benar-benar membuat harimu semakin menyenangkan.

Itulah beberapa jenis kucing dengan masing-masing kelebihannya. Kamu tertarik untuk memelihara yang mana? Apapun pilihannya, pastikan kamu merawat dengan baik. Sebab cantik atau tidaknya kucing tergantung sang pemilik. Selamat mencari jenis kucing idamanmu.

Leave a Reply