cara membuat komik

Cara Membuat Komik untuk Pemula

Cara membuat komik – Anda pasti tahu komik, kan? Komik dapat diartikan sebagai sebuah bacaan yang isinya mengenai cerita bergambar. Jadi, Anda dapat mencerna sebuah cerita melalui panel-panel gambar yang dilengkapi dengan teksnya. Komik sendiri biasanya jadi bacaan favorit anak-anak hingga remaja karena isinya yang menghibur dan jalan cerita lebih menarik serta dilengkapi gambar-gambar yang ada di dalamnya.

cara membuat komik sendiri dengan pensil

Nah, bagi Anda yang tak hanya menyukai bacaan komik, tapi juga tertarik untuk membuatnya, caranya tidak begitu rumit, kok. Anda akan bisa bercerita dengan komik yang dibuat sendiri. Siapa tahu jika tekun membuatnya, suatu saat Anda dapat menjadi salah satu komikus yang handal di Indonesia. Cara membuat komik untuk pemula mudah saja. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Komik Sederhana untuk Pemula

Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang seru, apalagi dikemas dalam sebuah cerita yang berkesinambungan hingga menjadi sebuah komik. Tidak mustahil kok bagi siapa pun untuk bisa membuat komik. Karena dengan membuat komik, Anda akan bisa bercerita dengan gambar-gambar yang seolah hidup dan mampu menyampaikan beragam ekspresi.

Sedangkan, faktor utama pembentuk sebuah komik adalah dari karakternya, yaitu pelaku utama dan pembantu dalam sebuah komik. Faktor yang kedua adalah kotak atau panel yang menjadi bingkai pemisah antar cerita. Serta yang ketiga adalah balon kata, yakni bingkai teks dialog karakter dalam komik.

Bercerita adalah sebuah aktivitas dalam membagikan pengalaman atau ide kepada orang lain. Sementara ketika Anda bercerita dengan komik, maka Anda akan membagikan pengalaman atau ide kepada orang lain melalui berbagai macam karakter, panel, dan balon kata yang dibuat. Gaya seperti inilah yang lebih mudah dipahami oleh orang lain, bahkan mampu meningkatkan kecerdasan otak pembacanya.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh 6 Karakter Buku Cerita Anak Paling Digemari

Langsung saja, ini dia langkah-langkah dalam membuat komik untuk pemula yang harus diikuti :

1. Menentukan Ide dan Temanya

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat komik bagi para pemula adalah menentukan ide dan temanya. Karena untuk mengarang tentunya kita membutuhkan gagasan atau ide cerita terlebih dahulu, supaya kita tahu cerita macam apa yang akan digambar. Anda bisa memilih ide dan temanya masing-masing sesuai keinginan.

Jika masih bingung bagaimana cara mencari ide, cobalah temukan hal-hal yang sederhana di sekitar Anda, maupun dengan mengandalkan imajinasi. Ide akan datang saat Anda coba memfokuskan diri pada sebuah gambaran cerita yang diinginkan. Tak perlu memikirkan hal-hal yang sulit. Bisa jadi sumber ide atau inspirasi datang dari kehidupan sehari-hari. Anda bisa melakukan survei dan pengamatan kecil di lingkungan sekitar.

Setelah ide cerita muncul, tentukanlah temanya. Cara menentukan tema adalah berdasarkan dari ide tersebut. Contoh tema dari cerita-cerita komik yang ada selama ini adalah tentang kejadian sehari-hari, seperti keluarga, persahabatan, religi, kuliner, fantasi, dan lain-lain. Sesuaikan ide dan tema sehingga mampu tercipta cerita yang kreatif dan inovatif. Selain itu, jangan sampai cerita komik Anda meniru cerita komik lainnya.

2. Menentukan Judul Komik

Jika Anda sudah memperoleh ide cerita dan tema untuk dijadikan komik, maka langkah selanjutnya adalah menentukan judul komiknya. Membuat judul memang tidak mudah. Coba pikirkan inti dari cerita yang Anda pilih untuk dijadikan sebuah judul. Cara menentukan judul lainnya adalah dengan memanfaatkan nama dari karakter utama. Tapi pastikan bahwa nama karakter utama tersebut memiliki persepsi khusus yang membuat orang lain penasaran.

Baca Juga  Review Komik Terbaru: Komik Next G Vloger

Tips menentukan judul yang menarik :

  • Bisa menggabungkan dua kata atau lebih menjadi sebuah jalinan kata.
  • Gunakan kata kunci dari inti cerita. Anda bisa menggunakan bahasa asing supaya lebih menarik.
  • Bisa dengan mengotak-atik frase atau kalimat yang dipadukan dengan kata kunci dari cerita yang dibuat.
  • Cobalah menulis beberapa kata kunci yang menggambarkan cerita komik Anda. Pilihlah kata kunci yang paling ‘menjual’ kemudian dapat tambahkan dengan kata-kata lain yang sesuai.

3. Melengkapi Unsur-Unsur yang Membentuk Komik

unsur komik

1. Karakter 2. Panel 3. Balon Kata

Langkah berikutnya adalah dengan melengkapi unsur-unsur yang membentuknya menjadi sebuah komik. Unsur-unsur tersebut adalah panel, karakteristik, dan balon kata. Satu halaman komik biasanya terdiri dari beberapa kotak panel. Panel adalah sebuah bingkai yang menjadi pemisah ruang-ruang dalam rangkaian cerita komik. Setiap panel menjelaskan alur atau urutan cerita dengan rinci.

Yang kedua adalah unsur karakteristiknya. Karakter atau pelaku didalam sebuah cerita komik terbagi menjadi karakter utama dan karakter pembantu. Karakter utama adalah pelaku inti dalam sebuah cerita, sedangkan karakter pembantu adalah karakter-karakter yang mendukung cerita dari karakter utama. Sedangkan, sifat-sifat karakter dalam komik dapat dibedakan menjadi karakter baik atau protagonis dan karakter jahat atau antagonis. Jadi, Anda harus menentukan siapa yang menjadi karakter utama yang protagonis, karakter antagonis, dan karakter pendukungnya.

Kemudian adalah menggambarkan balon kata. Balon kata ini biasanya akan muncul dalam dialog antar karakter. Anda harus membuat balon kata yang mampu mencerminkan emosi dialog dari karakter. Balon kata tersebut berbeda pada setiap ekspresi dialognya, baik itu saat karakter berbicara seperti biasa, kaget, marah, maupun saat berbicara dalam hati.

4. Menyiapkan Peralatan Menggambar Komik

Sekarang sampailah pada tahap menggambar komik. Sebelum menggambar, tentunya Anda memerlukan sejumlah peralatan. Siapkanlah pensil, kertas jenis HVS dengan ukuran A4, penggaris, dan juga spidol tipis. Peralatan-peralatan ini sangat sesuai untuk para pemula yang baru berlatih membuat komik.

Baca Juga  Yakin Sudah Tahu? Pakaian Adat yang Berasal dari Propinsi-Propinsi di Indonesia

5. Membuat Karangan Cerita Sesuai dengan Jumlah Panel

Mulailah untuk membuat karangan cerita yang disesuaikan dengan jumlah panel (kotak pemisah adegan cerita). Tak ada ketentuan khusus berapa panel yang harus dibuat dalam satu halaman komik. Tapi alangkah baiknya dalam panel tersebut Anda bisa menuliskan minimal satu baris kalimat per panel.

6. Mulai Menggambar Komik

Kini saatnya menggambar komik. Untuk permulaan, mulailah dengan membuat bentuk panelnya. Lalu, gambarkan cerita Anda berdasarkan karangan cerita pada poin 5 yang sudah ditetapkan di setiap panel. Lakukan secara bertahap panel demi panel. Selanjutnya gambarkan karakter-karakternya yang disesuaikan dengan perilaku dan jalan ceritanya. Jika sudah selesai menggambar, jangan lupa lengkapi setiap adegannya dengan balon kata.

7. Tips Penting Bagi Para Pemula

Ada beberapa tips penting bagi para pembuat komik pemula :

  • Yang pertama adalah jangan takut untuk memulai. Yakinlah pada diri sendiri bahwa Anda mampu membuatnya dengan baik.
  • Tips yang kedua adalah jangan takut salah. Setiap orang pernah melakukan kesalahan, jadi jangan takut salah dalam membuat komik. Hal ini bisa menjadi pelajaran yang berharga sehingga ke depannya Anda bisa meminimalisir kesalahan.
  • Tips berikutnya berkaitan dengan karakter. Membuat karakter itu mudah kok, Anda tidak harus menggambar karakter dengan gambar yang sempurna. Bahkan karakter seperti stickman saja bisa digunakan.
  • Lalu perbanyaklah membaca berbagai jenis komik dengan berbagai karakter untuk menambah referensi Anda.
  • Terakhir, jangan lupa untuk berlatih dengan rajin dan tekun. Buktikan bahwa gambaran Anda semakin lama akan semakin baik.

Tutorial cara mmebuat komik dari sumber lain ada disini.

Video cara membuat komik (Sketsa)

Itulah beberapa langkah dan tips yang perlu Anda ikuti mengenai cara membuat komik bagi pemula. Siapa saja bisa mencoba hal ini asalkan memiliki niat dan tekad yang kuat serta bersungguh-sungguh. Selamat mencoba!

Leave a Reply