Ini Dia, 7 Keutamaan Bulan Ramadhan!

Siapa yang sudah tidak sabar menantikan bulan puasa? Ya, bulan Ramadhan memang merupakan salah satu bulan paling istimewa untuk umat Islam. Ada banyak sekali keutamaan dari bulan ini. Berikut ini adalah 7 keutamaan Bulan Ramadhan yang wajib kamu ketahui.

 

1. Pengampunan Dosa

keutamaan bulan ramadhan

Gambar Oleh: Gambar oleh Samer Chidiac dari Pixabay

 

Salah satu keutamaan yang paling penting dalam bulan puasa adalah tentang pengampunan dosa. Dalam HR. Bukhari, disebutkan bahwa barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanannya dan juga karena harapannya untuk mendapatkan pahala dan pengampunan dosa yang akan didapatkannya. Karena dalam bulan ini dosa-dosa akan mendapatkan pengampunan, bulan ini menjadi bulan yang wajib dinanti-nantikan untuk mereka yang mengharapkan surga. Akan tetapi pastikan kamu memiliki niat yang jelas yaitu untuk mendapatkan pahala dan juga mengharapkan keimanan disisi Allah, bukan hanya menjalankan kebiasaan saja. 

 

2. Lebih Mudah Mendapatkan Amalan Pahala

keutamaan bulan ramadhan

Gambar Oleh: Gambar oleh Pexels dari Pixabay

 

Hal lainnya yang membuat bulan puasa penuh dengan keutamaan adalah karena di bulan ini kamu bisa lebih mudah mendapatkan amalan pahala di bandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Dalam HR. Ahmad, menyatakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkahi. Bulan ini akan datang kepada umat manusia dan Allah akan mewajibkan umat muslim untuk berpuasa di bulan tersebut. Adapun dalam bulan Ramadhan pintu-pintu surga akan dibuka dan pintu-pintu-pintu neraka akan menutup. 

Arti dari pintu surga yang terbuka ini adalah besarnya ganjaran dari amalan-amalan yang kalian lakukan di bulan ini. Berlipatnya pahala yang akan kamu dapatkan membuat pintu surga terbuka lebar untuk kalian. Di samping itu, segala setan akan di belenggu sehingga tidak bisa menggoda manusia untuk berbuat kejahatan. Hal inilah yang membuat pengejar surga makin menggiatkan ibadah dan juga amalan pahala di bulan Ramadhan ini. 

 

Baca Juga  Wajib Baca! Sinopsis Komik Next G Back To Masjid

3. Waktu Dimana Allah Mengabulkan Doa Umatnya 

keutamaan bulan ramadhan

Gambar Oleh: Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

 

Salah satu keutamaan Bulan Ramadhan yang membuat semua umat muslim menantikan bulan ini adalah karena bulan Ramadhan merupakan bulan dimana manusia mendapatkan waktu yang terbaik untuk berdoa. Barang siapa berdoa di saat berpuasa hingga ia berbuka, niscaya doanya tidak akan tertolak. Hal ini terdapat dalam HR. Tirmidzi.

 

4. Adanya Malam Lailatul Qadar

keutamaan bulan ramadhan

Gambar Oleh: Gambar oleh Suanlian Tangpua dari Pixabay

 

Berdoa adalah senjata umat Islam untuk mendapatkan ridha dari Allah dan memohon perlindungannya. Akan tetapi doa paling baik untuk umat Islam akan didapatkan pada saat malam Lailatul Qadar. Malam ini merupakan sebuah malam terbaik bagi umat Islam dan malam ini hanya terjadi 1 kali dalam 1 tahun yaitu di Bulan Ramadhan. 

Malam Lailatul Qadar adalah sebuah malam dimana Allah menurunkan Al-Qur’an pada umat manusia. Malam ini tidak jelas kapan terjadinya. Akan tetapi Nabi Muhammad SAW memberikan isyarat bahwa malam ini terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan dan terjadi pada malam ganjil. 

Lalu mengapa turunnya Al-Qur’an ini menjadi malam yang istimewa? Karena malam ini adalah malam yang terbaik dan lebih baik dari seribu bulan. Hal ini membuat umat Islam disunahkan untuk memperbanyak ibadah. Salah satu ibadah paling dianjurkan pada malam Lailatul Qadar ini adalah membaca Al-Qur’an dan meresapinya. Melakukan ibadah di malam ini akan memberikan pahala yang berlipat ganda pada mereka yang menjalankannya. 

 

Baca Juga  Dari Mana Asal Budaya Ngabuburit? Cari Tahu, Yuk!

5. Keutamaan Sahur 

keutamaan bulan puasa

Gambar Oleh: Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay

 

Hal lain yang tidak kalah penting di saat bulan puasa adalah keutamaan dalam menjalankan puasa itu sendiri. Saat akan berpuasa umat Islam akan bangun untuk bersahur. Sahur adalah salah satu keutamaan puasa yang tidak boleh di tinggalkan. Hal ini disebabkan karena sahur memiliki manfaat yang sangat penting. Mereka yang bersahur bahkan hanya dengan seteguk air akan mendapatkan berkah berupa shalawat dari para malaikat bahkan oleh Allah sendiri.

 

6. Keutamaan Memberikan Buka Puasa Pada Mereka Yang Berpuasa

keutamaan bulan puasa

Gambar Oleh: Gambar oleh Myriams-Fotos dari Pixabay

 

Berkah puasa tidak hanya terhenti di situ. Hal lain yang membuat puasa menjadi sebuah hal yang sangat nikmat dan ditunggu adalah keutamaan saat memberikan buka puasa atau takjil pada mereka yang sedang menjalankan ibadah suci ini. Mereka yang memberikan makanan pada orang yang sedang berpuasa di waktu buka puasa akan mendapatkan pahala penuh dari orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang itu sendiri. Hal ini disebabkan karena memberikan makanan orang yang sedang berpuasa memang dipandang sangat baik oleh Allah.

 

Baca Juga  Unboxing Komik Next G Lailatulqadar

7. Keutamaan Shalat Tarawih 

keutamaan bulan ramadhan

Gambar Oleh: Gambar oleh Suhail Suri dari Pixabay

 

Setelah berbuka, berkah dan pahala terus mengalir hingga kamu menjalankan shalat tarawih. Shalat tarawih adalah sebuah shalat yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Shalat ini merupakan shalat sunnah yang nilainya setara dengan shalat semalam suntuk. 

Bagaimana? Sangat banyak bukan keutamaan dan juga berkah yang akan kamu dapatkan di bulan Puasa? Oleh karena itu, mari kita sama-sama berdoa agar kita dipertemukan kembali dengan bulan puasa di tahun ini sehingga bisa merasakan pahala dan berkah keutamaan Bulan Ramadhan.

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!