Senang Makan Permen Kapas? Ayo, Simak Fakta Menariknya!

Siapa yang tidak mengenal permen kapas, rasanya yang manis ringan dengan bentuk dan warnanya yang menarik membuat banyak orang menyukainya. Apalagi belakangan ini banyak tren permen kapas yang dibuat dengan bentuk yang menggemaskan dan berkarakter. Hal ini yang membuat permen kapas tak hanya dimakan namun juga sering kali dijadikan properti untuk foto yang instagramable. Namun, di balik rasa dan bentuknya yang menarik, permen kapas memiliki beberapa fakta menarik loh, yuk simak!

8 Fakta Menarik tentang Permen Kapas

Ada beberapa fakta menarik tentang permen kapas yang biasanya kita dapatkan di taman hiburan atau pasar malam, antara lain:

1. Hanya Terbuat dari Satu Bahan

permen kapas
Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay

Rasanya yang manis tentu kita langsung bisa menebak, bahwa permen kapas atau harum manis ini sebagian besar bahannya dibuat dengan gula. Tapi ternyata, bukan hanya sebagian besar karena permen ini memang hanya dibuat dengan satu bahan, yaitu gula. Gula menjadi bahan dasar satu-satunya yang ditambah dengan sedikit pewarna makanan agar tampilan lebih menarik.

Meskipun permen kapas dibuat dengan gula, kandungan glukosa permen kapas lebih rendah daripada minuman bersoda. Namun, bagi kalian yang sedang menjalani diet gula yang baik untuk kecantikan maupun kesehatan, maka kalian harus membatasi diri untuk mengonsumsi permen kapas ini.

2. Pembuat Mesin

permen kapas
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Pembuat mesin permen kapas bukanlah seorang teknisi, namun seorang dokter gigi asal Tennesse, William J. Marrison. Penciptaan mesin pembuat permen kapas sendiri diciptakan Marisson setelah ia lulus dari University of Tenessee Dental College pada tahun 1898. Terciptanya pembuat mesin permen kapas ini terkait dengan penelitiannya tentang hubungan permen dan kesehatan gigi.

Meskipun begitu, pembuat mesin ini nyatanya tidak hanya dipaten dengan nama William karena William membuat bersama temannya, yaitu  John Warton. Selain itu, lisensi atas pembuatan mesin juga didapatkan oleh Thomas Patton dan Josef Delarose pada tahun 1900.

3. Nama Awal

permen kapas
Oleh: https://www.tumblr.com/

Permen kapas pertama kali malah dinamai dengan peri benang, lalu diganti menjadi permen kapas karena tampilannya yang menyerupai kapas. Sempat dinamai peri benang karena ukurannya yang lebih kecil dan tipis daripada rambut manusia. Wah sepertinya nama peri benang juga cukup lucu dan cocok, ya!

4. Hari Khusus

permen kapas
Oleh: https://www.liputan6.com/

Karena digandrungi oleh banyak kalangan, permen kapas nyatanya juga memiliki hari khusus atau hari perayaan permen kapas. Hari permen kapas dijatuhkan pada setiap tanggal 7 Desember. Untuk merayakan hari permen kapas, warga Amerika menamai dengan  Hari Permen Kapas Nasional dengan sirkus, pameran, dan bazar penjual permen kapas.

5. Jumlah Konsumen

permen kapas
Gambar oleh Sylwia Dominik dari Pixabay

Rasanya yang manis dan ringan membuat banyak orang menyukai permen kapas, tak heran jika ada 2 juta orang yang memakan permen kapas setiap harinya. Bukan angka yang sedikit bukan?

6. Banyak Warna dan Varian

permen kapas
Oleh: https://www.convenientcateringnj.com/

Permen kapas memang mulanya diciptakan dengan warna merah muda atau pink, namun lama kelamaan warnanya menjadi sangat beragam. Kalian bisa melihat warna-warna unicorn, putih, jingga, dan lain sebagainya.

Tak hanya warna, bentuknya juga beragam di mana kini banyak dijual dengan bentuk karakter mulai dari karakter abstrak hingga karakter kartun yang menggemaskan.

7. Tempat Pertama Kali Dijual

permen kapas
Oleh: https://www.idntimes.com/

Permen kapas pertama kali dijual di St, Louis World Fair Amerika pada tahun 1904. Permen ini pertama kali dijual dengan harga 25 sen per kotak. Harga tersebut setara dengan pengalaman mereka yang makan permen kapas untuk pertama kalinya.

8. Rekor Permen Kapas

permen kapas
Oleh: https://www.foodnetwork.com/

Pada Juli tahun 2009, rekor permen kapas paling panjang dibuat, yaitu sepanjang 1.400 meter seluas 13 kali lapangan bola. Pembuatan permen kapas terpanjang ini dibuat dengan waktu selama 6 jam.

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang permen kapas yang bisa kalian ketahui. Rasanya yang manis tentu permen kapas tidak terlalu bersahabat dengan kesehatan gigi. Namun kalian tak perlu khawatir jika kalian tidak makan berlebihan. Jangan lupa untuk memilih bentuk dan warna permen kapas yang menarik, sehingga bisa untuk teman berfoto sebelum kalian memakannya. Setelah itu, posting di media sosial untuk mempercantik instagram kalian. Bagaimana, sudah ingin memakan dan mencari permen kapas yang manis ini?

Leave a Reply