Cari Tahu Tentang Harimau Putih yang Terancam Punah, Yuk!

Harimau Putih merupakan salah satu satwa unik yang bisa kita temukan di Indonesia. Sesuai namanya, harimau ini spesial dan memiliki warna bulu putih. Selain memiliki penampilan yang unik dan spesial. Harimau putih juga memiliki beberapa fakta unik dan menarik lainnya. Penasaran? Simak terus, yuk!

Bukan Spesies Albino!

harimau putih

Gambar Oleh: Gambar oleh Andrew Swinfield dari Pixabay

Ya, salah satu keunikan harimau putih ini adalah kondisi bulu putihnya. Karena warna putihnya ini, harimau ini sering dikira merupakan harimau albino. Tapi jangan salah, harimau putih ini ternyata bukan gen albino, lho! Karena ia masih memiliki loreng berwarna hitam seperti harimau yang lainnya. 

Ternyata harimau ini memiliki warna putih karena ia membawa gen resesif. Meskipun memiliki loreng dengan warna hitam, tapi warna hitam tersebut juga tidak hitam pekat seperti harimau lainnya. Matanya yang biru juga membuat makin banyak orang yang yakin bahwa spesies ini merupakan spesies harimau albino.

Habitat Aslinya Di India

harimau putih

Gambar Oleh : Gambar oleh JEROME CLARYSSE dari Pixabay

Hal unik lainnya dari harimau ini adalah asalnya dari India. Hewan ini merupakan salah satu hewan yang sangat populer di Indonesia. Bahkan di Indonesia banyak yang sering mengaitkan harimau berwarna putih ini dengan hal mistis. Akan tetapi asal kamu tahu, harimau berwarna putih ini tidak berasal dari Indonesia, lho! 

Harimau berwarna putih ini memiliki habitat asli dari India. Selain bisa ditemukan di India, harimau ini juga bisa ditemukan di daerah lain sekitar Bhutan dan juga Nepal. Sayangnya meski merupakan hewan yang berasal dari India, kamu tidak bisa menemukan hewan ini dalam jumlah besar saat berkunjung di India. Hal ini disebabkan karena hewan harimau ini adalah hewan yang sekarang jumlahnya sangat sedikit. Jumlah hewan yang tinggal sedikit ini disebabkan karena hewan ini memang sudah terancam punah. Kondisi seperti ini juga sudah valid dan diakui oleh IUCN. 

Merupakan Predator Terkuat 

harimau putih

Gambar Oleh :Gambar oleh Christel SAGNIEZ dari Pixabay

Kenyataan lain dari Harimau Putih adalah mengenai statusnya di dalam ekosistem. Di ekosistem hutan, bisa dikatakan bahwa harimau berwarna putih ini adalah predator yang paling kuat. Harimau ini merupakan jenis hewan karnivora dan melakukan perburuan di malam hari. Warna putih dari hewan ini tidak mencolok di malam hari dari pandangan hewan lain. Hal inilah yang membuat hewan ini memiliki kebiasaan berburu yang unik. Bahkan harimau putih ini juga tidak mengganggu satu sama lainnya, lho saking kuatnya! 

Seperti spesies kucing besar lainnya, hewan ini memiliki area atau wilayah sendiri-sendiri. Wilayah ini membuat hewan ini harus menandai areanya. Salah satu cara yang digunakan untuk menandai areanya, kucing besar putih ini akan mencakar daerah dan juga mengencingi area yang dianggap miliknya. 

Penjaga Keturunan Kerajaan 

harimau putih

Gambar Oleh : Gambar oleh Valsan Fox Valsan Fox dari Pixabay

Seperti yang disebutkan sebelumnya, harimau berwarna putih ini merupakan hewan yang banyak dikaitkan dengan hal mistis terutama di Indonesia. Di Indonesia, harimau yang memiliki warna putih ini dikenal sebagai sosok yang makhluk yang tidak nyata dan banyak di sebut sebagai penjaga keturunan kerajaan di Indonesia. 

Harimau putih banyak disebut sebagai harimau penjaga dari raja Pajajaran yaitu prabu Siliwangi. Konon katanya harimau putih merupakan seekor hewan mistis yang bertugas untuk melindungi prabu Siliwangi dan juga keturunannya terlebih dari gangguan makhluk halus. 

Legenda ini merupakan legenda yang sangat kuno dan masih dipercaya hingga saat ini. Akan tetapi tidak ada yang pernah tahu apakah hewan mitos ini benar-benar ada dan merupakan spesies yang sama dengan harimau putih yang hampir punah ini atau hanya memiliki perwujudannya saja yang sama. 

Di Indonesia sendiri, harimau putih ini bisa ditemukan di beberapa tempat. Jika kamu memang ingin melihat harimau ini kamu bisa melihatnya di kebun binatang. 

Cucu Kita Tidak Akan Melihatnya Lagi

harimau putih

Gambar Oleh : Gambar oleh Deepu Joseph dari Pixabay

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harimau putih adalah hewan yang terancam punah. Menurut International Union for Conservation of Nature and Natural Resources Atau IUCN, harimau putih atau disebut dengan harimau benggala ini memang tidak bisa dihindarkan dari kepunahan. Hingga saat ini, jumlah dari harimau benggala ini hanya tersisa sangat sedikit. Hanya ada sekitar 80 ribu harimau saja yang masih ada di seluruh dunia. Jumlah ini tentunya sangat sedikit jika dibandingkan dengan populasi hewan yang lainnya. 

Padahal hewan ini sangat kuat, ya! Lantas mengapa hewan ini bisa punah? Kepunahan dari harimau benggala ini ada banyak faktornya, hilangnya habitat dari harimau benggala ini mengambil bagian dalam makin sedikitnya jumlah hewan yang diprediksi akan punah ini. Selain itu, meski dalam ekosistem harimau putih ini adalah predator yang ada di puncak ekosistem, akan tetapi harimau benggala banyak diburu oleh manusia. Inilah yang menjadi salah satu penyebab punahnya harimau putih ini di 50 tahun mendatang. 

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!