alat musik tiup
|

Alat Musik Tiup Yang Pernah Kamu Lihat Tapi Tidak Tahu Namanya

Beli Buku Komik Next G Yuk!

Alat Musik Tiup – Musik adalah sebuah instrumen yang bisa membuat para pendengarnya merasa senang, tenang, dan begitu menjiwainya. Musik sendiri bisa menjadi sebuah instrumen karena ada alat-alat musik yang memiliki peran memadukan nada-nada tersebut menjadi lebih indah. Ada berapa jenis alat musik yang Anda ketahui? Umumnya alat musik yang kita ketahui seperti gitar, bass, drum, piano, keyboard, biola, dan terompet. Padahal alat musik banyak sekali jenisnya. Setiap negara pun juga memiliki alat musik khasnya sendiri-sendiri.

Salah satu jenis alat musik yang masih jarang dimainkan adalah alat musik tiup. Untuk menggunakan alat musik ini Anda harus memiliki kapasitas udara di paru-paru yang besar. Alat musik ini memang melibatkan alat pernapasan secara langsung.Tanpa udara yang melaluinya, maka alat musik ini tidak bisa berbunyi menghasilkan nada. Alat musik ini sendiri memiliki aneka ragam bentuk. Sekarang sudah saatnya bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis alat musik tiup yang mungkin pernah anda lihat tetapi tidak mengetahui namanya.

Inilah Ragam Jenis Alat Musik Modern

Alat musik tiup modern adalah salah satu jenis alat musik yang di dalamnya terdapat sebuah ruang kosong yang berbentuk tabung. Ruang kosong berbentuk tabung itu harus diisi oleh udara supaya bisa bergetar dan menghasilkan suara yang bernada. Nah, untuk bisa menyalurkan udara ke dalamnya adalah dengan cara ditiup. Pada tubuh alat musik ini biasanya diberikan lubang khusus yang difungsikan untuk meniupnya menggunakan mulut.

Alat musik jenis ini pada dasarnya dibagi menjadi dua kategori, yakni alat musik dari kayu dan dari logam. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa contoh alat musik yang dibedakan berdasarkan kategorinya tersebut:

1. Klarinet

Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional Beserta Gambarnya

Anda pernah menonton serial kartun Spongebob? Pastinya tahu kan dengan karakter Squidward yang hobi memainkan alat musik tiup Klarinet? Klarinet merupakan sebuah alat musik tiup yang masuk dalam kategori alat musik tiup dari kayu. Nama klarinet ini ternyata diambil dari sebuah kata dari bahasa Itali, yakni “Clarino” yang artinya adalah terompet. Kemudian pada akhiran katanya diganti dengan istilah “et”, yang artinya kecil.

2. Obo

Nama Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional

Alat musik kedua yang juga masuk dalam kategori alat musik tiup dari kayu adalah Obo. Bagi orang awam, alat musik ini tentunya sangat asing. Instrumen dalam obo sedikit berbeda dengan klarinet. Arti nama obo ini asal usulnya dari Bahasa Prancis yaitu “Hautbois”, yang arti dalam bahasa inggris “High Wood”. Kadang-kadang dalam bahasa inggris pun alat ini masih disebut dengan “Hautboy” daripada obo.

Alat musik obo cenderung memiliki suara yang lebih jernih serta melengking dibandingkan dengan alat musik tiup yang lain. Suaranya itu pun terdengar paling jelas saat pengaturan nada di ansambel musik. Sehingga pada pertunjukan orkestra pun biasanya akan melakukan pengambilan nada dengan mendengarkan suara dari obo ini.

3. Saksofon

Macam-macam Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional

Selanjutnya ada alat musik yang terkenal elegan. Mungkin Anda mengenal yang satu ini, yaitu saksofon. Alat musik ini juga masuk dalam kategori alat musik tiup dari kayu, sama halnya dengan klarinet dan obo. Sedangkan bahan utama pembuatannya berbahan dasar dari logam. Saksofon sendiri merupakan alat musik tiup yang cukup populer dimainkan dalam beberapa genre musik, khususnya jazz.

Alat musik ini juga sering tampil dalam acara-acara musik yang dibawakan oleh band dalam sebuah konser. Padahal dahulunya saksofon lebih sering dimainkan untuk acara orkestra dan band militer. Tak sampai disitu, ternyata alat musik ini masih dibagi menjadi 3 macam, yaitu Curved Bell Soprano Saxophone, Soprano Saxophone, dan Alto Saxophone.

4. Flute

Gambar Flute

Di posisi yang keempat ada alat musik bernama flute. Flute ini juga masih masuk dalam kategori alat musik dari kayu. Karakter suara yang dihasilkannya pun lebih lembut, sehingga bisa dipadukan dengan instrumen lainnya dan pada akhirnya tercipta nada selaras yang indah. Flute modern yang diperuntukkan bagi para profesional biasanya terbuat dari bahan seperti perak, emas, atau bisa jadi kombinasi antara keduanya. Sedangkan flute yang diperuntukkan bagi para pemula terbuat dari bahan campuran perak dan nikel atau bisa jadi logam yang sudah dilapisi perak.

5. Terompet

Gambar terompet

Berikutnya ada terompet. Tentunya Anda mengenal alat musik ini, kan? Terompet masuk dalam kategori alat musik tiup logam. Alat musik ini mempunyai tingkatan yang paling tinggi dibandingkan jenis lainnya yaitu Tuba, Eufonium, Trombon, Sausafon, French Horn, dan Bariton. Untuk nadanya sendiri berada pada kunci Bb. Ciri alat musik terompet adalah tiga buah tombol yang dimilikinya, yang mana nanti para pemainnya harus menyesuaikan teknik peniupan supaya bisa mendapatkan nada yang sesuai.

Terompet ini umumnya memang mempunyai kunci Bb. Tapi Anda masih bisa kok menemukan terompet dengan kunci lain seperti, C, D, Eb, E, F, G, atau A. Untuk terompet dengan kunci C ini biasanya dimainkan hanya dalam pertunjukan orkestra Amerika. Mengapa demikian? Karena terompet C memiliki bentuk yang lebih kecil, sehingga menimbulkan efek suara yang lebih jernih.

6. Trombon

Gambar trombon

Sama halnya dengan terompet, trombon adalah alat musik tiup dari logam. Nama trombon ini asal mulanya dari bahasa Italia, yaitu “Tromba” yang artinya terompet dan “One” yang merupakan akhiran dengan makna besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa arti nama trombon adalah terompet besar. Nama tersebut juga didasari pada fakta bahwa trombon memiliki ukuran lebih besar daripada terompet.

7. Harmonika

Gambar harmonika

Siapa yang tak tahu harmonika? Alat musik tiup ini memiliki suara yang khas dan bentuknya pun berbeda dengan alat musik lainnya. Jika alat musik lain cenderung berbentuk lurus atau melengkung dengan ruang tabung di dalamnya, harmonika justru memiliki bentuk persegi empat. Di tepiannya terdapat lubang-lubang kecil yang jika ditiup menghasilkan nada-nada tertentu. Harmonika lebih mudah dimainkan daripada alat musik lain, karena ia tak membutuhkan teknik tertentu dalam peniupannya.

Beberapa Alat Musik Tradisonal dari Indonesia

Tak hanya alat musik modern saja, Indonesia pun juga mempunyai alat musik tiup tradisional. Diantaranya sebagai berikut:

1. Tahuri

Gambar tahuri
Oleh: www.indonesiakaya.com

Tahuri adalah alat musik dari kerang yang memiliki berbagai ukuran berbeda. Apakah kerang bisa dibuat menjadi alat musik? Tentu saja. Bukan jenis kerang yang biasa dikonsumsi, tapi kerang yang memiliki cangkang bulat dan melengkung.Untuk bisa dijadikan sebagai alat musik, cangkang dari kerang ini harus dilubangi terlebih dahulu sehingga bisa menghasilkan nada yang serasi. Alat musik ini asalnya dari daerah Maluku.

2. Serunai

gambar Serunai
Oleh: www.dakta.com

Alat musik tradisional dari Indonesia yang kedua disebut dengan serunai. Serunai ini adalah alat musik tiup asli dari daerah Minang, Sumatra Barat. Bentuk dari serunai hampir sama dengan klarinet, hanya saja ujung tabung yang mengeluarkan suara bentuknya lebih mengembang karena berfungsi untuk membesarkan volume suaranya.

3. Saluang

Alat Musik tiup tradisional indonesia dan asalnya
Oleh: www.raparapa.com

Satu lagi alat musik tradisional yang berasal dari daerah Minang, yaitu Saluang. Saluang terbuat dari bambu yang tipis, dan di daerah asalnya disebut dengan talang. Alat musik ini sebenarnya masih masuk dalam kategori suling, namun pembuatannya sendiri lebih sederhana dari suling, yakni lubang pengaturan nadanya hanya berjumlah empat.

Baca: https://id.yamaha.com/id/products/musical_instruments/winds/index.html

4. Foy Doa

gambar foy doa
Oleh: www.alatmusik.org

Beralih lagi ke daerah Timur Indonesia, kali ini ada alat musik tradisional bernama Foy Doa yang berasal dari daerah Flores, Nusa Tenggara Timur. Foy Doa juga terbuat dari bambu yang dihubungkan dengan tali sehingga bergandengan menjadi dua atau lebih dalam satu rangkaiannya. Foy Doa biasanya akan digunakan oleh para pemuda setempat dalam ritual tradisional yang dilaksanakan pada malam hari.

5. Pereret Pangasih-asih

gambar pangeret asih asih
Oleh: www.budayapedia.blogspot.com

Pulau Bali memang memiliki sejuta pesona dalam hal budaya, termasuk alat musik tradisionalnya. Daerah Jembrana, Bali, ada alat musik tradisional yang bernama Pereret Pangasih-asih. Pada dasarnya, alat musik ini memiliki bentuk yang mirip dengan terompet, hanya saja terbuat dari kayu. Kemudian alat musik ini akan dibentuk sedemikian rupa hingga bisa tercipta suara dan nada yang juga persis dengan terompet.

Itulah beberapa jenis alat musik tiup. Ternyata alat musik ini memang banyak sekali jenisnya, termasuk yang dari Indonesia. Semoga ulasan ini mampu memberikan tambahan ilmu untuk Anda.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *