5 Taman Bermain di Indonesia Yang Memberikan Pengalaman Unik

Mengisi liburan dengan mencari pengalaman baru yang unik pasti diinginkan oleh semua orang, terlebih bagi anak-anak. Di Indonesia, ada banyak, bahkan hingga ratusan taman bermain yang dapat Anda nikmati bersama keluarga. Begitu banyak taman bermain yang tentu menyuguhkan pengalaman yang mengesankan bagi para pengunjungnya. Mulai dari yang outdoor hingga tak sedikit pula yang indoor, taman bermain di Indonesia akan membuat Anda dan anak-anak terkesan sehingga dapat memberikan pengalaman berharga. Berikut telah kami rangkum lima taman bermain yang dapat dijadikan alternatif liburan untuk Anda dan keluarga.

5 Taman Bermain Anak yang bisa Anda kunjungi

1. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi atau yang biasa disebut dengan nama Dufan adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang cukup populer dan banyak menjadi rujukan untuk berlibur. Dunia Fantasi memiliki maskot berupa bekantan. Bekantan merupakan hewan sejenis monyet dengan hidung panjang dan rambut berwarna coklat kemerahan. Taman hiburan yang terletak di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol ini, memiliki luas hingga mencapai 9,5 hektar. Di dalamnya dibagi menjadi beberapa kawasan yang bertujuan untuk dapat menggugah imajinasi para pengunjungnya. Saat mengelilingi taman hiburan yang satu ini, para pengunjung akan merasakan sensasi berjalan-jalan di Jakarta tempo dulu. Selain itu, beberapa kawasan di dalamnya juga bertema suasana beberapa benua di dunia, seperti Eropa, Amerika, Asia, Yunani, dan lain sebagainya.

Di taman bermain ini, terdapat berbagai jenis wahana yang bisa dinikmati, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Diantaranya adalah Bianglala, Kora-Kora, Kicir-Kicir, Histeria, Tornado, Gajah Beledug, Halilintar, Arung Jeram, Istana Boneka, Hello Kitty Adventure, dan masih banyak lagi. Wisata Dufan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00 WIB.

2. Taman Safari Bogor 

Taman Safari terletak di daerah pegunungan Cisarua Bogor dengan pemandangan yang indah. Taman Safari ini juga memiliki fasilitas permainan yang lengkap, atraksi hewan, dan berbagai jenis hewan yang ada.  Dengan lahan yang sangat luas, di Taman Safari Indonesia, Anda bisa melihat, memberi makan hewan, dan juga bisa dihibur dengan berbagai atraksi hewan. Atraksi-atraksi hewan tersebut mulai dari Tiger Show, Elephant Show, Various Animals Show, Birds of Prey, dan Dolphin Show.  Selain itu, wahana permainannya juga cukup lengkap seperti Roller Coaster, Kicir-Kicir, Untang-Anting, Arung Jeram, dan lain sebagainya.

Pada saat memasuki Taman Safari ini, pengunjung akan disambut oleh berbagai jenis hewan yang berkeliaran dengan bebas.  Hewan pertama yang akan pengunjung temui adalah satwa-satwa jinak seperti gajah, jerapah, unta, rusa, dan monyet. Setelah itu, diselingi dengan hewan-hewan buas seperti singa, harimau, beruang, hingga buaya. Saat akan memasuki kandang hewan buas, terdapat papan-papan peringatan yang memberitahu untuk selalu menutup jendela mobil pengunjung. Taman Safari buka setiap hari dari pukul 08.30 sampai 17.30 WIB.

3. Jatim Park 1

Jawa Timur Park 1 atau Jatim Park 1 merupakan tempat rekreasi sekaligus taman belajar yang terdapat di kota Batu, Jawa Timur. Jatim Park ini terletak di lereng timur Gunung Panderman, dengan ketinggian 850 meter diatas permukaan laut, sedangkan luasnya kurang lebih 11 hektar. Di taman wisata ini dilengkapi dengan berbagai show dan events seperti Volcano Show, Bird Park, Reptil Show, foto bersama boneka maskot, hingga live music di  Amphitheater Vulcano. Selain itu, di Jawa Timur Park 1 ini juga terdapat berbagai jenis wahana edukasi unik yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Wahana-wahana tersebut antara lain Galeri Etnik, Anjungan Jawa Timur, Science Centre Kimia dan Biologi, Taman Fisika, Galeri Belajar, Taman Agro, Taman Sejarah, Baby Zoo, Diorama Binatang, Taman Ikan, Taman Burung, serta Taman Reptil. Ada juga berbagai permainan yang unik dan seru, yaitu Convoy Car, Battery Car, Ulat Coaster, Sky Chopter, Thomas Mini Train, Mobil Mini, Playground, Merry Go Round, Kolam Renang Anak, Water Park, Samba Ballon, Flying Tornado, Spinning Coaster, Drop Zone, Star Chase, Columbus, Jet Coaster, Mobil Remote, Wall Climbing, Crazy Trampolin, Arena Ketangkasan & Games Room, Flumride, Boom Boom Laser Car, Bioskop 3 Dimensi, Flying Fox, hingga Water Boom.

4. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan indoor theme park terbesar di dunia, yang terletak di Bandung. Berlokasi di Jalan Gatot Subroto Bandung, Trans Studio Bandung menjadi satu area dengan Trans Studio Mall dan Trans Luxury Hotel. Tempat wisata ini buka setiap hari, untuk hari Senin sampai Jumat buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB. Di area bagian depan sebelum masuk, pengunjung akan disuguhkan beberapa megatron jumbo, serta ada Menara Eiffel mini. Di Trans Studio Bandung ini ada 20 wahana yang bisa di nikmati, dan rata-rata bisa untuk anak mulai tinggi 110 cm. Pengunjung cukup berjalan menyusuri area ini tanpa perlu peta di tangan.

Beberapa wahana di Trans Studio Bandung ini adalah roller coaster yang bernama Yamaha Racing Coaster, Dunia Raksasa, Vertigo, dan Giant Swing. Ada juga wahana 4D dengan cerita dan tokoh dari komik Marvel, serta pertunjukan di Amphitheater. Lalu, ada Magical Parade of Zoo Crew setiap jam 4 sore, Jelajah, Sky Pirates (menaiki kapal udara berkeliling theme park), Kong Climb (panjat dinding untuk anak-anak), Petualangan si Bolang (seperti Istana Boneka), hingga yang lumayan menantang nyali di Dunia Lain.

5. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark adalah tempat wisata air terbaru yang ada di wilayah Maguwoharjo, Daerah Istimewa Jogjakarta. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark ini merupakan wahana wisata air yang paling besar dibandingkan waterpark lain yang ada di Jogja. Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.00 sampai 18.00 untuk hari Senin hingga Jumat, serta pukul 08.00 sampai 18.00 pada hari Sabtu dan Minggu. Pada area pintu masuk Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark ini, pengunjung akan disambut dengan tangga dan air mancur hingga menuju bagian loket, serta adanya menara replika mercusuar di dekat pintu masuk.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark ini bertema Pirate Adventure, dengan berbagai wahana, gedung-gedung, serta dilengkapi dengan ornamen-ornamen ala bajak laut. Ada juga pertunjukan semacam teater disini. Wahananya cukup beragam, ada yang khusus untuk orang dewasa dan ada juga yang diperuntukkan bagi anak-anak. Wahana yang paling favorit disini adalah kolam besar yang dibuat mirip pantai. Setiap satu jam sekali, ada mesin pompa besar akan menyala dan mengeluarkan bunyi gemuruh ombak yang biasa disebut “Tsunami”. Wahana ini cukup aman, dengan catatan pengunjung berada tidak terlalu dekat dengan tali pembatas batas aman. Selain itu, seluruh wahana di tempat ini ada petugas yang mengawasi dan mengatur para pengunjung.

Itulah 5 taman bermain anak yang dapat dijadikan referensi untuk liburan Anda dan keluarga. Jadikan liburan anak-anak lebih berkesan dengan mendapatkan pengalaman yang unik dan menarik, serta untuk menambah wawasan dengan berkunjung ke tempat wisata yang menarik.

Baca Juga Artikel Lainnya.

Leave a Reply