7 Tokoh Kartun Jepang yang Paling Dikenal di Indonesia

Apakah Anda penggemar kartun Jepang? Anda pasti setuju bila Jepang adalah salah satu negara yang berhasil mendistribusikan kartun atau animasinya ke seluruh dunia. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak produksi yang telah diciptakan oleh negara matahari terbit tersebut. Akan tetapi, dari semua kartun yang pernah dibuat, hanya ada beberapa tokoh kartun Jepang yang terkenal ikonik di Indonesia. Tokoh-tokoh tersebut mempunyai ciri khas dan karakter tersendiri, sehingga masyarakat Indonesia menyukainya.

Kartun-kartun di Jepang seringkali ditayangkan di channel-channel televisi Indonesia, sekitar tahun 90-an dan awal 2000-an. Sayangnya, sekarang ini tak banyak kartun Jepang menghiasi pertelevisian Indonesia sebagai tontonan anak-anak. Sebab, acara televisi kini telah berubah. Banyak kartun Jepang yang diperingatkan oleh KPI supaya tidak ditayangkan lagi. Tentunya hal ini membuat Anda dan para generasi 90-an dan 2000-an lainnya merindukan kartun Jepang yang semasa kecil sering ditonton.

Siapa Sajakah Tokoh Kartun Jepang Ternama di Indonesia?

Anda pasti sudah bisa menebak siapa saja karakter dan nama-nama kartun keren Jepang yang terkenal di Indonesia. Mau tahu selengkapnya? Simak uraiannya di bawah ini :

1. Nohara Shinnosuke (Crayon Shin-chan)

tokoh kartun jepang shin chan

Oleh : japan-programcatalog.com

Crayon Shin-chan adalah film kartun Jepang yang dulu sempat ditayangkan di channel televisi RCTI. Kartun ini akan Anda jumpai dengan mudah pada pagi hari di hari Minggu. Anak-anak generasi 90-an dan 2000-an banyak yang menikmati serial kartun ini, karena genrenya yang lucu dan menghibur. Sedangkan tokoh yang paling istimewa di sini adalah tokoh utamanya, yaitu Shin-chan.

Shin-chan punya nama asli Nohara Shinnosuke. Tapi orang tuanya lebih sering memanggilnya Shin-chan. Ia adalah anak laki-laki pertama dari pasangan Nohara Hiroshi dan Nohara Misae yang masih berusia 5 tahun. Meskipun masih 5 tahun,  Shin-chan mempunyai kebiasaan meniru sifat orang dewasa. Kadang ia suka menggoda wanita cantik dan sering membuat ulah yang kocak. Ia mempunyai adik perempuan yang bernama Himawari dan anjing peliharaan berwarna putih, yaitu Shiro.

2. Tsukino Usagi (Sailor Moon)

tokoh kartun jepang sailor moon

Oleh : themarysue.com

Sekarang giliran bagi para wanita generasi 90-an yang menyukai kartun Jepang bertema pahlawan. Anda pasti sudah akrab dengan nama kartun perempuan Sailor Moon, yaitu Tsukino Usagi. Dia adalah salah satu pemeran utama dalam anime Sailor Moon yang bercerita tentang perjuangan 5 pahlawan wanita yang mengandalkan kekuatan bersumber dari alam dan angkasa.

Tsukino Usagi ini diceritakan sebagai seorang perempuan biasa yang duduk di bangku SMA. Ia memiliki sifat khas para perempuan, yaitu cengeng dan juga terkadang ceroboh. Suatu hari ia dihampiri oleh seekor kucing hitam bernama Luna, yang akan menjadikannya seorang Sailor Moon. Pada awalnya, Usagi tak menyukai ide ini. Ia hanya ingin menjadi perempuan normal biasa. Tapi lama kelamaan ia sadar bahwa ia harus melindungi orang-orang di sekitarnya.

3. Doraemon

tokoh kartun jepang doraemon

Di posisi selanjutnya adalah salah satu tokoh kartun terkenal di dunia, yaitu Doraemon. Kartun Jepang ini dapat dikatakan sebagai kartun yang sukses, karena masih eksis dari tahun 1980-an hingga sekarang. Serialnya yang ditayangkan di RCTI tetap menjadi favorit bagi anak-anak sampai orang dewasa. Pada awalnya, Doraemon ini adalah komik. Kemudian semakin lama diangkat menjadi kartun yang ditayangkan di televisi-televisi seluruh dunia.

Seperti nama kartunnya, tokoh utama dalam serial ini adalah Doraemon. Doraemon dikisahkan sebagai robot kucing berwarna biru yang datang dari masa depan (abad 22). Pada awalnya, Doraemon berwarna kuning dan mempunyai daun telinga. Suatu hari daun telinganya digigit oleh tikus. Ia pun menangis hingga warna badannya memudar dan berubah menjadi biru. Itulah mengapa tokoh Doraemon di sini sangat takut pada tikus.

Selain itu, Doraemon selalu mempunyai peralatan canggih dari masa depan, yang ia simpan di kantong ajaibnya. Ia tinggal bersama keluarga Nobita dan selalu membantunya yang sering ditimpa masalah. Doraemon sangat menyukai kue khas Jepang, yaitu dorayaki.

4. Nobita Nobi (Doraemon)

tokoh kartun jepang nobita

Oleh : doraemon.wikia.com

Setelah Doraemon, tokoh kartun Jepang anak yang tak kalah populernya adalah Nobita Nobi. Ia menjadi pemeran utama kedua yang tak terpisahkan dengan Doraemon. Nobita adalah anak laki-laki satu-satunya dari pasangan Nobisuke Nobi dan Tamako Nobi. Pada serial kartunnya, ia mempunyai ciri khas selalu menggunakan kacamata. Selain itu, karakternya adalah anak kelas 4 SD yang pemalas, ceroboh, sering terlambat pergi ke sekolah, suka lupa mengerjakan PR, lemah, dan cengeng.

Karena semua kekurangan yang dimilikinya itu, ia seringkali dibully oleh teman-temannya, yaitu Suneo dan Giant. Hal tersebutlah yang membuat Nobita selalu meminta bantuan Doraemon untuk mengeluarkan alat-alat canggihnya agar ia bisa membalas perbuatan teman-teman yang sudah membully-nya. Nobita juga mempunyai seorang gadis yang disukainya, bernama Shizuka Minamoto. Ia selalu melakukan segala cara untuk menarik perhatian Shizuka.

5. Conan Edogawa (Detective Conan)

tokoh kartun jepang detective conan

Oleh : insideretail.asia

Berikutnya adalah kartun Jepang yang bertema tentang kriminal dan misteri. Meskipun genrenya terlihat mengerikan, tapi serial Detective Conan ini cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia. Alur ceritanya memang kurang tepat untuk anak-anak, karena isinya tentang seorang detektif cerdas yang selalu memecahkan teka-teki pada kasus kriminal. Kartun ini pernah ditayangkan di Indosiar. Namun karena jalan ceritanya tersebut, akhirnya berhenti ditayangkan.

Tokoh terkenal dalam kartun ini adalah pemeran utamanya, yaitu Conan Edogawa. Conan adalah murid kelas 1 SD Teitan yang berjiwa detektif. Sebenarnya, ia adalah seorang remaja SMA bernama Shinichi Kudo. Shinichi merupakan detektif terkenal yang sudah banyak diandalkan oleh Kepolisian Jepang. Suatu hari, ia membuntuti dua orang mencurigakan yang sedang melakukan transaksi dengan orang lain. Tapi sayangnya ia ketahuan dan orang yang ia buntuti tersebut memukulnya, kemudian memberinya obat.

Obat tersebut langsung bereaksi dan membuat tubuhnya mengecil seperti anak SD. Kemudian ia datang ke kantor Kogoro Mouri, mantan polisi yang merupakan ayah kandung sahabat dekatnya, Ran Mouri. Ia memperkenalkan diri sebagai Conan Edogawa dan tinggal bersama keluarga Mouri. Tujuannya adalah membuat Kogoro Mouri menjadi detektif terkenal, agar bisa menemukan orang yang membuatnya mengecil. Orang-orang yang ia kejar tersebut dikenal dengan nama Organisasi Hitam.

6. Naruto Uzumaki (Naruto)

tokoh kartun jepang naruto

Siapa yang tak kenal dengan Naruto? Kartun asal Jepang ini diangkat dari sebuah manga, yaitu gambar tokoh kartun Jepang yang sejenis dengan komik. Alur ceritanya  tentang kisah hidup pemeran utamanya, yaitu Naruto. Ia adalah seorang ninja yang hiperaktif dan bercita-cita untuk meraih gelar Hokage, yaitu pimpinan ninja dengan kekuatan paling tinggi di desanya.

Naruto adalah seorang anak yatim piatu. Ia mempunyai sifat yang ceria, penuh dengan semangat, sangat aktif, ambisius, namun terkadang lugu. Ia menyukai teman satu timnya yang bernama Sakura Haruno. Beberapa tokoh lain yang menjadi pendukung perannya di sini adalah Sasuke Uchiha yang merupakan temannya dan Kakashi Hatake, yaitu gurunya.

7. Monkey D. Luffy (One Piece)

tokoh kartun jepang one piece

Oleh : comicbook.com

Yang terakhir adalah dari salah satu anime terkenal di dunia, yaitu One Piece. Kartun ini adalah serial manga (komik) sejak tahun 1997, yang bercerita tentang kehidupan bajak lau. Kisahnya sendiri bermula dari penjelajahan tokoh Luffy dan krunya yang sedang mencari harta karun agar menjadi Raja Bajak Laut generasi berikutnya.

Tokoh utamanya yaitu Monkey D. Luffy, ia mempunyai tubuh yang sangat elastis bagaikan karet. Ia selalu memakai topi jerami yang diberikan oleh tokoh bernama Shanks. Tubuh Luffy yang elastis tersebut muncul setelah ia memakan buah iblis Gomu-Gomu. Kemudian kelenturan tubuhnya tersebut ia manfaatkan sebagai senjata dalam menyerang musuh. Semua jurus yang dimilikinya pun pasti diawali dengan kata Gomu-Gomu.

Ketujuh tokoh tersebut mempunyai karakter yang unik dan ciri khas berbeda satu sama lain. Itulah yang membuatnya menjadi sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Wajar saja bila Jepang patut menyandang status sebagai Rajanya Anime.

Leave a Reply