Sistem Otot Manusia, Apa Saja Fungsinya?

Teman-Teman, tahukah bila anggota tubuh dapat bergerak karena adanya sistem otot? Tanpa disadari otot manusia telah  menyumbang sekitar 40 persen dari berat tubuh seseorang. Umumnya, setiap otot memiliki perannya masing-masing yang bertugas menggerakkan seluruh organ manusia. 

Otot terdiri dari sel-sel khusus yang disebut dengan serabut otot. Sel ini yang melekat pada tulang, organ dalam, dan pembuluh darah. Sebagai alat gerak aktif, otot berperan dalam menggerakkan kerangka manusia. Selain itu, bertugas menggerakkan bagian tubuh seperti jantung, saluran pencernaan, sistem sirkulasi, dan reproduksi. Dapat dikatakan pula, bila gerakan pada tubuh hasil dari kontraksi otot. 

Dengan adanya kontraksi, otot juga berfungsi mengatur postur tubuh, persendian, hingga menghasilkan produksi suhu tubuh manusia. Di samping itu, sistem otot manusia terdiri dari 600 jenis yang tersebar di dalam tubuh. Jenis otot tersebut, dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu otot jantung, otot polos, dan otot rangka. 

Apa Saja Jenis Otot?

Otot membantu gerak tubuh pada manusia. Maka dari itu, otot maupun tulang berperan penting dalam sistem tubuh manusia. Otot termasuk alat gerak aktif, sementara tulang merupakan alat gerak pasif. Berikut jenis otot manusia. 

1. Otot Jantung

otot manusia

Gambar Oleh: https://www.ob-fit.com/

Sesuai dengan namanya, otot ini berperan untuk membangun organ jantung. Otot ini hanya ditemui pada jantung. Lalu, otot akan bekerja memompa darah keluar dari jantung dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Jenis otot ini akan menghasilkan impuls listrik yang kemudian memunculkan kontraksi jantung. Umumnya, kontraksi terjadi di alam bawah sadar. 

2. Otot Polos

otot manusia

Gambar Oleh: https://jagad.id/

Otot polos dapat bekerja tanpa adanya bantuan. Artinya, otot  dikendalikan oleh sistem saraf otomatis atau di alam bawah sadar. Jenis otot ini tersebar di seluruh bagian tubuh manusia yang dapat ditemukan pada dinding organ dalam, seperti pembuluh darah, saluran pencernaan, pernapasan, kandung kemih, dan terdapat pula pada mata. Banyak sekali fungsi otot polos, tergantung pada letak dan posisi tubuh. Misalnya, pada saluran pencernaan, otot akan membantu makanan masuk ke dalam tubuh. 

3. Otot Rangka

otot manusia

Gambar Oleh: https://www.harapanrakyat.com/

Berbeda dengan otot polos dan jantung, otot rangka dikendalikan secara sadar. Otot ini melekat pada tulang manusia dan menghasilkan kontraksi yang menyebabkan adanya pergerakan tulang. Selain menggerakkan, otot rangka juga berfungsi menghentikan gerakan. Setiap tindakan yang dilakukan secara sadar, mulai dari mengunyah, maupun berlari. Terdapat pula gerakan lainnya, seperti mengangguk dan memutar kepala. Pada otot manusia, otot rangka adalah bagian terpenting karena letaknya yang berada di seluruh tubuh.  

Apa Fungsi Sistem Otot Manusia ?

Hampir seluruh tubuh manusia terbentuk dari sistem otot yang memiliki fungsinya masing-masing. Untuk informasi lebih lengkap. Yuk, simak fungsi otot pada manusia!

1. Menggerakkan Tubuh

otot manusia

Gambar Oleh: Gambar oleh WikiImages dari Pixabay

Seperti yang sudah disampaikan bahwa, otot bertugas untuk menggerakkan tubuh manusia. Ketika melakukan gerakan, otot akan mengirim sinyal untuk berkontraksi dan menghasilkan gerakan tubuh yang diinginkan. Jenis otot yang berperan adalah otot rangka. Mengapa? Dari otot ini, Teman-Teman bisa menghasilkan gerakan saat kegiatan sehari-hari sedang berlangsung, seperti berjalan, berlari, dan masih banyak gerakan lainnya. 

2. Menjaga Keseimbangan

otot manusia

Gambar Oleh: Gambar oleh DanaTentis dari Pixabay

Otot manusia juga berfungsi menjaga kestabilan tubuh. Terdapat pula otot inti, di antaranya otot perut, otot punggung, dan otot panggul. Ketiga otot itulah yang menjaga keseimbangan tubuh. Semakin kuat otot inti, semakin baik pula keseimbangan yang dimiliki tubuh tersebut. 

3. Menjaga Postur Tubuh

otot manusia

Gambar Oleh: Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay

Selanjutnya, otot rangka juga berfungsi untuk mengatur postur tubuh. Kekuatan dan kelenturan otot menentukan postur tubuh. Akibat dari postur tubuh yang tidak dijaga dengan baik akan berpengaruh besar pada postur tubuh seseorang. Bahkan, dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot semakin melemah. Oleh karena itu, penting memperhatikan posisi duduk dan hindari kebiasaan membungkuk. 

4. Membantu Peredaran Darah

otot manusia

Gambar Oleh: Gambar oleh andreas160578 dari Pixabay

Otot jantung dan otot polos berperan penting dalam mendukung peredaran darah pada manusia. Otot jantung memiliki tanggung jawab dari sebagian fungsi tubuh yang akan memompa darah ke tubuh, sementara otot polos yang terdapat di pembuluh darah vena akan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Kedua jenis otot ini saling membantu dalam menjaga tekanan agar tidak kekurangan darah sedikit pun. 

5. Membantu Pernapasan

otot manusia

Gambar Oleh: Gambar oleh Phạm Quốc Nguyên dari Pixabay

Fungsi otot yang tak kalah pentingnya adalah membantu jalannya sistem pernapasan. Otot diafragma akan digunakan untuk pernapasan dan terletak di bawah paru-paru. Rongga dada pun akan membesar, lalu terisi dengan udara. Begitu pula sebaliknya, bila diafragma mengendur maka udara akan terdorong keluar dari paru-paru. Namun, saat bernapas otot ini membutuhkan bantuan dari tubuh lain, seperti otot punggung, otot perut, hingga otot leher.

 Bagaimana, Teman-Teman? Sudah paham mengenai fungsi otot manusi, kan? Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan tubuh sejak dini.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!