8 Kata kata Motivasi Belajar Agar Belajar Lebih Giat

Belajar adalah aktivitas yang terkadang membuat Anda merasa malas dan tidak bersemangat. Padahal belajar dapat menambah pengetahuan dan melatih otak agar selalu terasah. Otak yang tidak diasah dengan baik, juga tidak akan berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, untuk menghilangkan sifat malas dan bosan, cobalah untuk membaca kata-kata motivasi belajar singkat supaya Anda lebih sadar akan manfaat belajar untuk diri sendiri.

kata kata motivasi belajar

Kata-kata motivasi singkat ini bisa dilihat dimana saja. Mulai dari browsing internet atau sosial media. Yang penting Anda mampu memahami arti dari kata-kata tersebut yang kebanyakan pesannya tersirat. Ingatlah kata-kata itu dengan baik setiap kali Anda merasa malas belajar, agar rasa semangat hadir kembali sehingga Anda bisa meraih apapun yang diinginkan di masa depan.

8 Contoh Kata-Kata Mutiara Belajar yang Menginspirasi

Selain mencarinya dari sosial media, Anda pun bisa memperoleh kalimat motivasi belajar dari sini. Inilah beberapa contohnya :

1. Mulai Dari Awal untuk Melihat Hasilnya

“Semakin awal kau memulai pekerjaan, semakin awal pula kau akan melihat hasilnya.” (Anonim)

Kalimat tersebut sangat cocok menjadi kata-kata motivasi belajar untuk siswa. Penggambaran analoginya adalah, ketika semakin awal Anda memulai belajar, maka semakin awal pula Anda bisa memecahkan masalah. Bayangkan saja bila Anda menunda-nunda belajar, maka permasalahan tak akan segera selesai. Misalnya ketika ada PR, langsung saja kerjakan PR tersebut. Tak perlu menunggu waktu lama. Karena PR yang dibiarkan, tak akan terselesaikan dan Anda pun semakin bingung mengerjakannya.

2. Belajar Seperti Hidup Selamanya

“Hiduplah seakan-akan kau akan mati besok. Belajarlah seakan-akan kau akan hidup selamanya.” (Mahatma Gandhi)

Yang kedua ini adalah kata-kata motivasi belajar dari tokoh dunia, yaitu Mahatma Gandhi. Dalam kalimatnya tersebut, ia menyampaikan pesan bahwa kita haruslah menikmati hidup. Lakukan apapun yang kamu inginkan dan raihlah impian selama kamu masih hidup dan bisa meraihnya.

Sedangkan jalan untuk meraih impian yang diinginkan adalah dengan belajar. Selagi masih diberi umur untuk belajar, maka belajarlah dengan tekun. Agar Anda bisa meraih semua impian yang menjadi kekuatan dalam hidup. Jangan sampai hanya membuang waktu percuma tanpa kegiatan yang berarti.

3. Ilmu yang Memberi Manfaat

“Ilmu adalah sesuatu yang dapat memberikan manfaat, bukan hanya untuk dihafal.” (Imam Syafi’i)

Ada lagi kata-kata motivasi Islami yang disampaikan oleh Imam Syafi’i. Beliau menyampaikan bahwa ilmu yang digali itu memberikan manfaat untuk kehidupan. Bukan hanya sebagai hafalan saja. Jadi, jika Anda ingin belajar, yakinlah bahwa semua pelajaran tersebut akan berguna. Bila tidak di masa sekarang, berarti untuk masa yang akan datang.

Ilmu yang diperoleh tidaklah percuma. Karena setiap ilmu memberikan petunjuk baru dalam kehidupan manusia. Jangan hanya menghafal saja apapun yang kamu pelajari. Tapi cobalah dihayati dan dipahami, maka Anda akan mengerti semua fakta dibalik ilmu tersebut.

4. Bepergian Mencari Ilmu Seperti Perjalanan ke Surga

“Jika seseorang bepergian mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti menuju surga.” (Nabi Muhammad SAW)

Kata-kata motivasi belajar islami berikutnya datang langsung dari Nabi Muhammad SAW. Beliau mengandaikan bahwa orang yang rela bepergian untuk mencari ilmu, maka sama seperti perjalanan ke surga. Setelah mengetahui ungkapan ini, ternyata menuntut ilmu sangatlah mulia. Mungkin perjalanan Anda dalam mencari ilmu tak selalu berjalan dengan lancar.

Misalnya ketika Anda harus mengejar pendidikan di luar kota, tiba-tiba dana yang dimiliki terbatas, sehingga Anda tidak bisa membeli buku-buku yang dibutuhkan. Hal itu merupakan ujian. Namun Anda tidak boleh menyerah. Karena perjalanan Anda menempuh pendidikan sama saja dengan jalan menuju surga. Carilah cara yang halal untuk mendapatkan dana tambahan, atau Anda bisa meminjam buku di perpustakaan. Ingatlah bahwa di setiap masalah selalu ada solusinya.

5. Tempuh Pendidikan untuk Kehidupan Lebih Mudah

“Pendidikan memang tidak menjamin sukses, tapi tanpa pendidikan kehidupan ini menjadi lebih sulit.” (Mario Teguh)

Kata-kata motivasi belajar Mario Teguh diatas pun bisa Anda ambil pesan tersiratnya. Beliau mengatakan bahwa pendidikan memang tidak menjamin kesuksesan. Hal ini benar adanya. Karena banyak kasus orang berpendidikan masih tidak merasakan kesuksesan. Kemudian bapak motivator Indonesia ini menambahkan kalimat yang berupa tanpa pendidikan kehidupan bisa menjadi lebih sulit.

Dari pernyataan yang disampaikan oleh Mario Teguh dapat disimpulkan bahwa pendidikan itu penting. Tidak harus pendidikan formal di sekolah. Sebab pendidikan bisa didapatkan dimana saja. Tanpa pendidikan apapun, Anda tidak bisa menjalani kehidupan ini dengan mudah. Walaupun orang berpendidikan belum tentu sukses, tapi setidaknya mereka mempunyai ilmu yang bisa dibagikan dan digali lebih dalam. Kemudian mereka akan menemukan jalan baru menuju kesuksesan yang diimpikan.

6. Tidak Ada yang Tidak Mungkin

“Nothing is impossible, the word itself says ‘I’m possible!’” (Audrey Hepburn)

Arti dari kata-kata motivasi belajar bahasa inggris di atas adalah tidak ada yang mustahil, kata-kata itu sendiri berbunyi “Saya bisa!” Kalimat tersebut menunjukkan afirmasi positif bahwa tidak ada di dunia ini yang tidak mungkin. Cobalah Anda lihat di sekeliling Anda. Anda sekarang ini bisa menggunakan teknologi canggih, semuanya serba modern dan memudahkan kehidupan. Semua itu adalah hasil karya orang lain yang dimulai dari belajar.

Bayangkan bila Anda terus belajar dengan rajin, pasti suatu saat nanti Anda juga bisa menciptakan sesuatu yang berguna untuk orang lain. Oleh karena itu, tanamkanlah pikiran bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Semua keinginan pastilah bisa terkabul dengan belajar dan sikap pantang menyerah.

7. Pendidikan Sebagai Tiket Masa Depan

“Pendidikan merupakan tiket untuk masa depan. Hari esok untuk orang-orang yang telah mempersiapkan dirinya hari ini.” (Malcolm X)

Tak henti-hentinya para tokoh dunia untuk menganjurkan kita belajar dan berpendidikan. Bagi orang yang dengan semangat ingin mempunyai pendidikan berkualitas, tentu nantinya ia akan mendapatkan kehidupan lebih baik di masa depannya. Coba kita ambil contoh dari segi penemuan-penemuan oleh ilmuwan di masa lalu. Misalnya saja listrik.

Apa yang terjadi jika seorang penemu listrik pertama yaitu, Michael Faraday, tak pernah menemukan listrik sebelumnya? Pastilah sampai sekarang kita masih hidup bergelap-gelapan tanpa adanya listrik. Padahal fungsi listrik di zaman sekarang ini sangatlah krusial. Kegiatan yang dilakukan hampir semuanya menggunakan tenaga listrik. Inilah pentingnya pendidikan.

Sekali lagi, bukan berarti pendidikan yang ditempuh adalah formal. Sedangkan Michael Faraday sendiri hanya lulusan SD. Tapi ia selalu rajin belajar, hingga membuatnya menjadi manusia berpendidikan dan berhasil menemukan listrik sebagai sumber kehidupan sampai kini.

8. Jangan Tunggu Sampai Siap

“Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu.”(Lemony Snicket)

Kalimat motivasi di atas ini mengungkapkan bahwa Anda tak harus menunggu sampai siap. Apapun yang Anda lakukan, termasuk dalam hal belajar, jangan tunggu sampai siap. Karena kesiapan itu tidaklah pasti. Anda tak akan bisa memulainya jika hanya menunggu siap saja. Jika ingin belajar, lakukanlah sekarang juga. Tak ada gunanya menunda-nunda waktu.

Contohnya saja ketika masih kecil, Anda akan diajari banyak hal oleh orang tua, bukan? Orang tua Anda pun tak akan menunggu Anda siap. Anak kecil yang belum tahu apa-apa tidak akan bisa membaca dengan sendirinya. Orang tua Anda harus mengajari saat itu juga, supaya Anda bisa membaca dengan lancar. Jika menunggu siap, sampai dewasa pun Anda tak akan bisa membaca.

Semoga kalimat-kalimat motivasi di atas dapat memberikan ilham kepada Anda. Bahwa belajar dan pendidikan itu penting. Semua pelajaran dapat diperoleh dari mana saja. Jadi, jangan hanya berfokus pada pendidikan formal. Yang penting, Anda haus akan ilmu dan terus bersemangat untuk menggalinya.

Leave a Reply