Lihat Kecantikan Taman Nasional Maluku, Yuk!

Maluku merupakan wilayah yang terletak di area timur Indonesia. Wilayah ini sebagian besar masih berupa daratan yang tertutup hutan dan belum terjamah oleh kehidupan manusia. Daratan ini dilindungi sebagai salah satu Taman Nasional Bangsa Indonesia. Kekayaan alam tanah Maluku ditambah keragaman flora faunanya menjadikan Maluku sebagai salah satu wilayah dengan daya tarik tersendiri. Jika kalian berkunjung ke sini, pastikan untuk tidak melewatkan mengunjungi Taman Nasional Maluku.

Dua Taman Nasional Maluku yang Menakjubkan

Maluku memiliki dua area yang dijadikan tempat konservasi atau taman nasional. Kedua taman ini memiliki keindahan masing-masing. Keduanya menyimpan keragaman flora fauna yang tiada tara. Yuk, kita simak keindahan dua Taman Nasional Maluku ini !

1. Taman Nasional Aketajawe Lolobata

taman nasional maluku
rimbakita.com

Taman nasional yang terletak di Maluku ini memiliki luas mencapai 167.319 hektar. Taman Nasional ini terletak di blok Aketajawe, yakni di Halmahera, Maluku Utara, Indonesia. Sejak diresmikan sebagai taman nasional pada tahun 2004, semua flora dan fauna yang ada di dalamnya selalu dijaga, dirawat, dan dilestarikan.

Kalian bisa menjumpai berbagai macam flora dan fauna yang merupakan kekayaan Indonesia, khususnya khas wilayah Indonesia Timur. Taman ini dihuni oleh setidaknya 23 spesies burung endemik, yaitu jenis burung yang hanya bisa ditemui di daerah ini. Taman Nasional Aketajawe Lolobata ini bisa dikatakan sebagai surganya hewan aves atau burung.

Kalian akan menemukan beragam jenis burung seperti cendrawasih, cekakak, bidadari halmahera, cikuakua hitam, paok halmahera, kakatua putih dan elang alap halmahera. Bidadari halmahera adalah spesies unggulan yang dijadikan ikon dari taman nasional ini.

Selain jenis burung, kalian juga akan menemukan 150 lebih jenis fauna yang terdiri dari kategori mamalia, aves, reptil, amfibi dan serangga. Sedangkan floranya, kalian tidak perlu ragu lagi sekitar 237 jenis tumbuhan bisa kalian temukan disana. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang umum dan ada juga dari jenis obat-obatan.

Taman nasional yang satu ini tidak hanya kaya akan flora dan fauna saja. Di sana, kalian juga bisa melihat air terjun, goa, dan jembatan-jembatan. Goa dan air terjunnya terbentuk secara alami dari kekayaan alam dan airnya sangat jernih.

2. Taman Nasional Manusela

taman nasional maluku
www.genpi.co

Jika Taman Nasional Aketajawe Lolobata dinobatkan sebagai surganya burung, maka Taman Nasional Manusela bisa disebut sebagai surganya laut. Taman Nasional dengan total luas sekitar 189.000 hektar ini terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Taman Nasional Manusela ini merupakan gabungan dari dua cagar alam. Cagar Alam yang pertama adalah Cagar Alam Wai Nua dan kedua adalah Cagar Alam Wai Mual.

Meskipun disebut sebagai surganya laut, hal ini tidak menjadikan Taman Nasional Manusela sepi penghuni daratan. Taman ini pastinya memiliki kekayaan fauna seperti burung paruh bengkok, rangkong, kakatua, nuri, dan raptor. Hanya saja, keragamannya tidak sebanyak yang ada di Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Ratusan flora di taman nasional ini juga cukup melimpah ruah diantaranya seperti eucalyptus, beringin, bakau, ketapang, cemara laut, dan masih banyak lagi.

Taman Nasional Manusela memang lebih menonjol pada sisi kontur wilayahnya. Kalian bisa menemukan pegunungan, bukit kecil, hutan tropis, pesisir hutan bakau, hingga lautan terumbu karang yang mempesona. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan bahwa taman nasional ini merupakan area konservasi paling indah dan paling lengkap yang ada di Indonesia.

Jika kalian berkunjung ke Taman Nasional Manusela, kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seperti panjat tebing, hiking, camping, snorkeling, hingga diving. Bagi kalian yang menyukai aktivitas pendakian, Taman Nasional Manusela memiliki gunung yang merupakan gunung tertinggi di Maluku, yakni Gunung Binaiya.

Gunung ini termasuk gunung yang cukup mudah didaki. Gunung Binaiya berada di Pulau Seram. Lokasinya tepat berada di tengah kepulauan ini. Kalian tidak perlu khawatir, gunung ini sudah terbilang gunung yang aman. Selain itu, jalannya sangat mudah untuk dilewati serta pemandangannya sangat indah untuk dinikmati.

Selain pecinta hiking, taman nasional ini juga sangat cocok untuk kalian yang suka olah raga laut. Kawasan laut dan pesisir Pulau Seram menyimpan pesona yang tiada tara. Kalian akan dimanjakan oleh berbagai jenis terumbu karang dan ekosistem laut.

Kehidupan alam bawah lautnya tidak ada bandingannya. Corak dan warna ikan dan segala penghuninya sangat memukau mata yang memandang. Segala keindahan ini merupakan surga tak ternilai harganya.

Keindahan Taman Nasional Maluku baik Taman Nasional Aketajawe Lolobata ataupun Taman Nasional Manusela memang merupakan keindahan alam yang tidak akan ditemukan di belahan Indonesia lainnya. Keduanya merupakan sumber kekuatan yang menjadikan Indonesia sebagai zamrud khatulistiwa. Oleh sebab itu, hendaknya kita semua selalu menjaga dan melindungi kelestarian taman nasional ini. Jangan hanya   karena ego dan keuntungan semata, kehadiran kita disana malah merusak dan menghancurkan keindahan alam ini. Jadi, jika kalian berkunjung ke taman nasional, pastikan untuk tidak meninggalkan sampah, membakar, dan hal lainnya yang dapat berpotensi merusak ekosistem pada kedua taman nasional tersebut.

Leave a Reply