Di Dunia Ini Ada Enam Perubahan Wujud Benda, lho! Yuk, Cari Tahu!

Banyak sekali hal-hal unik yang dapat kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti perubahan wujud benda yang menarik untuk dipelajari. Perubahan tersebut berasal dari zat padat, cair, dan gas.

Setidaknya terdapat enam perubahan wujud benda yang perlu kita ketahui. Perubahan-perubahan tersebut memiliki keunikan masing-masing, lho! Kira-kira apa saja, ya perubahan wujud benda yang sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari? Yuk, kita cari tahu bersama!

Enam Perubahan Wujud Benda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya terdapat tiga wujud benda di dunia ini yaitu zat padat, cair, dan gas. Dalam keseharian kita, zat padat dapat kita temui pada kursi, meja, es balok, dan benda-benda padat lainnya. Sementara zat cair berupa air, sirup, hujan, dan sebagainya. Terakhir, zat gas berupa udara yang kita hirup seperti oksigen, karbon monoksida yang keluar dari kendaraan bermotor, dan karbon dioksida.

Zat-zat tersebut dapat mengalami perubahan wujud, lho Teman-Teman! Ada yang berubah dari padat ke cair, cair ke padat, padat ke gas, gas ke padat, cair ke gas, dan gas ke cair. Dari perubahan-perubahan tersebut dapat kita ketahui terdapat enam perubahan wujud benda yang terjadi. Berikut penjelasan dari keenam perubahan wujud tersebut:

1. Mencair

perubahan wujud

Gambar oleh bottlein dari Pixabay

Mencair merupakan perubahan wujud zat padat ke cair. Biasanya perubahan tersebut terjadi disebabkan oleh suhu yang lebih panas. Berikut beberapa peristiwa mencair yang biasa kita temui sehari-hari:

a. Mentega yang dipanaskan akan meleleh menjadi cair.

b. Es batu yang dikeluarkan dari dalam lemari es akan berubah menjadi air.

c. Cokelat batang apabila dipanaskan akan mencair.

2. Membeku

perubahan wujud

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Jika mencair merupakan perubahan wujud dari padat ke cair, membeku merupakan kebalikannya. Perubahan wujud dari zat cair ke padat terjadi karena adanya suhu dingin yang mendukung terjadinya pembekuan. Berikut berbagai peristiwa membeku yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari:

a. Air yang dimasukkan ke dalam freezer lemari es dapat berubah padat menjadi es batu.

b. Cokelat cair yang dicetak dan dimasukkan ke lemari es akan berubah menjadi cokelat padat.

c. Lilin yang telah meleleh akan berubah menjadi padat kembali apabila api pada sumbunya dimatikan.

3. Menyublim

perubahan wujud

Oleh: www.motorplus-online.com

Perubahan wujud zat selanjutnya adalah menyublim yaitu perubahan wujud benda dari padat menjadi gas. Meskipun benda padat tersebut keras, pengaruh suhu ruangan dapat membuat benda tersebut berubah menjadi gas.

Peristiwa tersebut dapat ditemukan pada perubahan kapur barus yang biasa digunakan sebagai pengharum lemari atau ruangan. Seperti yang kita ketahui, kapur barus merupakan benda padat, tetapi jika dibiarkan berada di ruang terbuka, lama-kelamaan kapur barus tersebut akan mengecil dan menghilang. Hal tersebut terjadi karena kapur barus menguap akibat perubahan suhu dalam ruangan tersebut.

Selain kapur barus, terdapat es kering yang biasa digunakan untuk menjaga kualitas makanan yang akan dibawa jarak jauh. Es kering sendiri bukanlah zat cair dibekukan, melainkan gas karbon dioksida yang dipadatkan.

Oleh karena itu, apabila terkena udara, es kering tidak akan mencair tetapi melepas karbon dioksida ke udara yang berbentuk seperti asap atau kabut. Terkadang es tersebut digunakan untuk menghasilkan kabut buatan dalam sebuah pertunjukan.

Ingat, ya Teman-Teman! Walaupun tidak begitu membahayakan, es kering merupakan karbon dioksida yang dapat menyebabkan seseorang kekurangan oksigen apabila terlalu sering atau lama menghirupnya. Jadi, hati-hati selalu, ya saat menggunakannya.

4. Mengendap/Mengkristal

perubahan wujud

Gambar oleh reginasphotos dari Pixabay

Kebalikan dari menyublim adalah mengendap atau mengkristal yang berarti perubahan wujud dari zat gas ke padat. Hal yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah kepingan salju yang terbentuk dari gas berbentuk uap air yang ada di atas awan. Pada saat awan bersuhu sangat dingin, uap air akan berubah menjadi kristal es. Pada saat kristal es tersebut sampai ke atmosfer, butiran salju akan terbentuk dan jatuh ke daratan.

5. Menguap

perubahan wujud

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Selanjutnya, ada perubahan wujud dari cair menjadi gas yang biasa disebut dengan menguap. Peristiwa perubahan wujud ini membutuhkan energi panas, seperti saat merebus air yang membutuhkan api dalam proses perpindahan energi panasnya. Biasanya saat merebus air, ketika telah mendidih terdapat uap yang melambung ke atas seperti asap. Itulah contoh dari peristiwa menguap yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

6. Mengembun

Mengembun merupakan kebalikan dari menguap. Perubahan wujud dari zat gas menjadi cair ini, biasanya dapat kita temukan pada saat menaruh es batu dalam sebuah gelas, nantinya di luar bagian gelas akan basah. Selain itu, peristiwa mengembun juga terjadi apabila kalian bangun di pagi hari dan mendapati rerumputan atau dedaunan terlihat basah padahal saat malam harinya tidak hujan.

Nah, itu dia keenam perubahan wujud yang sering terjadi dalam kehidupan kita setiap harinya. Menarik sekali bukan, Teman-Teman? Walaupun pengembunan yang terjadi pada rerumputan atau dedaunan sudah semakin jarang terjadi karena adanya dampak pemanasan global. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian, ya Teman-Teman!

2 Comments

  1. Wangi Manyari
    • Mia Amelya

Leave a Reply