Kenapa, Sih Namanya Jambu Monyet?

Selain memiliki nama yang unik, buah jambu monyet yang disebut juga dengan jambu kacang mete ini memiliki banyak fakta dan keunikan lainnya. Untuk kamu yang ingin tahu asal usul nama unik dari jambu mete ini, berikut adalah ulasannya. 

Asal Usul Nama Jambu Mete 

jambu monyet

Gambar Oleh: Gambar oleh giovanni sacchi dari Pixabay

Saking populernya, jambu ini punya banyak nama. Mulai dari jambu mete hingga jambu monyet. Nama yang cukup unik bukan? Ya, nama jambu monyet memang sangat unik karena jika dipahami tidak ada hal apapun yang membuat jambu ini mirip dengan monyet, apalagi jika kamu hanya tahu bentuk kacang mete yang sudah dikupas pasti kamu akan sangat bingung mengapa kacang ini disebut dengan jambu monyet bukan? 

Untuk kamu yang penasaran, kamu bisa cari gambar jambu mete sekarang juga. Pastikan kamu mencari gambar yang cukup dekat ya! Setelah itu perhatikan jambu ini dari samping. Warna kacang mete yang abu-abu dengan bagian tengahnya yang berwarna lebih cerah membuat tampilan dari kacang mete sangat mirip dengan kepala monyet! Yup! Mungkin tidak mirip banget, tapi cukup mirip untuk membuat orang menyebutkan nama jambu mete adalah jambu monyet. 

Keunikan Tanaman Jambu Mete dari Segi Buahnya

jambu monyet

Gambar Oleh: Gambar oleh Bishnu Sarangi dari Pixabay

Buah kacang mete memang sangat unik. Bentuknya yang mirip dengan jambu air dengan kacang di bagian bawah membuatnya menjadi salah satu buah yang beda dari yang lainnya. Keunikan dari fisik buah jambu mete ini ternyata bukan hanya dilihat dari segi bentuknya akan tetapi dari segi identifikasinya. 

Banyak yang mengira bahwa buah jambu mete adalah bagian yang mirip dengan jambu air dan yang ada di bawah adalah bijinya. Ternyata buah dari jambu mete ini adalah bagian yang disebut dengan kacang mete. Sedangkan bagian yang mirip dengan jambu air ini adalah bagian buah semu. 

Keunikan Jambu Mete dari Klasifikasinya

jambu monyet

Gambar Oleh: Gambar oleh Patrick Ehrbar dari Pixabay

Keunikan selanjutnya dari tanaman jambu mete ini adalah buahnya. Banyak orang menganggap bahwa tanaman jambu mete ini termasuk tanaman keluarga jambu-jambuan. Bahkan ada juga yang mengira bahwa tanaman jambu mete ini merupakan tanaman yang masuk ke dalam jenis kacang-kacangan. 

Akan tetapi, perlu kamu tahu bahwa tanaman jambu mete tidak termasuk ke dalam keduanya, ya! Tanaman jambu mete tidak termasuk dalam jambu-jambuan dan kacang-kacangan tapi masuk dalam kategori mangga-manggaan. Wah, menarik bukan? Ya, memang tidak banyak yang tahu fakta ini karena jarang yang mencari informasi pasti mengenai tanaman jambu mirip monyet ini. 

Penggunaan Buah Jambu Mete

jambu monyet

Gambar Oleh: Gambar oleh david diaz dari Pixabay

Fakta unik selanjutnya yang dimiliki oleh kacang mete adalah dari pemanfaatan buahnya. Jambu monyet memiliki 2 jenis buah yaitu, buah sejati dan juga buah semu. Kedua bagian buah dari jambu mete ini sangat bermanfaat dan bisa digunakan untuk banyak keperluan. Mulai dari dimakan langsung hingga digunakan untuk olahan kue, coklat bahkan susu serta selai. Ya, makin modern makin banyak lagi manfaat dari kacang mete ini. Itu hanya kacangnya, ternyata buah semu dari kacang mete ini juga bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan seperti untuk buah pelengkap, untuk dibuat manisan dan asinan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Buah jambu monyet memang sangat unik dan enak. Jika buah ini adalah salah satu buah favorit kamu, kamu harus lebih hati-hati ketika memakan buah jambu yang masih memiliki banyak getah karena bisa membuat kulit kamu iritasi. Biasanya iritasi ini terjadi di sekitar mulut. Di Jawa, iritasi ini sering disebut dengan “memrengen” unik, bukan?

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!