Rekomendasi Buku Anak yang Paling Digemari Saat Ini, Seri My Little Pony

Anak-anak adalah bibit generasi muda yang harus dibimbing serta diberikan edukasi yang tepat. Edukasi yang baik tak harus didapatkan dari sekolah formal, karena yang paling utama adalah didapatkan dan ditanamkan dari orang tua dan orang-orang di lingkungan sekitarnya. Salah satu cara mengedukasi anak kecil yaitu melalui buku cerita khusus anak. Bagi Anda yang memiliki anak kecil di lingkungan keluarga, ada nih rekomendasi buku anak yang cocok untuk mendidik kepribadian anak kecil. Buku apakah itu?

Kamu pastinya tahu serial animasi kartun anak kecil yang sedang booming, yaitu My Little Pony. Serial kartun yang dibuat Amerika Serikat ini sudah sangat terkenal mendunia dan disukai berbagai kalangan, tidak cuma anak kecil saja. Karena kesuksesan serial kartun inilah yang membuat kreativitas baru untuk mengemasnya menjadi buku cerita bergambar untuk anak. My Little Pony sendiri mempunyai beberapa tokoh utama dan pembantu yang karakternya berbeda-beda, sehingga bisa dijadikan contoh yang baik untuk pembentukan kepribadian anak.

Ingin tahu lebih lanjut tentang buku My Little Pony? Yuk, langsung saja kita bahas informasi selengkapnya.

Tentang My Little Pony

Sebelum menjadi buku cerita bergambar yang digemari oleh anak-anak, awalnya My Little Pony berasal dari serial animasi yang dibuat Amerika Serikat dan diproduksi oleh Hasbro Studio. Serial kartun My Little Pony juga sebenarnya sudah ada sejak tahun 1983 dan mengalami pembaharuan di setiap generasinya. Yang membawa My Little Pony menjadi serial kartun yang digemari adalah ketika memasuki generasi keempat, kartun ini justru diadopsi atau terinspirasi dari sebuah mainan yang juga keluaran dari Hasbro. Penciptanya sendiri adalah Bonnie Zacherle.

Ia adalah seseorang yang berjasa dalam menciptakan berbagai macam ide dan inovasi produk mainan anak-anak. Sehingga, ia dipercaya menjadi seorang ilustrator mainan anak untuk Hasbro Toy Company. Ternyata, mainan ciptaannya yang dulu disebut sebagai My Pretty Pony justru memberikan inspirasi untuk perbaikan generasi serial kartun My Little Pony terdahulu. Sehingga mampu mencapai popularitas yang tinggi dan mendapat sambutan baik dari seluruh masyarakat di dunia. Sedangkan pembuat serial kartunnya yang ditayangkan di televisi adalah Lauren Faust yang juga pernah menciptakan tokoh kartun Powerpuff Girls.

Baca Juga  Alat Musik Tiup Yang Pernah Kamu Lihat Tapi Tidak Tahu Namanya

Serial kartun My Little Pony ini mempunyai kisah tentang kehidupan para kuda poni di negeri Equestria. Kisahnya berawal dari dua ratu yang mengatur kehidupan siang dan malam di negeri tersebut. Kedua ratu itu adalah kakak adik. Sang kakak mempunyai kekuatan untuk menaikkan matahari saat fajar, dan sang adik bertugas menaikkan bulan di malam hari. Mereka berdua menciptakan keseimbangan untuk kehidupan para poni di dalamnya.

Tapi, suatu hari sang adik merasa iri terhadap kakaknya yang bisa menaikkan matahari, karena para poni akan bermain di siang hari dan tertidur di malam hari. Akhirnya, sang adik tidak mau menaikkan bulan hingga membuatnya memiliki hati yang jahat. Sang kakak sudah mencoba berbicara, tapi sang adik tak mau mendengarnya. Sang adik bersumpah akan membuat negeri tersebut memiliki kegelapan yang abadi. Hal ini membuat sang kakak terpaksa menggunakan kekuatan sihir terkuat untuk memerangi sang adik.

Sang kakak berhasil mengalahkan adiknya dengan sihir tersebut dan mengurungnya di bulan. Kemudian sang kakaklah yang bertugas untuk menjaga keseimbangan matahari dan bulan. Sedangkan, kekuatan sihirnya yang bernama Element of Harmony disimpan dengan baik di tanah Equestria.

Yang menjadi sorotan dalam serial My Little Pony ini adalah kehidupan para kuda poninya yang penuh warna. Kuda poni di negeri Equestria dibagi menjadi 4 golongan. Masing-masing dari kuda poni memiliki tanda khusus di tubuhnya dan disebut sebagai Cutie Mark. Tanda tersebut adalah simbol yang muncul berdasarkan bakat, minat, maupun kegemaran masing-masing poni.

Baca Juga  Review Terbaru Komik Next G "Terlalu Alim?"

Jenis My Little Pony

Kuda poni di serial My Little Pony terbagi menjadi empat jenis, yaitu :

1. Alicorn

Merupakan kuda poni yang mempunyai tanduk di kepalanya seperti unicorn dan sayap pegasus.

2. Unicorn

Merupakan kuda poni yang mempunyai tanduk dan kekuatan sihir.

3. Pegasus

Merupakan jenis kuda poni yang hanya memiliki sayap dan punya kemampuan terbang.

4. Earth Pony

Merupakan jenis kuda poni yang tidak punya tanduk maupun sayap. Tapi punya fisik yang paling kuat diantara semua jenis kuda poni.

Karakter My Little Pony

Sementara untuk karakter utama My Little Pony sendiri ada 6 kuda poni. Masing-masing kuda poni mempunyai karakter yang berbeda, sebagai berikut :

1. Twilight Sparkle

twilight sparkle

Twilight Sparkle ini bisa dibilang sebagai tokoh sentralnya. Ia berwarna ungu dan punya poni dengan perpaduan warna biru tua, magenta, dan indigo. Ia punya karakter yang cerdas, patuh, dan mempunyai kekuatan sihir. Sedangkan elemen dalam dirinya disebut dengan Element of Magic.

2. Pinkie Pie

pinkie pie

Pinkie Pie adalah golongan Earth Pony dan mempunyai tubuh berwarna merah muda. Karakternya adalah sifat yang ceria, hiperaktif, enerjik, humoris, dan pintar berbicara. Elemen dalam dirinya disebut Element of Laughter.

3. Rarity

rarity

Selanjutnya ada kuda poni jenis Unicorn yang bernama Rarity. Tubuhnya berwarna putih dengan poni ungu yang menjuntai. Ia memiliki karakter yang punya minat dan bakat terhadap fashion. Elemen dalam dirinya disebut sebagai Element of Generosity.

4. Rainbow Dash

rainbow dash

Yang keempat ada kuda poni jenis pegasus yang bernama Rainbow Dash. Tubuhnya berwarna biru dengan poni pelangi. Ia mempunyai karakter yang tegas, berani, tomboy, tapi mempunyai kesetiaan yang tinggi. Ia juga bisa terbang dengan cepat di langit. Elemennya disebut Element of Loyalty.

5. Fluttershy

fluttershy

Fluttershy juga merupakan pegasus, sama halnya dengan Rainbow Dash. Warna tubuhnya kuning dan poninya merah muda. Karakternya sendiri adalah lembut, pemalu, bicaranya kalem, serta penyayang binatang dan lingkungan. Elemennya disebut sebagai Element of Kindness.

6. Applejack

applejack

Yang terakhir adalah Earth Pony bernama Applejack. Tubuhnya berwarna oranye dengan poni pirang. Ia mempunyai karakter yang jujur, dapat dipercaya, dan pekerja keras. Elemennya disebut Element of Honesty.

My Little Pony Sebagai Buku Anak

Serial animasi My Little Pony telah mengalami kesuksesan yang besar di seluruh dunia. Sehingga tokoh-tokoh dalam kartun tersebut menginspirasi pihak lain untuk membuat produk turunannya mulai dari merchandise hingga buku cerita anak. Cerita yang bertemakan My Little Pony ini adalah rekomendasi buku anak yang tepat untuk mengajarkan berbagai macam karakter dan kepribadian tokoh-tokohnya. Selain itu, ceritanya sendiri pasti mengandung arti tertentu yang bisa kamu ajarkan kepada anak kecil di keluargamu.

Baca Juga  Kenali Dongeng Anak Bergambar Mana yang Baik Untuk Anak Anda

Indonesia sendiri termasuk negara yang juga mengadaptasi serial kartun My Little Pony menjadi sebuah buku cerita bergambar. Memang belum banyak penerbit yang berinisiatif untuk memproduksi versi buku cerita bergambarnya. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena kamu masih tetap bisa menemukan penerbit yang memproduksinya, kok. Kamu pun bisa memperoleh buku-bukunya di toko buku terdekat atau bisa memesan secara online.

Salah satu penerbit lokal yang mengeluarkan buku cerita bergambar My Little Pony adalah Muffin Graphics. Penerbit ini memang khusus menerbitkan buku-buku anak seperti komik dan buku cerita bergambar lainnya. Penerbit ini pun sudah melakukan kerja sama langsung dengan Hasbro sebagai pemilik hak cipta dari semua karakter My Little Pony.

Kamu bisa membeli berbagai serial buku cerita bergambar My Little Pony yang sudah diproduksi dan diterbitkan sebanyak 17 judul sampai sekarang. Penulis dan ilustratornya sendiri juga asli dari Indonesia dan cerita di dalamnya sudah disesuaikan dengan budaya yang ada di Indonesia.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi buku anak yang paling digemari, berupa buku seri My Little Pony. Buku cerita bergambar adalah salah satu media yang tepat untuk mengajarkan berbagai hal baik kepada anak. Jadi, silakan koleksi buku My Little Pony untuk mengedukasi anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply