Sebenarnya Bungong Jeumpa Itu Bunga Apa, Ya? Cari Tahu, Yuk!

Bungong jeumpa atau bunga jeumpa memang merupakan salah satu bunga yang sangat populer di Indonesia. Betapa tidak, nama bunga ini bahkan muncul dalam kebudayaan Aceh sebagai lagu daerah yang sangat populer. Baik di Aceh maupun di seluruh Indonesia.

Mungkin teman-teman juga penasaran, apakah bunga jeumpa ini benar-benar ada atau tidak, bukan? Ternyata bunga ini benar-benar ada dan memiliki visual yang sangat menawan. Untuk Teman-Teman yang penasaran dengan keindahan bunga ini, berikut adalah ulasannya. 

Tentang Bunga Cempaka

bungong jeumpa

Gambar Oleh: Gambar oleh Bishnu Sarangi dari Pixabay

Bunga cempaka dikenal juga dengan magnolia champaca. Tidak hanya dikenal sebagai bunga khas Aceh, akan tetapi bunga ini juga sangat populer karena memiliki aroma wangi yang sangat populer. Bunga ini memiliki banyak jenis. Akan tetapi salah satu varian yang paling populer adalah bunga cempaka berwarna kuning karena wanginya yang menyegarkan. 

Bunga cempaka bisa disebut sebagai bunga khas tropis karena hanya bisa ditemukan di India dan juga di Asia Tenggara. Bagian tumbuhan dari bunga ini memiliki fungsi yang lengkap. Dari bunganya yang digunakan untuk wewangian, bijinya yang sangat disukai burung dan juga kayunya yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari lainnya. 

Manfaat Bunga Cempaka

bungong jeumpa

Gambar Oleh: Gambar oleh Bishnu Sarangi dari Pixabay

Penampilannya yang indah, membuat bungong jeumpa ini juga bisa digunakan untuk hiasan kepala. Biasanya jenis bunga yang digunakan untuk menghias kepala adalah bunga yang masih kuncup. 

Seperti disebutkan sebelumnya, bunga cempaka adalah bunga yang sangat wangi. Hal ini membuat bunga ini banyak digunakan sebagai wewangian. Biasanya, orang kuno menggunakan bunga ini untuk wewangian dengan cara meletakkan bunga ini di air dan disimpan dalam ruangan agar ia dapat menebarkan wanginya. 

Salah satu informasi yang harus Teman-Teman ketahui, bahwa bunga ini merupakan salah satu bunga yang aromanya banyak digunakan untuk membuat parfum berkualitas tinggi. Ada banyak sekali parfum yang dibuat dengan menggunakan bunga cempaka ini, terutama cempaka kuning. Dari banyak parfum yang dibuat dengan menggunakan bunga cempaka ini, salah satu yang paling populer adalah parfum dari Tom Ford dan juga dari Michael Kors. 

Cara Budidaya Bunga Cempaka

bungong jeumpa

Gambar Oleh: Gambar oleh Bishnu Sarangi dari Pixabay

Perlu Teman-Teman ketahui, bahwa bunga cempaka merupakan salah satu bunga yang memiliki batang yang berkambium. Hal inilah yang membuat bunga ini bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Karena memiliki tubuh yang berkambium, tanaman bunga cempaka ini juga bisa diperbanyak dengan menggunakan cangkok. 

Bunga cempaka yang diperbanyak dengan cara cangkok tentu bisa diperbanyak lebih cepat dan bisa berbunga lebih dini. Nah, selain dicangkok, tentunya bunga cempaka juga bisa diperbanyak dengan cara menanam bijinya. 

Mitos Pohon Bunga Cempaka

bungong jeumpa

Gambar Oleh: Gambar oleh tayphuong388 dari Pixabay

Indonesia memang merupakan salah satu negara yang sangat populer dengan kepercayaan animisme dan dinamismenya. Salah satu sumber dari mitos ini ternyata muncul dari bunga cempaka. Bunga cempaka merupakan bunga yang sangat harum. Hal inilah yang membuat bunga cempaka sering kali ditanam di beberapa tempat seperti di perkuburan, di kuil dan beberapa tempat lain dengan suasana yang serupa. Karena sering kali ditemukan di tempat-tempat tersebut, pohon bunga cempaka menjadi salah satu pohon yang cukup banyak mendapatkan perhatian dari segi mitos dan legendanya. Bunga cempaka sangat sering disebut sebagai pohon keramat karena hal ini. 

Bunga Cempaka Putih

bungong jeumpa

Gambar Oleh: Gambar oleh Josch13 dari Pixabay

Bunga cempaka memang umumnya ditemukan dalam warna kuning. Biasanya bunga cempaka kuning ini jugalah yang banyak digunakan untuk membuat parfum karena aromanya yang sangat segar. Akan tetapi ternyata bunga cempaka ada juga yang berwarna putih. 

Bunga cempaka berwarna putih ini merupakan bunga cempaka yang dihasilkan dari persilangan cempaka kuning dengan M. Montana. Hasil dari persilangan bunga cempaka ini kemudian dikenal dengan bunga kantil. 

Teman-Teman pasti sering dengar juga bukan mengenai bunga kantil dan mitos-mitosnya? Akan tetapi perlu Teman-Teman ketahui bahwa pohon bunga ini pada dasarnya adalah pohon bunga yang aman dan tidak memiliki kekuatan apapun. Hanya kepercayaan saja yang membuat pohon ini menjadi memiliki mitos. 

Bagaimana sudah jelas bukan mengenai apa itu bungong jeumpa dan beberapa penjelasan pentingnya? Semoga ulasan mengenai bunga cempaka ini memuaskan Teman-Teman, ya!

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!