Penasaran dengan Misteri Benua Atlantis? Kita Baca Penjelasannya Bersama, Yuk!

Kalian mungkin sering mendengar kata Benua Atlantis, sebuah benua legenda yang katanya hilang dan tenggelam. Istilah Atlantis mulanya disebutkan oleh Plato dalam bukunya yang berjudul Timaeus dan Critias. Menurut Plato, di seberang Selat Mainstay dan Haigelisi, ada sebuah pulau sangat besar yang kemudian disebut dengan Atlantis. Dari pulau tersebut, orang-orang bisa pergi ke pulau-pulau lain yang dikelilingi oleh samudera. Untuk mengetahui banyak fakta tentang Atlantis, yuk simak penjelasannya!

10 Fakta dan Temuan Terkait dengan Atlantis

Meskipun kisah Benua Atlantis belum pernah terbukti kebenarannya, namun ada beberapa temuan yang terkait dengan Atlantis, antara lain:

1. Catatan Plato

benua atlantis
Gambar oleh mvivirito0 dari Pixabay

Dalam catatannya, Plato menggambarkan Atlantis sebagai bangsa yang memiliki angkatan laut termasyhur yang bisa mengalahkan Afrika dan Eropa Barat pada tahun 9500 SM. Namun, Atlantis dikisahkan tenggelam ke samudera dalam satu malam usai gagal menyerang Yunani.

Banyak orang khususnya ilmuwan memandang bahwa legenda Atlantis hanyalah mitos yang dibuat Plato untuk mengilustrasikan teori politik saja. Pada era klasik, orang-orang banyak membicarakan Benua Atlantis, namun sebagian besar tidak memercayai keberadaannya, bahkan dijadikan sebuah lelucon.

Kemudian, pada era modern pembahasan Atlantis kembali mencuat, menginspirasi karya-karya seni, fiksi, tulisan, dan lain sebagainya. Nama Atlantis yang jelas telah menjadi sebuah legenda bagi banyak peradaban.

2. Kemunculan Laut Hitam

benua atlantis
Oleh: https://www.jejaktapak.com/

Hilangnya Atlantis juga sering kali dihubungkan dengan kemunculan Laut Hitam, Teori ini memandang bahwa mungkin ada bencana yang amat dahsyat menimpa gunung dan laut dalam satu tempat, mirip dengan letusan Krakatau namun 4 kali lebih besar. Jika kejadian Krakatau saja menenggelamkan Krakatau, maka bukan tidak mungkin ketika gunung Thera mengamuk bisa menenggelamkan suatu pulau.

3. Santorini

benua atlantis
Photo by Aleksandar Pasaric from Pexels

Santorini dipercaya sebagai tempat berdirinya Athena di masa lalu yang terletak di Thera, Pulau Yunani Kuno. Sekitar 3600 tahun lalu, ahli geologi menyatakan bahwa terjadi tsunami besar di ordinat Santorini yang dikaitkan dengan tenggelamnya Benua Atlantis.

4. Penemuan Logam Mitologis

benua atlantis
Oleh: https://id.pinterest.com/

Dalam tulisannya, Plato menyatakan bahwa Atlantis merupakan sebuah kota yang kaya hingga memiliki banyak barang bawaan berharga dalam setiap perjalanannya. Pada tahun 2015 ditemukan logam orichalcum, logam mulia kuno yang dikaitkan dengan tenggelamnya Atlantis.

5. Teknologi Antikythera

benua atlantis
Oleh: https://www.sciencefocus.com/

Pada sebuah penelusuran, ditemukan teknologi Antikythera yang merupakan teknologi misterius. Anehnya, teknologi ini ditemukan di dalam kapal yang karam berumur 1000 tahun di mana memiliki ordinat yang sama dengan tenggelamnya Atlantis.

6. Kepulauan Bahama

benua atlantis
Gambar oleh Ralph Häusler dari Pixabay

Bagi sebagian pihak menganggap, bahwa Benua Atlantis bukan ilustrasi semata namun ada yang masih menganggap Atlantis hanyalah mitos oleh Plato. Orang yang memercayai Atlantis menganggap, bahwa Bimimi Road (letak dan formasi batuan) di laut Bahama yang menjadi penghubung ke Atlantis.

7. Batu Jangkar

benua atlantis
Oleh: https://kaltim.idntimes.com/

Sutradara film dokumenter berjudul Atlantis Rising, Kame Cameron mengaku menemukan jangkar kuno dan menganggapnya sebagai peninggalan Benua Atlantis. Batu jangkar ini ditemukan di sekitar Selat Gibraltar atau dulu disebut dengan nama “Pillars of Hercules”.

8. Legenda

benua atlantis
Oleh: https://www.collective-evolution.com/

Banyak orang percaya Atlantis sebenarnya terinspirasi oleh potret dari kisah kejayaan. Namun bagi yang percaya, Benua Atlantis merupakan sebuah peradaban kuno yang habis karena bencana. Argumen tersebut didasari karena beberapa tahun yang lalu ditemukan banyak peninggalan situs kuno.

9. Pencarian Atlantis

benua atlantis
Oleh: https://www.idntimes.com/

Orang-orang yang mengaku percaya pada Atlantis menyatakan, bahwa sekitar pada tahun 1938, Heinrich Himmler yang ditugaskan untuk mencari keberadaan Atlantis.

Heinrich Himmler sendiri merupakan seorang tentara atau suruhan dari Nazi. Dengan teori continental drift  mengenai Benua Atlantis pada tahun 1960-an ia menyatakan, bahwa pada masa itu legenda mengenai benua yang hilang bukan hanya sebuah legenda.

10. Bentuk Peninggalan

benua atlantis
Oleh: https://www.liputan6.com/

Ada banyak sekali barang-barang kuno yang dianggap sebagai peninggalan dari Atlantis. Beberapa hipotesis menyatakan, bahwa ada bukti arkeologi atau ilmiah. Selain itu, banyak pula usulan tempat yang dianggap mirip dengan bangunan di Benua Atlantis. Meskipun sudah banyak usulan, nyatanya usulan tersebut ditutup karena tidak memiliki kapasitas.

Demikianlah beberapa fakta dan sejarah mengenai Benua Atlantis yang hingga kini masih dianggap sebagai misteri. Karena memang statusnya yang tidak jelas, maka baik percaya maupun tidak pada Atlantis akan sama-sama memiliki kebenaran tersendiri. Jadi, jika kalian memercayai Atlantis, maka pilihan kalian tetap menjadi kebenaran, begitu juga ketika memilih tidak percaya dengan Atlantis, itu tetap dianggap benar karena Atlantis memang masih sangat misteri.

Leave a Reply