Cari Tahu Kegunaan Mercusuar yang Membantu Kapal Berlabuh, Yuk!

Teman-Teman pasti sering mendengar tentang bangunan bernama mercusuar, bukan? Bangunan yang biasanya berdiri di atas karang atau di ujung pulau ini berguna untuk menerangi lautan. Pada bagian atas mercusuar biasanya terdapat lampu yang sangat terang yang bisa memancarkan cahaya dengan jarak yang sangat jauh. Biasanya lampu yang ada di atas mercusuar tersebut dapat berputar sehingga bisa menerangi daerah di sekitarnya dalam radius 360 derajat. Sebenarnya apa kegunaan dari mercusuar itu? Kemudian apa saja fakta unik di balik mercusuar ? Berikut ulasannya untuk Teman-Teman

Kegunaan Mercusuar

mercusuar

Gambar Oleh: Gambar oleh lumix2004 dari Pixabay

Bisa dikatakan mercusuar itu seperti rambu-rambu lalu lintas yang ada di laut yang dapat membantu kapal-kapal untuk bisa berlayar dengan aman, sehingga tidak menabrak apalagi sampai karam. Kegunaan yang paling utama dari mercusuar adalah sebagai sistem navigasi kapal, mengarahkan dan memberitahukan kapal arah yang benar. Karena pada malam hari lautan gelap gulita dan adanya mercusuar tentu sangat membantu kapal untuk melihat dengan lebih jelas. Serta menjadi penanda bahwa daratan sudah dekat. 

Kegunaan mercusuar yang utama lainnya adalah menandakan adanya karang atau laut yang dangkal. Karena memang biasanya mercusuar dibangun di atas karang atau di laut yang dangkal sehingga dengan demikian bisa menjadi pertanda bagi para pelaut untuk menghindar dari area yang berbahaya. Lampunya yang terang juga membantu kapal-kapal melihat karang dan lautan yang dangkal yang tadinya tidak dapat dilihat saat cuaca buruk atau saat malam gelap. Awal mula, mercusuar dibangun menggunakan kayu dan batu bara untuk menjadi alat yang dapat menerangi samudra. Kemudian beralih menggunakan minyak untuk membuat api yang terang. Setelah itu pada tahun 1822 barulah digunakan lensa fresnel yang akan membantu mengarahkan cahaya menjadi lebih terang dan bisa menjangkau lebih jauh ke tengah laut.

Fakta Unik Tentang Mercusuar

Untuk lebih baik lagi dalam mengenal mercusuar, maka berikut ini ada beberapa fakta unik yang menarik untuk Teman-Teman ketahui :

1. Mercusuar Tertua

mercusuar

Gambar Oleh: https://www.idntimes.com/

Tidak disangka ternyata mercusuar tertua yang pertama kali dibangun oleh manusia berada di Alexandria, Mesir. Diperkirakan mercusuar tersebut dibangun pada tahun 248 – 247 SM. Karena adanya gempa bumi yang terjadi antara tahun 956 hingga 1323 Masehi menyebabkan mercusuar tersebut rusak parah dan sempat ditinggalkan begitu saja. Namun, pada tahun 1978 mercusuar ini mulai direkonstruksi kembali. Sebab bagaimanapun juga bangunan tersebut adalah saksi sejarah mercusuar pertama yang dibangun oleh manusia. Dikabarkan sebelum adanya gempa yang menghancurkannya, mercusuar tersebut memiliki tinggi mencapai 118 meter.

2. Sebelum Mercusuar Diciptakan

mercusuar

Gambar Oleh: Gambar oleh mollyroselee dari Pixabay

Lalu apa yang digunakan oleh para pelaut di zaman dulu sebelum mercusuar diciptakan? Konon, para pelaut dibantu dengan nyala api yang dihidupkan di atas bukit yang berada di tepian lautan untuk membantu navigasi. Karena cara tersebut sangat membantu, maka berikutnya dikembangkanlah ide untuk membangun Mercusuar. 

 

Baca Juga  Makanan Fermentasi itu Apa, Ya? Cari Tahu, Yuk!

3. Mercusuar Tertinggi

mercusuar

Gambar Oleh: http://situs123indo.blogspot.com/

 

Mercusuar yang paling tinggi yang ada di dunia saat ini di bangun di pelabuhan Jeddah, Arab Saudi. Mercusuar tersebut memiliki tinggi hingga 133 meter dan cahayanya bisa menjangkau hingga ke tengah laut sejauh 25 mil. Mercusuar tertinggi kedua di dunia berada di Yokohama, Jepang yang memiliki tinggi hingga 106 meter. 

 

4. Mercusuar Terpendek

mercusuar

Gambar Oleh: https://www.idntimes.com/

 

Nah, mercusuar yang satu ini berkebalikan dengan mercusuar yang dibahas sebelumnya. Mercusuar ini adalah mercusuar yang paling pendek di dunia yang hanya memiliki tinggi 3 meter dan cahayanya hanya dapat menerangi lautan sepanjang 9,3 meter saja. Dimanakah lokasi mercusuar terpendek ini berada? Tempatnya berada di Pulau Hilbre yang berada di antara perbatasan Inggris dan Wales. Masih di wilayah Inggris, tepatnya di Berry Head, Brixham, Inggris ada satu lagi mercusuar terpendek di dunia dengan tinggi hanya 5 meter saja. Mercusuar ini dibangun pada sekitar tahun 1906 dan dapat menerangi lautan sampai 35 kilometer ke tengah laut.

Nah, Teman-Teman bagaimana? Menarik bukan fakta tentang mercusuar? Agar tidak penasaran lagi sebaiknya langsung kunjungi mercusuar- mercusuar yang ada di Indonesia, yuk!

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!