Cerita Dongeng Anak Terpopuler Sepanjang Massa

Tak dapat dipungkiri, eksistensi dongeng di Indonesia mulai meredup. Cerita rakyat yang dahulu sangat dekat dalam keseharian masyarakat, sekarang hanya terbaca dan terdengar saat teater di waktu-waktu tertentu. Anak-anak lebih suka memainkan game di gadget atau bermain media sosial. Padahal, cerita dongeng memiliki dampak positif bagi karakter dan tumbuh kembang anak. Mulai dari kemampuan membaca, berimajinasi, mengambil pelajaran baik, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin mulai membaca dongeng kembali, di bawah ini merupakan beberapa cerita dongeng yang cukup populer.

Daftar Dongeng Asli Indonesia yang Terkenal

Indonesia merupakan negara dengan karya sastra cukup hebat. Begitu banyak jenis cerita rakyat yang mewarnai perjalanan bangsa ini. Mulai dari legenda, fabel, mite, sage, hingga parabel. Berikut beberapa cerita dongeng yang sejak dahulu hingga sekarang tetap populer dan melekat di hati masyarakat, diantaranya:

1. Bawang Merah Bawang Putih

cerita dongeng
Oleh: http://eventanak.com

Dongeng ini bercerita tentang seorang gadis bernama Bawang Putih yang mendapat siksaan dari ibu dan kakak tiri. Padahal sebelumnya, Bawang Putih bersama orangtuanya hidup bahagia dan harmonis. Perlakuan buruk dialami Bawang Putih sejak sang ibu kandung meninggal, dan lebih parah setelah ayahnya juga tiada.

Setiap hari Bawang Putih harus menyelesaikan semua pekerjaan rumah tangga sembari disalahkan dan dimarahi oleh ibu tirinya. Hingga suatu ketika Bawang Putih disuruh oleh ibu tirinya untuk mencuci baju di sungai. Celakanya salah satu baju milik ibu tiri terhanyut. Bawang Putih sempat menyusuri sungai, namun tidak ketemu. Sang ibu tiri marah besar dan Bawang Putih harus mencari kembali. Selama pencarian baju itu Bawang Putih mendapatkan suatu keajaiban. Apa keajaiban itu? Temukan jawabannya dengan membaca kisah bawang merah Bawang Putih.

2. Maling Kundang

cerita dongeng
Oleh: https://histori.id

Dongeng ini mengajarkan banyak sekali pelajaran, terutama tentang akibat buruk apabila anak durhaka pada seorang ibu. Secara garis besar, Malin Kundang adalah anak semata wayang dari seorang ibu yang harus mencari nafkah tanpa suami. Ketika beranjak dewasa, Malin tidak tega melihat ibunya bekerja keras sendiri. Akhirnya dia nekat untuk merantau ke negeri seberang dengan harapan nanti bisa menjadi orang kaya raya dan membahagiakan ibunya.

Beberapa tahun berlalu, Malin telah menjadi orang kaya, namun dia lupa dengan tujuan awalnya merantau. Bahkan ketika sang ibu yang telah tua renta menyusul dan menghampiri, Malin justru tidak mengakui dan mengusirnya. Ibu Malin sungguh tak percaya dengan perlakuan putra kesayangannya itu. Rasa kecewa dan sedih membuat sang ibu akhirnya tega mengutuk Malin menjadi batu.

3. Timun Mas

cerita dongeng
Oleh: http://daftarkumpulanterbaru.com

Cerita dongeng populer selanjutnya adalah Timun Mas. Ceritanya tentang seorang wanita yang setiap hari terus berdoa agar segera memiliki anak. Suatu hari, ada raksasa dari hutan mendengar doa wanita itu. Sang raksasa memberinya biji mentimun yang kelak ketika berbuah akan berisi bayi. Namun, ada syarat yang harus disanggupi, yaitu ketika bayi telah dewasa, maka harus diserahkan kembali pada raksasa. Keinginan yang dalam untuk mempunyai anak membuat wanita tersebut setuju.

Bayi Timun Mas lahir dengan rupa yang sangat cantik. Wanita yang kini telah menjadi ibu begitu bahagia atas kehadiran anaknya. Tanpa terasa, Timun Mas telah beranjak dewasa. Mengetahui hal ini raksasa datang kembali sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Namun sang ibu tak mau menyerahkan Timun Mas. Bagaimana akhir dari nasib Timun Mas? Silahkan baca versi lengkap dongengnya.

4. Keong Mas

cerita dongeng
Oleh: http://pendyrafadigital.blogspot.com

Dongeng yang seringkali ditampilkan saat acara teater di sekolah ini bercerita tentang kehidupan dua putri raja. Meski sama-sama cantik, namun kedua putri tersebut mempunyai karakter berbeda. Sang kakak adalah sosok baik hati dan tidak sombong. Sebaliknya, Sang Adik berwatak kasar dan angkuh.

Suatu hari, raja atau ayahnya memanggil sang kakak dengan niat untuk menikahkannya dengan pangeran tampan. Mendengar kabar itu, sang adik tidak terima, kemudian meminta penyihir untuk mengubah kakaknya menjadi seekor keong. Akhirnya sang kakak yang baik hati itu menjadi keong mas dan hanya bisa berubah wujud kembali apabila ada seorang laki-laki yang mau mencintai dengan tulus. Apakah akhirnya keong mas bisa menjadi manusia kembali? Nikmati kisah haru dan penuh cintanya dengan membaca dongen keong mas secara lengkap.

5. Sangkuriang

cerita dongeng
Oleh: https://ceritaihsan.com

Cerita dongeng ini berasal dari daerah Pasundan, Jawa Barat. Kisahnya adalah mengenai seorang putri kerajaan yang cantik jelita bernama Dayang Sumbi. Dia memiliki anak laki-laki bernama Sangkuriang yang gemar berburu. Suatu hari atas permintaan ibunya, Sangkuriang berburu hati rusa bersama seekor anjing titisan dewa bernama Tumang. Sudah lama berburu, Sangkuriang belum mendapatkan apa yang diinginkan. Hingga akhirnya, ada seeokor babi yang melintas. Sangkuriang menyuruh Tumang untuk mengejar babi tersebut. Tetapi anjing itu tidak mau. Karena merasa kesal Sangkuriang menakut-nakuti Tumang dengan panah, dan tanpa sengaja panah itu menusuk Tumang.

Ketakutan terhadap ibunya membuat Sangkuriang pulang ke rumah dengan berpura-pura bahwa hati Tumang adalah hati rusa. Namun, kebohongan itu terbongkar, Dayang Sumbi marah besar dan memukul Sangkuriang dengan centong nasi. Sangkuriang merasa ketakutan dan kesakitan, dia pun pergi meninggalkan rumah.

Beberapa tahun kemudian, Sangkuriang telah tumbuh besar, begitu pula degan Dayang Sumbi yang masih cantik dan tidak bertambah tua. Tanpa sengaja, Dayang Sumbi bertemu dengan Sangkuriang, namun keduanya tak tahu bahwa mereka adalah ibu dan anak. Mereka saling jatuh cinta dan hendak menikah. Namun suatu hari, saat menyisir Sangkuriang, Dayang Sumbi menyadari bahwa itu adalah anaknya. Bagaimana lanjutan dari rencana pernikahan mereka?

Itulah daftar cerita dongeng populer yang berasal dari kekayaan sastra Indonesia. Bagi kamu yang kini masih tetap lestari membacanya, tolong sebarkan semangat itu pada orang lain. Dongeng Indonesia memiliki banyak sekali nilai luhur yang sudah mulai dilupakan oleh masyarakat saat ini. Selamat menikmati dongeng legendaris asli Indonesia!

Leave a Reply