Ada Kehidupan Apa Saja, Sih di Terumbu Karang? Ayo Cari Tahu!

Pernahkah Teman-Teman melihat terumbu karang?  Terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang memiliki beraneka ragam kehidupan. 

Tentang Terumbu Karang 

terumbu karang

Gambar Oleh: Gambar oleh Katrin Knogler dari Pixabay

Terumbu karang adalah batuan sedimen kapur yang berasal dari kalsium karbonat residu biota laut yang menghasilkan kalsium karbonat lalu terjadi proses sedimentasi. Proses sedimentasi pada terumbu karang ini bisa berasal dari karang maupun alga.

Ekosistem terumbu karang umumnya terdiri dari hewan avertebrata. Makhluk laut tersebut bisa berupa siput, kerang, anemone laut, teripang, crustacean, ikan kecil, ganggang, bintang laut, ular laut, bulu babi, alga, dan penyu laut, 

Ekosistem Terumbu Karang Indonesia

terumbu karang

Gambar Oleh: Gambar oleh Kanenori dari Pixabay

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan ekosistem terumbu karang terbesar di seluruh dunia. Terumbu karang Indonesia terkenal dengan kehidupan laut dan keindahannya. Namun demikian, terumbu karang di Indonesia mulai terancam. Pencemaran dan eksploitasi sumber daya terumbu karang besar-besaran menjadi faktor besar dalam kerusakan ekosistem terumbu karang di Indonesia. Berikut beberapa tempat di Indonesia yang terkenal dengan keindahan terumbu karang. 

  1. Raja Ampat Papua. Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata bawah laut terkenal di dunia. Taman laut ini memiliki keanekaragaman hayati lengkap dengan terumbu karang. 
  2. Alor di Nusa Tenggara Timur. Alor menjadi salah satu lokasi penyelaman di Indonesia. Terdapat 50 lokasi menyelam yang memiliki air yang jernih sehingga penyelam bisa melihat kekayaan biota lautnya. 
  3. Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Taman laut Wakatobi ini sudah terkenal di seluruh dunia dengan luas area 1,39 juta hektar. 

Manfaat Terumbu Karang Bagi Manusia dan Kehidupan Laut

terumbu karang

Gambar Oleh: Gambar oleh Marcelo Kato dari Pixabay

Nah, setelah mengetahui kekayaan terumbu karang di Indonesia, sekarang kita akan mencari tahu apa saja manfaat terumbu karang bagi kehidupan manusia dan laut. 

  1. Menjadi habitat sekaligus sumber makanan bagi makhluk hidup yang ada di laut. Banyak biota laut yang tinggal, berlindung, berkembang biak dan mencari makan di ekosistem terumbu karang. Ada banyak jenis biota laut yang hidup di terumbu karang. Oleh karena itu, terumbu karang sangat penting bagi kehidupan laut 
  2. Terumbu karang memiliki keanekaragaman hayati. Dengan adanya keanekaragaman hayati ini, terumbu karang memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi bagi sumber keanekaragaman hayati genetik maupun spesies di terumbu karang. 
  3. Terumbu karang sebagai pelindung ekosistem atau kehidupan laut di sekitarnya. Terumbu karang bisa memperkecil ombak yang menuju daratan sehingga bisa melindungi dari abrasi pantai. Fungsi terumbu karang ini hampir sama dengan hutan bakau. 
  4. Mengurangi efek pemanasan global. Pemanasan global merupakan isu lingkungan yang santer digemakan. Nah, laut bisa menyerap gas CO2 sebagaimana hutan! Batuan karang mengubah CO2 menjadi zat kapur. 
  5. Sebagai bahan penelitian dan pendidikan. Sebagai ekosistem yang berada di laut, terumbu karang menjadi objek kegiatan penelitian dan pendidikan. 

Manfaat Ekonomi Terumbu Karang

terumbu karang

Gambar Oleh: Gambar oleh joakant dari Pixabay

Tentu saja, terumbu karang juga memiliki manfaat ekonomi.  Terumbu karang merupakan sumber perikanan dengan hasil yang beragam. Selain itu, terumbu karang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat dan bahan baku kosmetik. Sebagaimana dijelaskan tadi, biota laut yang hidup di terumbu karang termasuk alga dan ganggang. Kedua jenis biota laut ini banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus kapsul dan bahan kosmetik. 

Manfaat lain terumbu karang adalah sebagai objek wisata yang bisa menarik wisatawan sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Banyak aktivitas air yang dapat dilakukan untuk menikmati ekosistem terumbu karang seperti diving atau snorkeling. 

Mencegah Kerusakan Terumbu Karang 

terumbu karang

Gambar Oleh: Gambar oleh csharker dari Pixabay

Terumbu karang memiliki manfaat yang begitu besar bagi manusia, maka kita perlu menjaga habitat terumbu karang. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan terumbu karang. 

  1. Menjaga kebersihan pesisir pantai dan kawasan sekitarnya. 
  2. Tidak menyentuh dan mengambil terumbu karang Saat di pantai, melihat terumbu karang memang mengasyikkan. Namun, terumbu karang sangat sensitif. Apabila terumbu karang dipindah dari habitat aslinya dan tempat yang baru yang tidak sesuai, maka terumbu karang tersebut akan mati. Bahkan menyentuh terumbu karang bisa mengakibatkan terumbu karang terhambat pertumbuhannya dan mati.
  3. Menangkap ikan tanpa merusak terumbu karang.

Demikian beberapa hal mengenai manfaat terumbu karang. Semoga Teman-Teman dapat menjaga ekosistem terumbu karang ketika sedang berwisata ke kawasan pantai dengan baik.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!