Planet Dalam dan Luar Itu Apa, Ya? Yuk, Kita Simak Penjelasannya!

Alam semesta memiliki delapan planet yang bergerak mengelilingi matahari sebagai pusat orbit dari susunan tata surya yang ada.  Kedelapan planet tersebut dikelompokkan menjadi planet dalam dan luar. Untuk membedakan planet dalam dan luar dapat dilihat dari sabuk asteroid yang terletak di antara planet Mars dan Jupiter.

Planet dalam dan luar tersebut pun memiliki ciri beserta karakter masing-masing. Kira-kira apa saja perbedaannya, ya? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, kita simak penjelasan di bawah ini bersama, yuk!

Pengertian dan Karakteristik Planet Dalam

Planet dalam merupakan planet yang berada di dalam sabuk asteroid dan posisinya lebih dekat dengan pusat orbit, matahari. Planet yang masuk ke dalam kelompok planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Berikut beberapa karakteristik yang dimiliki oleh planet dalam, yaitu:

1. Berukuran Kecil

planet dalam

Gambar oleh WikiImages dari Pixabay

Planet yang temasuk ke dalam kelompok planet ini memiliki ukuran kecil jika dibandingkan dengan planet-planet lainnya. Berikut ukuran empat planet yang termasuk planet dalam, yaitu:

  • Planet Merkurius berdiameter 4.878 km3
  • Planet Venus berdiameter 12.104 km3
  • Planet Bumi berdiameter 12.742 km3
  • Planet Mars berdiameter 6.779 km3

2. Permukaan Padat

planet dalam

Gambar oleh Reimund Bertrams dari Pixabay

Biasanya, kelompok planet dalam merupakan planet yang tersusun dari bebatuan dan mineral lainnya. Oleh karena itu, permukaan pada planet dalam memiliki permukaan padat seperti bumi yang kita tinggali saat ini.

3. Berotasi Lambat

planet dalam

Gambar oleh flflflflfl dari Pixabay

Planet dalam bergerak memutari matahari sebagai pusat orbit dengan kecepatan rendah atau biasa disebut dengan berotasi lambat. Waktu yang diperlukan oleh planet dalam saat melakukan sekali rotasi adalah sebagai berikut:

  • Planet Merkurius berotasi dalam 58 hari 15 jam 30 menit
  • Planet Venus berotasi dalam 116 hari 18 jam 0 menit
  • Planet Bumi berotasi dalam 23 jam 56 menit 4,09 detik
  • Planet Mars berotasi dalam 1 hari 0 jam 37 menit

4. Tidak Memiliki Cincin Planet

planet dalam

Gambar oleh Noah Haggerty dari Pixabay

Cincin planet merupakan debu kosmik disertai partikel lain yang berputar mengitari planet dan membentuk sebuah cincin. Namun, tidak ada satu pun planet dalam yang memiliki cincin tersebut.

Pengertian dan Karakteristik Planet Luar

Planet luar merupakan planet-planet yang berada di luar sabuk asteroid dan posisinya jauh dari matahari. Planet yang termasuk ke dalam planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Berikut karakteristik yang dimiliki oleh planet luar, yaitu:

1. Berbahan Material Gas

planet dalam

Gambar oleh flflflflfl dari Pixabay

Tahukah kalian bahwa planet luar disebut dengan raksasa gas? Sebutan tersebut melekat pada planet-planet tersebut karena sebagian besar planet luar tersusun atas berbagai material gas atau udara. Di dalamnya, terdapat partikel padat dan cair, tetapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan jumlah gas yang ada dalam planet luar tersebut.

2. Berukuran Besar

planet dalam

Gambar oleh Don Cloud dari Pixabay

Berbeda dengan planet dalam, planet-planet luar justru memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan planet dalam. Ukurannya dari planet luar dapat mencapai belasan kali lipat dari planet dalam. Bahkan, planet terbesar dalam tata surya termasuk ke dalamnya yaitu Jupiter. Berikut ukuran dari planet-planet luar yaitu:

  • Planet Jupiter berdiameter 69.911 km3
  • Planet Saturnus berdiameter 58.232 km3
  • Planet Uranus berdiameter 25.362 km3
  • Planet Neptunus berdiameter 24.622 km3

3. Berotasi Cepat

planet dalam

Gambar oleh looser dari Pixabay

Meskipun planet-planet luar sangat besar ukurannya, tetapi waktu yang dibutuhkan dalam melakukan sekali rotasi sangat cepat. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar planet luar tersusun dari gas sehingga dapat bergerak lebih cepat dibandingkan dengan planet-planet dalam.

Perputaran rotasi yang cepat tersebut juga menyebabkan beberapa bentuk planet luar menjadi sedikit oval. Bahkan, posisi garis khatulistiwa atau ekuator tampak lebih melebar.

Berikut waktu yang dibutuhkan oleh planet luar dalam melakukan sekali rotasi, yaitu:

  • Planet Jupiter berotasi dalam 0 hari 9 jam 56 menit
  • Planet Saturnus berotasi dalam 0 hari 10 jam 42 menit
  • Planet Uranus berotasi dalam 0 hari 17 jam 14 menit
  • Planet Neptunus berotasi dalam 0 hari 16 jam 6 menit

4. Memiliki Cincin Planet

planet dalam

Gambar oleh Creative Force dari Pixabay

Sebenarnya seluruh planet luar memiliki debu kosmik beserta partikel lain yang bergerak memutari planet dan membentuk cincin planet. Namun, hanya planet Saturnus saja yang terlihat dari bumi sementara planet luar lainnya tidak terlalu kelihatan.

Itu terjadi karena material cincin Saturnus jauh lebih padat dibandingkan planet lainnya. Bahkan, terkadang cincin planet yang dimiliki Jupiter, Uranus, dan Neptunus telah hancur terkena gaya gravitasi.

Wah, ternyata banyak sekali hal yang dapat kita ketahui dari planet dalam dan luar, ya!  Sungguh pembahasan yang menarik untuk dipelajari lebih dalam lagi. Begitu luasnya hingga mampu membuat kita begitu kecil di hadapan-Nya. Semoga dengan adanya artikel ini kita dapat menjaga planet bumi sebagai langkah kecil dalam menjaga keseimbangan alam semesta ini, ya!

Leave a Reply