Bunga Asoka dengan Seribu Manfaatnya

Bunga asoka merupakan bunga yang sangat unik. Ketika bunganya bemekaran, bentuknya seperti buket atau karangan bunga. Di Indonesia sendiri, bunga asoka memiliki dua jenis yang berbeda yaitu pohon asoka (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) Perbedaan dari kedua jenis bunga tersebut terletak pada rantingnya, pohon asoka tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting, sedangkan asoka biasa memiliki ranting dan berdaun runcing.

Bunga ini biasa dianggap suci oleh masyarakat beragama Hindu. Oleh karena itu, kita dapat dengan mudah menemukan bunga ini di Bali. Bunga ini memiliki warna-warna yang indah seperti kuning, merah, jingga, atau perpaduan dari ketiga warna tersebut. Tahu tidak, Teman-Teman? Ternyata di balik keindahannya, terdapat berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita, lho! Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak bersama!

Manfaat Bunga Asoka untuk Kesehatan

1. Meredakan Stres

bunga asoka

Gambar oleh Hamed Mehrnik dari Pixabay

Stres berlebihan dapat menganggu konsentrasi dan kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, kita harus bersikap tenang agar stres kita pun berkurang dan kembali berbahagia. Salah satu caranya dengan meminum rebusan bunga asoka yang dicampur kupasan daging lidah buaya, campurannya dapat meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh kita sehingga pikiran kita pun kembali tenang.

Cara membuatnya tuang dua gelas air putih ke dalam panci, lalu masukkan bunga asoka, dan rebus hingga mendidih. Jika sudah mendidih, tambahkan kupasan daging lidah buaya dan campurkan ke dalam panci tersebut. Kandungan dalam bunga asoka dapat membuat tubuh relaks kembali. Selain meredakan stres, resep ini dapat digunakan bagi perempuan yang mengalami haid kurang lancar agar lancar kembali.

2. Mengatasi Kram

bunga asoka

Gambar oleh shauking dari Pixabay

Kram biasanya datang jika otot dalam tubuh kita kelelahan, terlebih jika telah melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi rebusan bunga asoka yang dicampur dengan daun sembung atau bunga mawar. Bahkan, rebusan tersebut dapat mengatasi peradangan karena mengandung sifat antiinflamasi dan antiradang.

3. Mengobati Diare

bunga asoka

Gambar oleh Darko Djurin dari Pixabay

Apabila kalian tiba-tiba terserang diare karena mengonsumsi makanan yang tidak dapat diterima dengan baik oleh kondisi perut. Segeralah minum rebusan bunga asoka, kandungan hematoksilinnya dapat menghancurkan racun bakteri dalam usus sehingga dapat mengatasi buang air besar yang berlebih.

4. Mengatasi Wasir

bunga asoka

Gambar oleh Darko Djurin dari Pixabay

Selain mengatasi diare, bunga berwarna menarik ini dapat mengatasi penyakit wasir. Wasir biasanya disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, seringlah meminum air putih, ya Teman-Teman. Untuk menyembuhkan penyakit ini, cukup dengan meminum air perasan dari ekstrak bunga ini pada pagi dan sore hari.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

bunga asoka

Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Jika kalian sedang kehilangan selera untuk makan, mengonsumsi rebusan bunga asoka dapat menjadi pilihan kalian. Biasanya rebusan tersebut ditambahkan dengan akar tunggang menjalar, contohnya adalah singkong, ubi, wortel, dan umbi-umbian lainnya. Setelah mengonsumsinya, nafsu makan kalian pun dapat meningkat kembali.

6. Menurunkan Hipertensi

bunga asoka

Gambar oleh Thomas H. dari Pixabay

Hipertensi merupakan nama lain dari tekanan darah tinggi. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh kekurangan makan buah dan sayuran, jarang berolahraga, mengonsumsi makanan mengandung garam berlebihan, terlalu banyak meminum minuman mengandung kafein, dan kelebihan berat badan.

Namun, jangan terlalu terburu-buru untuk segera pergi ke dokter, ya.  Rebusan bunga asoka dapat membantu tekanan darah kalian kembali normal. Caranya dengan mengonsumsi rebusan bunga asoka sebanyak setengah gelas tiap harinya.

7. Mengatasi Anemia

bunga asoka

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Selain dapat menormalkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, bunga asoka juga dapat menyembuhkan anemia, lho! Kandungan zat besi pada bunga ini dapat meningkatkan jumlah sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh kita.

8. Antioksidan

bunga asoka

Gambar oleh varun_saa dari Pixabay

Bunga asoka merupakan salah satu sumber antioksidan yang dapat menangkal pertumbuhan sel kanker. Kandungan flavanoid di dalamnya dapat mencegah sel-sel kanker bereaksi dalam tubuh kita.

9. Menghentikan Perdarahan

bunga asoka

Gambar oleh shan5 dari Pixabay

Bunga asoka juga dapat membantu menghentikan pendarahan, lho! Caranya dengan menumbuk bunga tersebut dan campurkan dengan air. Setelah itu, minumlah air bunga tersebut sebanyak satu sendok teh sehingga pendarahan yang terjadi dalam tubuh dapat berhenti perlahan.

Wah, banyak sekali manfaat dari bunga asoka bagi tubuh kita, ya Teman-Teman! Tertarik untuk menanamnya di pekarangan rumah tidak, nih? Cara membudidayakan bunga ini pun cukup mudah, lho! Kalian cukup menyiapkan bibit dari bunga asoka lalu menanamnya dengan cara setek atau cangkok. Bibit yang dipilih pun harus memakai induk unggulan agar bunga tersebut dapat tumbuh dengan baik. Yuk, mengisi waktu luang di akhir pekan nanti dengan menanam bunga ini agar dapat dengan mudah ditemukan dan dipakai untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus mempercantik pekarangan rumah kalian!

Leave a Reply