Intip Keindahan Pulau Komodo. 7 Keajaiban Dunia di Indonesia

Pulau komodo letaknya tidak terlalu jauh dengan Pulau Bali dan Lombok. Keindahan alamnya pun sama tidak ternilai. Tapi kenapa, ya pulau ini tidak sepopuler kedua pulau tadi? Padahal jika kamu tahu, pulau ini juga termasuk dalam 7 keajaiban dunia yang ada di Indonesia dan tidak kalah istimewa, lho!

Berikut ini adalah daftar hal menarik dan unik dari Pulau Komodo, yang mungkin tidak akan kamu jumpai di tempat lain. Mulai dari pantai sampai pulau kecil di sekitar, wajib kamu datangi setidaknya sekali seumur hidup. Indah, lho! 

Bersantai di Pantai Merah Muda 

pulau komodo

Gambar Oleh: https://www.idntimes.com/

Bukan pasir putih apalagi pasir hitam, terletak di timur Pulau Komodo ada sebuah pantai dengan pasir merah muda. Saking cantiknya, mereka yang sudah pernah menginjakkan kaki langsung di pantai tersebut menyebutnya sebagai surga yang tersembunyi. 

Lautnya yang tenang dan matahari yang cerah, pasti akan membuat kamu betah berlama-lama membenamkan jemari di antara pasir pantainya yang hangat. Dan yang terpenting, belum banyak turis yang tahu Pantai Merah Muda. Jadi, serasa pantai pribadi!

Menyelam di Pulau Sebayur 

pulau komodo

Gambar Oleh: http://www.liburansari.com

Tidak lengkap mendatangi Pulau Komodo tanpa pergi ke Pulau Sebayur. Pulau Sebayur adalah tempat yang tepat jika kamu ingin menyelam dan berinteraksi langsung dengan ratusan ikan di laut. Tidak ingin menyelam? Teman-Teman masih bisa naik kapal mengelilingi sekitar sambil menikmati pemandangan. 

Jika ingin melakukan aktivitas yang menantang, silakan mengikuti para pengunjung lain untuk trekking. Beberapa bukit di sana aman untuk dilakukan pendakian sederhana. Tapi tidak ada salahnya untuk meminta didampingi pemandu profesional. 

Trekking di Pulau Padar

pulau komodo

Gambar Oleh: https://www.superadventure.co.id/

Apabila trekking di Pulau Sebayur kurang mentang untukmu atau ingin mencoba tempat yang lain, lanjutkan perjalanan ke Pulau Padar. Lokasinya tidak jauh dari Pulau Sebayur dan bisa kamu datangi menggunakan kapal milik masyarakat lokal. 

 Pulau Padar terdiri atas bukit hijau yang akan tampak gersang di musim kemarau. Nah, di perbukitan inilah kamu bisa trekking. Saat sampai di atas, kamu akan melihat hamparan laut yang mengesankan. Jangan lupa bawa kameramu. Sayang jika sampai di puncak tapi tak sempat foto-foto.

Merasakan Keindahan Pulau Pasir di Taka Makassar

pulau komodo

Gambar Oleh: https://www.ayotraveling.co.id/

Takka Makassar adalah pulau yang terdiri atas pasir putih yang muncul hanya saat laut sedang surut. Ukurannya pun tidak lebih besar dari lapangan sepak bola. Saat pulau ini muncul, ia akan rimbun dengan banyak ilalang yang justru membuat makin indah. 

Karena kecil pulau pasir ini tidak berpenghuni, bahkan jarang adanya wisatawan yang mampir. Namun tidak ada salahnya untuk mampir. Selain bersantai dan berfoto, diving pun cocok kamu lakukan. Eits, bawa alat diving-mu sendiri ya karena disini tidak ada tempat penyewaan alat.

Swafoto di Lokasi Paling Populer, Pulau Kelor

pulau komodo

Gambar Oleh: https://indonesiakaya.com/

Menikmati liburan, jangan sampai jadi lupa mengabadikan kenangan. Apalagi jika ke Pulau Komodo, kamu wajib mampir ke pulau tak berpenghuni, kecil, tapi menjadi tempat paling populer, yaitu Pulau Kelor. Pulau kelor tidak jauh kok dari Pulau Komodo. Jadi, bisa sekalian mendatanginya. 

Pulau Kelor tidak hanya terdiri atas hamparan pantai yang bersih dan jernih saja, tapi banyak bangunan peninggalan perang yang justru membuat pulau makin terlihat eksotik. Salah satunya adalah Benteng Martello yang dibuat oleh orang terdahulu untuk mempertahankan diri semasa perang. 

Berinteraksi dengan Komodo di Pulau Rinca

pulau komodo

Gambar Oleh: https://www.lungarworld.id

Ternyata, tidak hanya di Pulau Komodo kamu bisa berinteraksi dengan komodo. Sebab, tak jauh dari pulau utama, ada yang namanya Pulau Rinca. Di sana kamu juga bisa melihat komodo bahkan berinteraksi secara dekat. Juga, kamu bisa melihat perkampungan ala Pulau Rinca yang menarik. 

Pulau Rinca juga termasuk pulau yang dilindungi oleh UNESCO dan pemerintah karena habitat asli komodo. Perbedaannya dengan Pulau Komodo adalah secara topografi, Pulau Rinca terdiri atas sabana, Pulau Komodo selayaknya hutan rimbun. 

Melihat Kadal Purba dari Dekat di Pulau Komodo 

pulau komodo

Gambar Oleh: https://www.radarcirebon.com/

Yang pertama dan harus dilakukan saat ke Pulau Komodo adalah melihat si kadal purba dari dekat. Tidak perlu takut karena nantinya kamu akan didampingi oleh ranger atau pemandu sepanjang kunjungan. Bukan hanya supaya tidak diserang komodo, tapi juga agar tidak tersesat.

Selain mempersiapkan mental karena akan bertemu reptil raksasa, jangan lupa persiapkan fisik, bawa minum yang cukup, dan pakai sepatu yang nyaman. Untuk mencapai tempat komodo, kamu harus menanjak, apalagi Pulau Komodo ini sangat luas. Siap-siap capek, tapi bahagia. 

Itulah sederet hal yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke Pulau Komodo. Menantang dan pasti tidak akan terlupakan, bukan? Jika ingin yang berbeda, kamu bisa menyewa kapal milik warga dan menginap di sana kala malam. Asyik! 

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!