Bagaimana Ya, Awal Mula Sang Ratu Lebah Dapat Terpilih?

Ratu lebah merupakan lebah yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan lebah lain. Tugasnya adalah untuk kawin dengan lebah jantan dan menghasilkan telur-telur. Dalam sebuah koloni lebah, hanya ratu lebah yang melakukan perkawinan untuk berkembang biak. Secara umum, apakah yang membedakan ratu lebah dengan lebah lainnya? Bagaimana seekor lebah bisa terpilih menjadi sang ratu? Yuk, kita simak informasi lengkapnya!

Proses Seleksi Sang Ratu Lebah

ratu lebah

Gambar oleh maggydurch dari Pixabay

Usia ratu lebah lebih panjang dari lebah lainnya atau biasa disebut dengan lebah pekerja. Tubuhnya juga lebih besar satu setengah kali lipat dibandingkan lebah pekerja. Lebah pekerja hanya mampu bertahan hidup selama kurang lebih enam hingga tujuh pekan, sedangkan ratu lebah bisa hidup empat sampai lima tahun. Setelah ratu lebah mati, koloni harus menemukan calon pengganti ratu lebah. Di sinilah, proses pemilihan ratu lebah dimulai.

Calon ratu baru diambil dari telur-telur ratu yang sudah mati.Telur ini setidaknya sudah berumur tiga hari. Telur ini diberikan sebuah cairan khusus yang bernama royal jelly. Royal jelly dihasilkan oleh lebah pekerja dari kelenjar di kepalanya yang bernama hypopharynx.

Cairan tersebut terbuat dari bahan serbuk sari, madu, dan nektar yang dicampur menjadi satu. Telur calon ratu hanya diberi cairan royal jelly yang mengandung protein tinggi, berbagai vitamin, dan mineral. Royal jelly berfungsi untuk membuat telur calon ratu tumbuh lebih besar hingga bisa menjalankan tugasnya.

Para lebah mulai menentukan telur mana yang akan diangkat menjadi ratu lebah dan memiliki kemampuan untuk melihat telur yang berpotensi menjadi ratu. Telur calon ratu memiliki kemampuan bergerak lebih aktif daripada lebah pekerja lainnya. Itu karena telur calon ratu memiliki protein yang membuat metabolisme karbohidrat dan energi dalam tubuhnya jauh lebih besar.

Meskipun beberapa telur diberi makanan yang sama yaitu royal jelly, hal ini tidak serta merta membuat semua telur berpotensi menjadi ratu lebah. Hanya telur-telur berprotein khususlah yang akan lahir menjadi seekor ratu lebah.

Jika sudah terpilih, telur ratu akan terus-menerus diberi royal jelly. Itu karena, telur yang mengonsumsi royal jelly akan mengalami perkembangan luar biasa. Sementara, telur lain akan kembali diberi makanan madu, serbuk sari, dan air.

Bagaimana kondisinya jika dalam satu waktu terdapat dua atau lebih telur calon ratu? Para calon ratu lebah ini akan bertarung memperebutkan takhta, hingga akhirnya hanya satu yang keluar sebagai sang ratu lebah.

Ketika beranjak dewasa, ratu lebah akan memiliki ciri fisik yang menonjol dan berbeda dengan lebah pekerja lainnya. Tubuhnya berwarna lebih gelap sampai hitam kecokelatan dibandingkan lebah pekerja. Ratu lebah juga mampu menghasilkan sebanyak dua ribu telur setiap hari sepanjang hidupnya.

Munculnya Koloni Lain dalam Satu Sarang

ratu lebah

Gambar oleh PollyDot dari Pixabay

Ada kalanya sebuah koloni sudah terlalu besar untuk seorang ratu. Oleh karena itu, ratu lebah mempersiapkan telur calon ratu untuk membuat koloni baru. Ketika telur ratu baru telah lahir, ratu lebah sebelumnya pergi meninggalkan koloni bersama sebagian lebah pekerja untuk membuat koloni dan sarang baru.

Kadangkala, beberapa koloni hidup dalam satu sarang besar yang sama. Setiap lebah pekerja tunduk pada perintah ratu lebahnya masing-masing.

Ratu lebah adalah ibu dan pemimpin dari sebuah koloni lebah. Di dalamnya, ada beberapa kelompok lebah dengan tugasnya masing-masing. Ada lebah pekerja betina yang bertugas untuk bekerja mencari nektar dan serbuk sari.

Lalu, ada lebah jantan yang memiliki tugas melakukan perkawinan dengan ratu lebah. Perkawinan ini dilakukan pada musim panas. Semua lebah ini bekerja dan menjalankan tugasnya dengan baik juga patuh sesuai dengan yang diperintahkan.

Itulah proses pemilihan ratu lebah untuk menggantikan ratu lebah yang mati atau membentuk koloni lain. Proses ini terus berjalan dan berkembang hingga membentuk koloni-koloni lebah baru. Menjadi ratu lebah tidak semudah kelihatannya karena proses perkembangbiakan dan menjaga calon-calon lebah juga sangat sulit. Oleh sebab itu, ratu lebah diangkat dari telur-telur terpilih dan terbaik. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kalian tentang terpilihnya sang ratu lebah, ya!

Leave a Reply