Kembang Sepatu, Bunga Kaya Manfaat bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kembang sepatu merupakan merupakan salah satu jenis bunga berbentuk besar, berwarna mencolok, dan tidak memiliki bau. Warna-warni bunga tersebut membuatnya menjadi salah satu tanaman hias favorit untuk mempercantik pekarangan rumah atau taman yang ada di lingkungan sekitar kita.

Namun, tahukah kalian? Selain menjadi tanaman hias, bunga ini memiliki banyak sekali manfaat, lho! Berdasarkan penelitian yang ada, kembang sepatu memiliki berbagai macam manfaat di beberapa negara tempatnya tumbuh dengan baik. Penasaran kembang sepatu memiliki manfaat apa saja? Yuk, kita simak penjelasannya bersama-sama!

Tentang Kembang Sepatu

kembang sepatu

Gambar oleh Websi dari Pixabay

Meskipun memiliki nama kembang sepatu, bukan berarti bentuknya seperti sepatu, ya Teman-Teman! Namun di India, para warganya menggunakan bunga ini untuk menyemir sepatu. Hal tersebut merupakan awal mula penggunaan kata sepatu pada bunga ini. Di Malaysia, bunga ini biasa disebut dengan nama bunga raya. Sementara, bagi masyarakat Jawa, dikenal dengan sebutan kembang wora-wari.

Nama latin dari kembang sepatu adalah Hibiscus rosa-sinensis, tanaman ini berasal dari tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Biasanya bunga ini dibudidayakan sebagai tanaman hias di daerah beriklim tropis dan subtropis. Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh kembang sepatu yaitu:

  • Kembang sepatu termasuk ke dalam jenis bunga sempurna.
  • Tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga setinggi 3 meter.
  • Memiliki batang bulat dengan struktur keras.
  • Daunnya berwarna hijau gelap berbentuk bulat dengan tepian dan ujung runcing.
  • Memiliki warna kelopak bunga yang mencolok seperti merah menyala, merah muda, kuning, dan jingga.
  • Bertangkai putik panjang menjulur hingga keluar dari kelopak bunga.
  • Memiliki kelopak sari berisi serbuk sari pada ujung tangkai putik.

Kandungan Kembang Sepatu

kembang sepatu

Gambar oleh Kratzikowsky dari Pixabay

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kembang sepatu tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah saja. Namun, dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sebelum mengetahui manfaat yang dimilikinya, kita ketahui terlebih dahulu, yuk berbagai kandungan yang dimiliki oleh tanaman ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Flavonoida
  • Saponin
  • Polifenol
  • Tanin
  • Peptin
  • Anthocyanin
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Antioksidan
  • Asam Amino
  • Hibiscin
  • Kalsium Oksalat
  • Asam Sitrat
  • Asam Tartarat
  • Asam Malat
  • Peroxidase
  • Skopoletin
  • Glucoside
  • Cloemiscosin A
  • Cleomiscosin C

Manfaat Kembang Sepatu

Bunga dengan berbagai warna cantik ini memiliki manfaat yang berbeda-beda di setiap negara, lho Teman-Teman! Sejak 28 Juli 1960, Malaysia menobatkan kembang sepatu menjadi bunga nasional di negara mereka, karena kecantikan dari berbagai warna yang dimiliki oleh bunga tersebut.

Selanjutnya di Tiongkok, warna merah pada kembang sepatu dipakai sebagai pewarna makanan alami seperti pada pembuatan sup, bapau, dan dimsum. Sementara di Jepang, kembang sepatu identik dengan tanaman pagar yang melambangkan kehidupan setelah kematian. Oleh karena itu, tanaman ini banyak ditemukan di area pemakaman warga Jepang. Selain itu, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, di India, bunga ini dijadikan sebagai semir sepatu.

Di Indonesia sendiri, bunga ini digunakan sebagai program penghijauan taman dan pekarangan rumah. Warna-warni bunganya yang cantik nan menarik serta warna hijau daun yang gelap menjadikan kembang sepatu pilihan terbaik untuk mempercantik taman dan pekarangan yang ada.

Selain itu,  kembang sepatu juga digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan teh atau biasa disebut dengan teh Hibiscus. Cara membuat dan menikmatinya pun sama seperti membuat teh biasa. Cukup dengan menyeduhnya dengan air panas dan kalian dapat menikmatinya. Dengan meminumnya secara teratur, kita akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, lho Teman-Teman! Berikut beberapa manfaat yang akan kita peroleh untuk kesehatan dan kecantikan di antaranya adalah:

1. Pereda Demam

kembang sepatu

Gambar oleh press 👍 and ⭐ dari Pixabay

Sejak zaman dahulu kala, kembang sepatu sudah terkenal sebagai bunga yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Begitu pula bagian akarnya, terdapat senyawa yang dapat berfungsi sebagai penurun demam.

Cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih akar dari bunga tersebut dan direbus ke dalam air hingga mendidih. Setelah itu, saringlah akar tersebut dan sajikan rebusan air tersebut ke dalam gelas. Berikan air rebusan akar tersebut kepada orang yang sakit demam dan demam pun perlahan akan mereda.

2. Obat Sakit Kepala

kembang sepatu

Gambar oleh Usman Yousaf dari Pixabay

Apabila kalian sering merasakan sakit kepala mendadak dan lelah mengonsumsi obat. Ini saat yang tepat untuk menggantinya dengan rebusan daun bunga ini. Petiklah beberapa lembar daun, bersihkan terlebih dahulu, dan rebus hingga mendidih. Jika sudah mendidih, air rebusannya bisa diminum atau dipakai untuk mengompres bagian kepala yang sakit.

3. Menyembuhkan Bronkitis

kembang sepatu

Gambar oleh Capri23auto dari Pixabay

Berbagai senyawa kandungan yang dimiliki oleh bunga ini mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada bronkus (cabang tenggorok). Bagian kelopak bunganya paling berkhasiat menyembuhkan penyakit ini. Kalian dapat mencuci bunganya terlebih dahulu, setelah itu menyeduhnya dengan air panas seperti saat membuat sajian teh hangat. Dengan mengonsumsinya secara teratur, bronkitis yang diderita pun lama kelamaan akan sembuh dan penderitanya dapat sehat kembali.

4. Menyembuhkan Gondok

kembang sepatu

Gambar oleh Dirk Brechmann dari Pixabay

Gondok merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh pembesaran pada kelenjar tiroid yang berada di sekitar leher. Biasanya penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan pada leher. Hal paling parahnya, penderita dapat merasakan sesak dan sulit bernapas

Penyakit ini dapat diredakan dengan menggunakan akar tanaman kembang sepatu. Cara penggunaannya adalah dengan merebus akar tanaman tersebut selama setengah jam dan airnya digunakan untuk mengompres bagian leher dari penderitanya.

5. Menyembuhkan Batuk dan Sariawan

Daun pada kembang sepatu juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan dan menyembuhkan batuk. Kalian dapat merebus beberapa helai daun dan diminum kepada orang yang terkena sariawan dan batuk.

6. Meredakan Pilek

kembang sepatu

Gambar oleh Hilary Thompson dari Pixabay

Tingginya kandungan vitamin C dalam tanaman ini menjadi salah satu alasan kembang sepatu dapat meredakan pilek. Vitamin tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dalam melawan virus pilek dan flu yang datang.

7. Mencegah Kanker

Teh Hibiscus (kembang sepatu) mengandung antioksidan tinggi untuk membantu mengeluarkan racun dan radikal bebas sehingga dapat mencegah munculnya bibit sel kanker dalam tubuh kita.

8. Memelihara Kesehatan Kulit

kembang sepatu

Gambar oleh Ellen Chan dari Pixabay

Dengan kecantikan dan keindahan yang dimiliki bunga ini, tentunya dapat menjaga kesehatan kulit kita, Teman-Teman. Bahkan, bunga ini pun dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membuat produk kecantikan.

Pada kelopak bunganya terdapat minyak yang mengandung zat antiradang atau antiinflamasi. Zat tersebut membantu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati pada wajah. Kandungannya pun cocok sekali bagi kalian yang sedang memiliki masalah jerawat.

Cara penggunaannya adalah memetik beberapa kelopak bunganya dan cucilah terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian, remaslah kelopak bunga tersebut dan gosokkan pada kulit wajah dan leher. Apabila kalian melakukannya dengan rutin, kesehatan kulit wajah kalian dapat terjaga dengan baik.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

kembang sepatu

Gambar oleh: www.hellosehat.com

Dengan mengonsumsi Teh Hibiscus (kembang sepatu) secara teratur dapat membantu membakar kalori dan tumpukan lemak dalam tubuh kita. Oleh karena itu, jika ingin memperoleh berat badan yang ideal, biasakan untuk meminum teh Hibiscus secara teratur, ya Teman-Teman.

10. Mengatasi Sembelit

kembang sepatu

Gambar oleh tazzanderson dari Pixabay

Untuk mengatasi sembelit dapat menggunakan perasan kelopak bunganya. Cairan yang terkandung di dalamnya dapat membantu usus berkontraksi dan mengeluarkan sisa-sisa makanan dalam perut dengan mudah.

11. Mengatasi PMS

kembang sepatu

Gambar oleh: www.timesmalang.com

Beberapa perempuan yang sudah beranjak remaja akan mengalami menstruasi. Saat menjelang datangnya menstruasi, biasanya perempuan mengalami PMS (Pramenstrual Syndrome). Hal itu ditandai dengan suasana hati yang berubah-ubah, kejang perut, mulas, dan sebagainya.

Nah, untuk meredakannya, kalian dapat mencoba untuk mengonsumsi teh Hibiscus. Berbagai kandungan yang ada di dalam teh tersebut dapat membuat perasaan kita lebih tenang sehingga mood kita dapat terkendali dengan baik.

12. Meningkatkan Energi dan Menghilangkan Stres

kembang sepatu

Gambar oleh: www.jawapos.com

Manfaat dari mengonsumsi teh Hibiscus memang banyak sekali, ya Teman-Teman. Kali ini, kandungan teh tersebut dipercaya dapat mengatasi kelelahan dan menenangkan ketegangan berlebih yang dapat mengakibatkan stres.

13. Mengobati Batuk Berdahak dan Berdarah

kembang sepatu

Gambar oleh Peter Franke dari Pixabay

Apabila seseorang mengalami batuk berdahak hingga berdarah, kalian dapat memetik tiga buah kembang sepatu. Cucilah ketiga bunganya dan remaslah hingga tampak layu. Setelah itu, simpanlah bunga tersebut ke dalam gelas atau tempat berbentuk toples, lalu tuangkan air panas. Tutup rapat kemudian diamkan hingga keesokan harinya. Waktu terbaik untuk meminumnya adalah saat pagi hari. Pada saat mengonsumsinya, kalian dapat menambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pahit.

14. Mencegah Kerontokan Rambut dan Membuat Rambut Hitam Berkilau

kembang sepatu

Gambar oleh Elenza Photography dari Pixabay

Pernahkah kalian meremas-remas daun kembang sepatu? Remasan daun tersebut dapat menghasilkan gel untuk dijadikan masker rambut. Apabila digunakan secara rutin, setidaknya dua kali dalam seminggu, dapat memperkuat akar rambut dan menjadikannya hitam berkilau. Kalian juga dapat menambahkan jeruk nipis untuk dapat merasakan khasiatnya secara maksimal.

15. Menghilangkan Uban

kembang sepatu

Gambar oleh Kobus van Leer dari Pixabay

Informasi kali ini dapat kalian sampaikan kepada orang tua kalian, nih Teman-Teman! Uban atau rambut yang mulai memutih dapat diatasi dengan menggunakan kelopak kembang sepatu. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk kelopak bunga tersebut hingga halus, kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama 30 menit. Menurut penelitian, timbulnya uban disebabkan oleh kekurangan pigmen dan senyawa yang dimiliki oleh bunga tersebut dapat menambahkan jumlah pigmen yang dibutuhkan oleh rambut sehingga mencegah munculnya uban.

Wah, banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh kembang sepatu, ya! Mulai dari akar hingga kelopak bunganya memiliki khasiat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit kita. Bahkan, di negara lain pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan memasak dan dijadikan bunga nasional di Malaysia.

Oleh karena itu, kita perlu menjaga keberadaan dan kelestarian kembang sepatu ini dengan baik. Jika ingin mendapatkan berbagai manfaat yang dimiliki dengan mudah, kalian dapat menanam bibitnya di pekarangan rumah, lho! Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga yang tidak memiliki perawatan khusus dibandingkan bunga lainnya. Jika sudah tumbuh rawatlah dengan baik bunga tersebut, ya! Semoga artikel hari ini bermanfaat, ya Teman-Teman.

Leave a Reply