Nangka Belanda, Buah dari Karibia yang Kaya Manfaat

Mendengar nama buah nangka belanda mungkin tidak begitu familiar di telinga kalian, padahal buah yang satu ini sering kita lihat di berbagai tempat. Nangka belanda memang lebih dikenal dengan nama sirsak, buah dengan tekstur lembut dan rasa manis.

Nangka belanda merupakan buah yang berasal dari Karibia, namun kini sudah di tanam di banyak negara termasuk Indonesia. Nangka belanda pertama kali didatangkan ke nusantara pada abad ke-19 oleh orang-orang Belanda.

Meskipun bukan buah asli Indonesia, nyatanya nangka belanda tumbuh subur di Indonesia dan digemari oleh banyak orang. Selain digemari karena rasanya, nangka belanda ternyata kaya akan manfaat lho, yuk simak apa saja!

Manfaat Nangka Belanda

Nangka belanda memang buah yang cukup terjangkau dengan rasa yang nikmat. Tak hanya itu, nangka belanda juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, antara lain:

1. Mencegah Kanker

nangka belanda
Oleh: https://hellosehat.com/

Nangka belanda mengandung turunan asam lemak yang biasa disebut dengan annonaceous acetogenins. Kandungan tersebut dinyatakan dapat mencegah kanker, bahkan bisa membantu mengecilkan ukuran tumor.

Tak hanya untuk pencegahan, nangka belanda juga disebutkan dapat membantu menyembuhkan kanker dengan kandungan asamnya. Hal ini terkait dengan kandungan acetogenins yang memotong perkembangan sel abnormal dalam aliran darah yang biasanya mengacu pada kanker atau tumor.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

nangka belanda
Oleh: https://mommyasia.id/

Sari biji nangka belanda dipercaya dapat digunakan sebagai penyegar kulit maupun toner. Untuk memanfaatkan biji nangka belanda pada kulit, kalian juga bisa menghancurkan biji nangka belanda beserta buahnya, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker.

Nangka belanda sendiri dianggap mampu mengurangi tanda kerutan atau garis halus pada kulit, sehingga akan mengurangi gejala-gejala penuaan. Selain itu, kandungan antioksidan pada nangka belanda mampu melindungi kulit dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

3. Membersihkan Saluran Pencernaan

nangka belanda
Oleh: https://mommyasia.id/

Nangka belanda memang dianggap memiliki banyak manfaat, bukan dari buahnya saja tapi juga daunnya. Daun nangka belanda sudah banyak digunakan untuk membersihkan atau melancarkan saluran pencernaan. Untuk memanfaatkannya, kalian bisa mengonsumsi daun nangka belanda dengan cara menyeduhnya layaknya seduhan teh.

Daun dan daging nangka belanda sendiri dapat menstimulasi hormon diuretik, sehingga sangat cocok untuk melancarkan sistem gastroinsterstinal dan membersihkan usus. Sedangkan kandungan kunolon dan alkoloid termasuk dalam komponen anti peradangan yang dapat mengurangi parasit pada usus, sehingga dapat meredakan sakit perut.

4. Menghilangkan Stres

nangka belanda
Oleh: https://mommyasia.id/

Teh nangka belanda memiliki kandungan anti peradangan yang dapat membuat orang merasa tenang, sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang stres maupun dilanda kecemasan.

Selain menghilangkan stres, teh nangka belanda yang berefek menenangkan juga akan sangat efektif mengatasi sulit tidur atau insomnia. Dengan kegunaan tersebut, tak mengherankan jika teh nangka belanda sudah digunakan berabad-abad sebagai ramuan penghilang stres.

5. Melegakan Saluran Pernapasan

nangka belanda
Image by Jill Wellington from Pixabay

Nangka belanda memiliki sifat ekspektoran yang dapat menghilangkan lendir maupun dahak, sehingga sangat bagus untuk melegakan batuk, pilek, dan gangguan pernapasan lainnya.

Selain itu, kandungan asam askorbat juga dapat menangkal infeksi dan radikal bebas, sehingga bisa membantu proses penyembuhan gangguan saluran pernapasan. Kalian bisa memakan nangka belanda secara langsung maupun direbus untuk melegakan saluran pernapasan kalian.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

nangka belanda
Oleh: www.solusisehatku.com

Nangka belanda mengandung vitamin C yang sangat baik dalam menjaga kekebalan tubuh karena dapat merangsang pembentukan sel darah putih. Vitamin C juga baik dalam mencegah penyakit kronis karena termasuk dalam antioksidan. Selain vitamin C, nangka belanda juga mengandung vitamin B1 dan B2.

Vitamin B1 dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah berbagai penyakit, seperti beri-beri, diabetes, serviks, dan lain sebagainya. Sedangkan vitamin B2 dapat menjaga kesehatan sistem saraf, kesehatan kulit, dan menghambat berbagai penyakit sehingga baik untuk peningkatan kekebalan tubuh.

7. Meredakan Nyeri

nangka belanda
Oleh: https://hellosehat.com/

Dengan kandungan anti peradangan, nangka belanda mampu meredakan nyeri sendiri hingga peradangan sendi. Kalian hanya perlu menggosokkan buah sirsak pada bagian tubuh yang terasa nyeri, maka fungsi anti peradangan pada nangka belanda akan terasa.

Itulah uraian mengenai 7 manfaat nangka belanda yang sangat beragam, mulai dari hal ringan seperti kesehatan kulit hingga penyakit berat layaknya kanker. Meski banyak manfaat, namun kalian tetap disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak karena malah akan mengganggu pencernaan kalian. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply