Currently set to Index

Sarapan Pagi Penting untuk Tubuh, Lho! Ayo Simak Penjelasannya!

Setiap orang tentu menginginkan tubuh yang sehat. Namun tak semuanya mau melakukan cara yang tepat untuk mendapatkannya. Terbukti masih banyak orang yang melewatkan sarapan pagi dengan berbagai alasan. Mulai dari tidak terbiasa, terburu-buru, sampai program diet. Padahal, mengkonsumsi makanan di pagi hari sangat penting, sebab memiliki banyak manfaat. Bagi kamu yang sampai sekarang masih sering meninggalkan sarapan, sebaiknya simak dan ketahui manfaat sarapan di bawah ini.

Manfaat Sarapan Pagi bagi Tubuh

Sebagaimana diketahui, makan merupakan cara untuk tubuh memperoleh asupan nutrisi agar semua organ bekerja dengan baik. Namun, dalam mengkonsumsinya ada waktu yang paling terbaik, yakni saat pagi hari. Di antara manfaat sarapan untuk tubuh adalah sebagai berikut.

1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

sarapan pagi
Photo by Ben White on Unsplash

Menyantap makanan dengan kandungan gizi yang cukup akan semakin memperkuat sistem imun tubuh. Terlebih jika kamu mengkonsumsi buah-buahan kaya antioksidan. Alhasil, kamu bebas dari penyakit akibat bakteri maupun virus. Selain itu, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa wanita yang tidak sarapan cenderung memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan.

2. Mempercantik Kulit

Semua orang tentu ingin memiliki kulit sehat dan cantik. Salah satu caranya adalah dengan tidak melewatkan sarapan. Pagi adalah waktu dimana tubuh dapat menyerap dengan sempurna kandungan protein, vitamin, dan mineral dari makanan. Ketika kebutuhan gizi kamu terpenuhi, maka kondisi kulit pun terlihat sehat dan cantik.

3. Membantu Program Diet

sarapan pagi
Photo by Louis Hansel on Unsplash

Mengkonsumsi makanan sehat saat sarapan ternyata dapat mengurangi rasa lapar di siang hari. Sehingga program diet kamu dapat berjalan dengan baik dan sehat. Sebaliknya, melewatkan sarapan akan membuat kamu tergoda untuk mengkonsumsi makanan berkalori tinggi, namun tidak mengenyangkan.

4. Memperbaiki Konsentrasi

sarapan pagi
Image by klimkin from Pixabay

Sarapan sangat penting untuk kamu yang harus bersekolah maupun bekerja. Sebab mengkonsumsi makanan bergizi di pagi hari dapat membuat konsentrasi lebih baik dan semangat menjalankan semua aktivitas. Banyak hasil studi  menyebutkan bahwa mereka yang tidak sarapan mengalami penurunan daya pikir.

5. Melengkapi Asupan Nutrisi

sarapan pagi
Image by StockSnap from Pixabay

Pagi adalah waktu yang memungkinkan tubuh dapat menyerap semua nutrisi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk kamu sarapan dengan makanan kaya gizi, seperti vitamin, serat, dan kalsium.

6. Memperbaiki Suasana Hati (Mood)

sarapan pagi
Photo by Trinity Kubassek from Pexels

Pernahkah kamu merasakan mood begitu buruk? Hal ini tentu sangat menghambat aktivitas harian. Salah satu faktor penunjang untuk memperbaiki suasana hati adalah dengan sarapan. Perut yang terisi membuat otak lebih segar dan psikis tidak terlalu tertekan. Mungkin kamu sendiri telah menyadari bahwa saat lapar, emosi menjadi lebih tinggi atau mudah marah.

Menu Sarapan Pagi yang Sehat

Semua manfaat baik dari sarapan dapat kamu peroleh dengan memperhatikan menu yang disantap. Kamu perlu memastikan bahwa semuanya telah mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti multivitamin, serat, kalsium, serta nutrisi lainnya. Berikut beberapa rekomendasi menu sarapan yang sehat, diantaranya:

1. Oatmeal dengan Buah-Buahan

sarapan pagi
Photo by Melissa Belanger on Unsplash

Selain praktis, mengkonsumsi oatmeal saat sarapan ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab olahan gandum ini mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral dan zat besi. Agar lebih nikmat dan sempurna kandungan gizinya, kamu bisa menambahkan potongan buah-buahan segar, seperti pisang, kiwi, apel, ataupun lainnya.

2. Roti

Roti mengandung kalori, protein, lemak, dan serat. Ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan sehat. Kamu bisa memadukannya dengan telur, keju, selai buah, ataupun susu. Beberapa jenis roti yang baik untuk sarapan antara lain, roti gandum, roti tawar, whole grain sourdough, whole grain rye, dan whole grain biji-bijian. Roti merupakan menu sarapan sehat dan praktis yang bisa kamu santap dimanapun, bahkan dalam perjalanan menuju sekolah maupun tempat kerja.

3. Nasi dengan Sayur

sarapan pagi
Photo by Buenosia Carol from Pexels

Bagi sebagian besar orang Indonesia, jika belum makan nasi biasanya belum bisa disebut makan. Menu ini ternyata memang baik disantap saat sarapan. Kamu bisa menggunakan lauk sayuran dan ikan atau telur agar semakin sehat.

4. Bubur Ayam

sarapan pagi
Image by Fadhil Asqar from Pixabay

Rekomendasi menu sehat lainnya untuk sarapan adalah bubur ayam. Kandungan gizinya serupa dengan nasi. Bentuk bubur yang lebih halus adalah solusi mempermudah proses pencernaan, mengingat saat pagi biasanya banyak orang yang terburu-buru.

Nah, itulah beberapa manfaat sarapan sehingga sangat penting untuk dilakukan. Sebagai panduannya, kamu bisa memilih salah satu menu yang telah direkomendasikan di atas. Selamat menjalankan hidup sehat dengan rutin sarapan pagi.

Leave a Reply