kain tradisional

Mendengar istilah kain tradisional pastinya ada rasa bangga tersendiri mengingat ini merupakan salah satu bagian dari kekayaan budaya nusantara. Agar lebih memahaminya secara mendalam mengenai kain tradisional Indonesia, simak penjelasan berikut ini. 

Filosofi Kain Tradisional

Mendengar istilah kain tradisional mungkin sebagian besar masyarakat sudah familiar.  Hal ini karena kain ini memang sudah dikenal sejak masa dahulu kala.  Lalu bagaimana dengan definisi atau maknanya? 

Pada dasarnya kain tradisional merupakan kain yang umumnya berasal dari daerah-daerah di Indonesia yang mana kain ini merupakan bagian dari budaya.  Biasanya masyarakat setempat membuat kain ini secara tradisional dengan menerapkan ciri khas daerah masing-masing. 

Sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang ada,  kebanyakan masyarakat daerah menggunakan kain bermotif tradisional tersebut pada acara-acara tertentu.  Misalnya, saja untuk keperluan tertentu. Sebagai contoh adalah kain songket yang digunakan dengan Aesan Gede pada acara perayaan pernikahan di Palembang. Hal ini karena kain ini umumnya dibuat secara tradisional.  Sehingga pada jamannya hanya dikenakan pada acara adat atau acara yang dianggap sakral atau penting saja. Oleh karena itu, kain tradisional menjadi bagian dari kekayaan budaya bangsa. 

Setiap daerah yang ada di Indonesia ini memiliki kain tradisionalnya masing-masing.  Tiap daerah memiliki ciri khas yang membedakan kain tradisionalnya dengan kain dari daerah yang lain. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa keberadaan kain tradisional dianggap sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia. Apalagi setiap motif dan pola yang ada, tak hanya sekedar gambar saja, namun juga merupakan bagian dari kekayaan budaya nusantara.

Fungsi Dan Manfaat Kain Tradisional

Setiap benda atau barang,  apapun itu bentuknya pasti hadir untuk memberikan sebuah manfaat.  Sama halnya dengan kain tradisional, dimana pastinya memiliki fungsi dan manfaat.  Berikut ini adalah beberapa diantaranya. 

1. Sosial Dan Kebudayaan

kain tradisional
Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Perlu diketahui bahwa kain khas nusantara tak hanya sebatas motif saja.  Artinya ada makna yang tersirat dari setiap pola dan motif yang ada pada kain tersebut.  Apalagi kain yang dibuat secara manual pastinya diciptakan dengan makna-makna yang mendalam. 

2. Perekonomian

kain tradisional
Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Dari segi ekonomi, kain tradisional ternyata juga memberikan makna tersendiri.  Kekayaan nusantara memang sangat banyak dimana salah satunya adalah kain.  Kain khas tradisional ini menjadi kekuatan ekonomi tersendiri. Dengan jumlah permintaan pasar yang tinggi, secara otomatis akan berimbas baik bagi para pengrajin lokal.  Artinya, hal ini akan membantu roda perekonomian rakyat karena  semakin banyak pengrajin yang terbantu perekonomiannya.

3. Kehidupan Sehari – hari

kain tradisional
Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Dalam kehidupan sehari – hari,  kain tradisional juga memberikan banyak sekali manfaat.  Jika zaman dahulu kain tradisional hanya bisa dikenakan oleh orang-orang tertentu serta dikenakan pada saat acara tertentu,  berbeda dengan sekarang dimana kain ini bisa dikenakan kapan saja dan oleh siapa saja. Kain tradisional bisa dikenakan untuk pakaian acara formal,  non formal, untuk seragam dan masih banyak lagi. Sehingga keberadaan kain ini memang terbilang mampu diterima karena sudah membaur dengan perkembangan zaman yang sudah modern seperti sekarang ini. 

Pentingnya Melestarikan Kain Tradisional

Mungkin banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa keberadaan kain tradisional ini lama-lama bisa saja punah.  Hal ini karena kehidupan manusia yang sudah terbiasa dengan semua hal yang modern. Namun mengingat kain tradisional ini merupakan salah satu dari warisan budaya,  maka sangat penting bagi kita untuk melestarikannya.  Meskipun budaya modern sudah mendominasi,  namun segala hal yang berbau tradisional masih harus tetap dilestarikan. 

Hal ini karena kain tradisional termasuk sebagai tradisi, adat dan kebudayaan yang merupakan aset budaya yang bisa dijual sebagai kekayaan wisata. Merupakan daya tarik tersendiri yang mungkin belum tentu akan ditemukan di negara lain sehingga harus diupayakan berbagai cara agar kain yang tradisional masih bisa sejajar dengan kain modern. 

Kain Tradisional yang Sudah Mendunia

Membicarakan tentang ragam budaya nusantara memang tak akan pernah ada habisnya.  Hal ini karena kebudayaan Indonesia sangatlah banyak. Daerahnya yang banyak dan setiap daerah memiliki budaya dan adat yang berbeda.

Keberadan budaya ini membuat Indonesia terlihat memiliki ciri khas yang unik.  Bahkan perlu diketahui bahwa kebudayaan Indonesia saat ini sudah terkenal ke mancanegara.  Tidak sedikit kain asal Indonesia yang populer di negara lain.

Lalu kain asal Indonesia apa sajakah yang sudah terkenal sampai mancanegara?  Berikut ini adalah beberapa diantaranya. 

1. Batik

kain tradisional
Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Kain pertama asal Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara adalah batik.  Batik dulunya hanya bisa dikenakan untuk acara-acara formal saja.  Namun berbeda dengan sekarang dimana batik bisa dipakai kapan saja. Hal ini berkat perkembangan zaman dimana batik dimodifikasi agar mampu diterima di masa sekarang.  Hal menarik dari batik ini adalah dimana proses pembuatannya yang cukup panjang.  Biasanya pola atau gambar batik akan dibuat secara manual,  digambar dengan tangan menggunakan canting yang dicelupkan ke dalam malam atau lilin. 

Setiap gambar pola pada batik memiliki filosofi yang berbeda-beda. Walaupun saat ini juga sudah ada batik printing yang prosesnya lebih cepat dan mudah, namun batik yang dibuat secara alami memiliki karakteristik yang berbeda sehingga harus tetap dilestarikan. Batik yang paling populer adalah kain batik yang berasal dari Kota Jogja,  Solo dan Pekalongan. 

2. Songket

kain tradisional
Gambar Oleh: https://jurnalsumsel.pikiran-rakyat.com/

Kain songket adalah kain yang dibuat menggunakan paduan benang emas dan juga kain tenun.  Dulunya kain songket ini dikenakan oleh keluarga kerajaan saja.  Namun sekarang bisa dikenakan oleh siapa saja. Bahkan kain songket sudah terkenal sampai ke seluruh dunia. Kain songket yang terkenal adalah kain yang berasal dari Palembang dan Lombok. 

3. Ulos

kain tradisional
Gambar Oleh: https://www.indonesia.travel/

Sama seperti jenis kain lainnya, kain ulos yang berasal dari Sumatera Utara ini memiliki makna tersendiri yang tersirat dari setiap pola yang ada pada kain.  Hal inilah yang membuat kain ulos tidak bisa digunakan untuk sembarang acara.  Meskipun sudah dikenal sampai mancanegara,  namun kenyataannya ada beberapa jenis kain ulos yang kini justru sudah punah.

Sebenarnya Indonesia memiliki jenis kain tradisional sangat banyak, namun ketiga jenis kain diatas adalah yang terbilang populer, bersamaan dengan kain lainnya yaitu kain tenun dan sutra.  Semoga informasi ini bermanfaat untuk Teman-teman, ya!

error: Isi artikel ini dilindungi !!